Connect with us
Film Tentang Pencurian Data PribadiFilm Tentang Pencurian Data Pribadi
Snowden (2016)

Cultura Lists

Film Tentang Pencurian Data Pribadi

Menyimak bahaya pencurian data pribadi lewat film.

Beberapa waktu lalu, jagat maya dikejutkan dengan fitur Add Your pada Instagram. Fitur yang mulanya dipakai untuk bersenang-senang itu rupanya dimanfaatkan sejumlah pihak tak bertanggung jawab untuk mencuri data pribadi orang lain.

Pencurian data pribadi sendiri merupakan salah satu isu penting yang menjadi perhatian, terutama beberapa tahun terakhir. Isu ini juga sudah diangkat ke dalam sejumlah film.

Enemy of The State (1998)

Film yang dibintangi oleh Will Smith ini berkisah tentang sekelompok National Security Agency (NSA) yang bersekongkol untuk membunuh seorang anggota kongres Amerika Serikat.

Di film ini, Will Smith berperan sebagai seorang pengacara yang tak sengaja terlibat dalam konspirasi pembunuhan anggota kongres tersebut. Selain bisa melihat akting Will Smith, film ini juga bakal memperlihatkan penonton tentang bahaya pengawasan dan pencurian data pribadi oleh pihak pemerintah.

Hacking Democracy (2006)

Film dokumenter gapan Russell Michaels dan Simon Ardizzone. Dokumenter sepanjang 82 menit ini mencoba menyoroti penyalahgunaan e-voting pada sistem pemilu Amerika di periode 2001 hingga 2004. Lewat film ini, penonton akan melihat bagaimana hasil suara e-voting warga yang bersifat private diutak-atik sesuai keinginan pihak-pihak tertentu.

Film ini berhasil mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak, serta masuk ke tiga nominasi berbeda di ajang Emmy Awards. Penonton bisa langsung menyimak film ini di layanan HBO.

We Are Legion: The Story of The Hacktivist (2012)

Film garapan Brian Knappenberger ini berkisah tentang Anonymous, entitas misterius di jagat internet yang selalu meretas data pribadi pihak-pihak tertentu. Lewat film ini, penonton akan diajak mengenal Anonymous dan pihak hacktivist lainnya, mulai dari awal kemunculan mereka sampai motivasi dibalik tiap tindak-tanduk mereka. Film ini juga membuat penonton sedikit banyak mengenal dunia hacking dan deep web.

Terms and Condition May Apply (2013)

Kita sering melihat menu ‘Terms and Condition’ saat memasuki situs atau saat mengunduh suatu aplikasi. Film ini layak ditonton karena membahas seluk-beluk menu tersebut. Dari film ini, penonton akan tahu jika klik ‘I Agree’ pada menu tersebut, maka secara tak langsung penonton telah menyerahkan sejumlah data pribadi ke pihak penyedia situs atau aplikasi. Sejumlah narasumber dihadirkan di film berformat dokumenter ini, salah satunya adalah Mark Zuckerberg.

Killswitch (2014)

Beberapa tahun lalu, nama Edward Snowden naik ke permukaan setelah ia berhasil melakukan pembocoran data sangat rahasia milik NSA. Kisah si pembobol data itu lantas difilmkan lewat dokumenter. Tak hanya Snowden, dokumenter ini juga membahas Aaron Swartz, salah satu pendiri Reddit yang telah membobol database milik JSTOR.

Menonton dokumenter ini bisa bikin penonton mawas diri terhadap pembobolan data pribadi yang bisa menimpa berbagai pihak, mulai dari orang biasa sampai pemerintah.

Snowden (2016)

Berbeda dengan film sebelumnya, film satu ini memakai pendekatan biografi drama dan secara khusus membahas Edward Snowden. Lewat film ini, penonton bakal melihat bagaimana Snowden melakukan aksinya saat membobol data NSA.

Film ini akan membuat penonton bertanya-tanya apakah Snowden itu penjahat atau justru pahlawan. Sejumlah aktor terlibat dalam film berdurasi 2 jam 14 menit ini. Salah satunya adalah Joseph Gordon Levitt yang berperan sebagai Edward Snowden.

The Great Hack (2019)

Film yang masih tergolong baru ini mengangkat skandal pengambilan data pribadi yang dilakukan Facebook dan Cambridge Analytica. Data pribadi yang mereka ambil itu berasal dari jutaan pengguna Facebook yang nantinya akan dipakai untuk kepentingan iklan politik.

Film ini juga mengangkat kegiatan pengambilan data pribadi yang dilakukan secara khusus oleh Cambridge Analytica yang tak hanya dilakukan di Inggris atau Amerika, tetapi juga negara-negara lainnya.

The Great Hack Review

One Piece Film: Red One Piece Film: Red

One Piece Film: Red Review – Drama Bajak Laut Berbalut Musikal

Film

Drifting Home Drifting Home

Drifting Home Review: Ketika Tempat Menyimpan Berbagai Kenangan dan Trauma

Film

plot hole house of the dragon plot hole house of the dragon

7 Plot Hole dalam House of the Dragon Sejauh Ini

Cultura Lists

Woman King Woman King

Rekomendasi Film Terbaru Oktober 2022

Cultura Lists

Connect