Connect with us
ghoul review
Netflix

TV

Ghoul Review: Membahas Kejamnya Fasisme dan Terorisme dengan Sentuhan Supranatural

Mengupas rahasia kelam suatu negara.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Ghoul merupakan sebuah mini series original dari Netflix India yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Mini series ini tercipta dari sebuah mimpi buruk yang dialami oleh sang sutradara, yaitu Patrick Graham.

Ia bermimpi tentang sebuah organisasi radikal yang menyerang banyak umat di Iraq. Patrick akhirnya memutuskan untuk mengembangkan cerita mimpinya menjadi sebuah naskah mini series.

Kisah mengenai terorisme sudah banyak kita temui di pasaran, namun kisah yang ditulis oleh Patrick sangat berbeda dari kisah yang lain. Ia memberikan sentuhan supranatural dalam mini series ini.

ghoul netflix

Netflix

Ghoul atau setan merupakan entitas yang Patrick pilih untuk menghantui kisahnya. Patrick bahkan mempelajari banyak mitologi Arab yang membahas tentang ghoul untuk melengkapi naskah yang ia tulis.

Ketika Patriotisme Melukai Hak Asasi Warga Negara

India di masa depan merupakan latar tempat dan waktu yang dipilih dalam mini series ini. India memilih untuk menerapkan ideologi fasisme di negaranya. Seluruh warga negara dituntut untuk patuh dengan segala keputusan yang dibuat oleh negara.

Rasa patriotisme dan nasionalisme setiap warga perlu ditingkatkan. Bahkan, pemerintah rela melenyapkan segala bentuk media informasi di India, termasuk buku-buku bacaan. Tidak ada yang boleh menodai nilai-nilai nasionalisme setiap warga negara dalam bentuk apapun.

Tiba-tiba sebuah kejadian berdarah terjadi di India. Sejumlah warga ditemukan tewas tanpa sebab. Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya polisi menemukan sebuah jawaban. Kejahatan tersebut merupakan ulah dari sebuah komplotan penentang rezim pemerintahan. Komplotan tersebut berisikan para umat muslim yang diketuai oleh seorang pria bernama Ali Saeed (Mahesh Balraj).

Memilih Antara Kepercayaan dan Ideologi Negara

Nida Rahim (Radhika Apte) merupakan seorang perempuan muslim yang bekerja sebagai anggota militer. Kepercayaannya sebagai seorang muslim membuat nilai nasionalisme Nida selalu dipertanyakan oleh rekan kerjanya yang lain. Nida percaya bahwa keyakinan yang ia miliki sama sekali tidak menodai ideologi negaranya, sebab tidak semua umat muslim menyukai kekerasan seperti yang dilakukan oleh komplotan teroris Ali Saeed.

Nida dikirim ke sebuah pusat interogasi negara untuk melaksanakan sebuah tugas. Salah satu tugas besarnya ialah mengintrogasi Ali Saeed yang telah ditangkap oleh pasukan militer India. Nida merasakan hal yang aneh terjadi di sekitarnya sejak kedatangan Ali Saeed ke tempat itu.

Kejadian ganjil terjadi saat Nida dan pasukan lainnya mengintrogasi Ali Saeed. Tidak ada satu katapun yang keluar dari mulutnya pada saat itu, namun tatapan matanya meyakinkan Nida bahwa Ali Saeed bukanlah seorang manusia. Sesuatu yang jahat telah merasuki laki-laki itu.

GHOUL

Netflix

Konsep ghoul dalam serial ini sama seperti konsep setan yang kita pelajari dalam agama islam, yaitu roh jahat yang dapat menggoda serta memanfaatkan kelemahan manusia untuk melakukan berbagai kejahatan. Dalam serial ini, ghoul mampu dipanggil dengan sebuah ritual dan sesajen berupa darah segar manusia.

Namun, sebuah rahasia terungkap di akhir cerita. Secara tidak sengaja, Nida telah membongkar sebuah rahasia yang dimiliki oleh pemerintahan dan negara yang selalu ia hormati. Keganjilan apakah yang sebenarnya terjadi di negara itu?

Merupakan Mini Series dengan Cerita yang Baru dan Segar

Memadukan sub-genre horror, yaitu satanisme dengan sebuah kisah bertema nasionalisme merupakan hal yang jarang kita temui dalam konsep film atau serial lain. Patrick Graham berhasil memadukan keduanya dengan sangat baik, sehingga kisah dalam mini series ini terasa sangat baru dan segar.

Naskah cerita yang ditulis dengan baik membuat setiap plot dalam Ghoul terasa pas dan rapi. Pusat interogasi militer adalah latar tempat yang paling sering diambil dalam mini series ini. Tempat yang gelap, sempit, dan kotor menambah atmosfer kelam kisah ini. Penempatan efek suara dilakukan dengan baik, sehingga penonton dapat merasakan perasaan terancam dalam beberapa adegan.

Radika Apte mampu membawakan karakter Nida Rahim dengan sangat baik. Rasa takut dan frustasi dapat penonton rasakan setiap Nida dihadapkan pada suatu masalah. Karakter Ali Saeed yang pendiam, namun tetap sukses memancarkan aura angker sukses diperankan oleh Mahesh Balraj.

Ghoul merupakan sebuah mini series dengan cerita yang baru dan sangat patut untuk dinikmati, khususnya bagi penggemar genre horror. Dengan hanya tiga episode dan durasi sekitar 45 menit tiap episodenya membuat Ghoul cocok dipilih untuk menemani waktu luang atau menjadi tontonan di akhir pekan.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect