Connect with us
Devil May Cry 5 Review
Capcom

Games

Devil May Cry 5 Review: Kisah Baru Pemburu Iblis

Kisah DMC berlanjut setelah menunggu selama 11 tahun.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Bagi para pencinta game action, Devil May Cry tentu menjadi salah satu yang paling populer dari sekian banyak judul dengan genre tersebut. Mengusung ragam aksi yang menuntut pemain untuk selalu stylish, seri ini kembali hadir melalui Devil May Cry 5 yang dirilis 2019 lalu.

Devil May Cry 5 masih dikembangkan oleh Capcom dan dirilis untuk multi-platform, yakni PC, Xbox One, dan PlayStation 4. Seiring dengan hadirnya konsol next-gen seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X/S, game tersebut hadir kembali dengan nama Devil May Cry 5 Special Edition dengan sekelumit konten baru.

Judul kelima ini menampilkan kisah baru, dimana Dante, Nero, dan teman-teman pemburu iblisnya didatangi oleh klien baru bernama V. Ia kemudian meminta mereka semua untuk melawan Urizen, makhluk yang mengaku sebagai raja iblis setelah dirinya membangkitkan pohon Qlipoth.

Devil May Cry 5 Review

Pembawaan cerita dari game yang tergolong baru ini melanjutkan kisah dari Devil May Cry 4. Tak heran jika pemain akan bertemu dengan karakter seperti Nero dan Dante yang menjadi sepasang ikon dari seri ini. Kisah yang dibawa sendiri sebenarnya sangat generic, dimana pemain akan diminta untuk membasmi invasi iblis dan mengalahkan para boss yang menghalangi. Cerita seperti ini memang bukan yang terbaik dari seri Devil May Cry. Akan tetapi, seri terbaru ini memberi penyegaran dari prekuelnya yang terasa garing meski belum bisa menyamai kehebatan dari Devil May Cry 3.

Daya tarik dari Devil May Cry 5 ini hadir dari tiga karakternya yang bisa dimainkan, yakni Dante, Nero, dan V. Semuanya memiliki ciri khas, mulai dari penampilan hingga ragam dialog yang mereka lontarkan. Menikmati setiap dialog di sini sangatlah penting, karena itulah yang membawa pemain lebih dalam mengenai berbagai kisah yang terselip di dalam game. Apalagi ditambah dengan segala cemoohan dari para karakter yang menjadikan seri ini tetap menyenangkan.

Alih-alih hanya berbeda dari tampilan, tiga playable character ini juga memiliki playstyle yang berbeda. Dante tentu tetap dengan kehadiran empat style yang bisa digonta-ganti secara bebas dalam permainan yang dibarengi bejibunnya persenjataan yang ia miliki. Menguasainya adalah hal yang mudah dalam game ini, apalagi yang sudah veteran dalam memainkan game di seri Devil May Cry.

Kemudian ada Nero, salah satu protagonis yang pertama kali muncul di Devil May Cry 4 dengan pedang Red Queen dan pistol Blue Rose dengan dua peluru berkekuatan besar. Namun, dalam seri terbaru ini ia punya Devil Breaker, tangan prostetik dengan delapan jenis yang memiliki keunikannya masing-masing. Tambahan itulah yang membuat pengalaman memainkan Nero menjadi lebih dynamic.

Lalu muncullah V, karakter baru yang selalu terlihat pucat dengan tongkat yang selalu ia bawa. Alih-alih bertarung secara langsung, ia mengandalkan tiga peliharaan iblisnya untuk menyerang para iblis. Yang membuat karakter ini unik adalah kemampuannya untuk melakukan finishing blow pada musuh sehingga ia akan lebih mudah dikuasai bagi pemain yang cenderung tactical.

Devil May Cry 5 Review

Devil May Cry 5

Dengan segala keunikan playstyle dari tiga karakter tersebut, pemain tetap dituntut untuk selalu mengeluarkan ragam combo yang stylish demi mendapatkan skor terbaik di akhir setiap misi. Seperti para pendahulunya, ada ragam boss yang harus pemain hadapi dengan attack pattern yang berbeda pada setiap level-nya. Hal inilah yang menjadikan game ini terasa enjoyable dan challenging di saat yang sama.

Devil May Cry 5 sendiri dibangun dengan RE Engine yang pertama kali diimplementasikan pada Resident Evil 7. Engine tersebutlah yang menjadikan visual dari game ini terlihat lebih realistis, baik dalam permainan maupun ketika sekadar menonton cutscene-nya.

Devil May Cry 5 Review

DMC 5

Akan sangat mudah bagi pemain untuk merasa terpacu ketika memainkan Devil May Cry 5 ini. Salah satunya melalui penggunaan sound yang terasa tepat, terutama ketika memasuki medan pertarungan. Melalui kombinasi battle theme yang unik dari setiap karakter, adrenalin bakal mudah terpacu dan pemain akan jadi lebih semangat untuk mencapai combo SSS.

Bila kita adalah pemain yang tertarik untuk melakoni ragam aksi menarik dengan sekelumit combo yang tidak monoton, Devil May Cry 5 ini adalah pilihan yang tepat. Diiringi dengan cerita menarik, gameplay yang seamless dengan segala keunikan playable character-nya dan ditambah battle theme yang memacu adrenalin, memainkan game ini memberikan pengalaman yang seru.

Click to comment

pentakill pentakill

Pentakill: Bangkitnya Band Metal Virtual Terkuat dari Runeterra

Music

Resident Evil Village Resident Evil Village

Resident Evil Village: Sekadar Bernostalgia dengan Resident Evil 4?

Games

Game Terbaik 2020 Game Terbaik 2020

Game Terbaik Rilisan 2020

Cultura Lists

Pemenang The Game Awards 2020 Pemenang The Game Awards 2020

Pemenang The Game Awards 2020

Games

Advertisement
Connect