Connect with us

Music

Dari Nggak Bunyi Jadi Bunyi

Deretan alat musik dari bahan daur ulang.

Masih banyak barang berguna yang bisa dihasilkan dari bahan daur ulang. Alat musik menjadi satu di antaranya. Sudah banyak orang yang mulai membuat alat musik dari barang daur ulang.

Walau tidak bisa dipakai untuk keperluan musik profesional, adanya alat musik dari bahan daur ulang sendiri merupakan kabar baik. Kehadirannya menjadi bukti kalau bahan daur ulang bisa dibuat jadi apa saja. 

Alat musik itu juga bisa menjadi alternatif untuk mereka yang mau belajar memainkan alat musik, serta sarana berkreasi bagi si pembuat alat musiknya. Ada sejumlah alat musik yang sudah dibuat dari bahan daur ulang, beberapa di antaranya adalah:

Gitar dari Kotak Bekas

Alat musik yang pertama adalah gitar dari kotak bekas. Alat musik ini lazimnya dibuat dari kotak sepatu, kotak tissue, ataupun kotak lainnya. Untuk membuatnya, kita harus melepaskan bagian atas kotaknya dulu. Jika  memakai kotak tissue, bagian atasnya tak perlu dilepaskan.

Siapkan enam karet gelang dan rentangkan di sekitar kotak bekas yang dipakai. Pastikan tiap karet gelangnya memiliki lebar yang berbeda-beda setelah diregangkan. Tiap karet itu nantinya bakal menjadi senar gitar yang nadanya berbeda-beda. Pasang karet gelangnya satu per satu di badan kotak bekas, dimulai dari karet yang lebarnya paling sedikit. 

Jika ingin gitarnya memiliki gagang, buat saja memasang gagangnya dari karton atau bahan lain yang bertekstur agak keras. Tempelkan gagangnya ke badan gitar, bila gagangnya sudah jadi.

Drum dari Wadah Es krim Bekas

Bisa dibilang kalau drum adalah alat musik yang bisa dibuat dari berbagai bahan daur ulang, tak terkecuali wadah es krim bekas. Untuk membuatnya, kita wajib pilih wadah es krimnya terlebih dulu. Sebagai saran, pilih wadah es krim yang berukuran besar, serta bentuknya mirip dengan kaleng biskuit bekas.

Lubangi sisi kiri dan kanan atas badan wadahnya dengan pelubang kertas. Lubangi pula sisi kiri dan kanan tutup wadahnya. Pastikan lubang yang ada di wadah dan tutupnya bisa sejajar, utamanya saat tutup wadah dipasang di badan wadah.

Pasang tali ke dalam lubang-lubang yang ada di wadah. Ikat talinya di lubang-lubang tersebut dengan erat. Tali yang terpasang itu nantinya bakal dikalungkan ke leher. Adanya tali itu bisa membuat kita membawa dan memainkan alat musik ini di mana pun.   Untuk memainkan alat musik ini, kamu bisa memakai stick drum berbahan sumpit.

Shaker dari Botol Bekas

Selain drum, alat musik perkusi lainnya yang bisa dibuat adalah shaker. Sediakan terlebih dulu botol bekas berukuran sedang. Botol bekas yang dipakai bisa berupa botol bekas air mineral maupun minuman ringan.

Isi botolnya dengan beras, kancing atau manik-manik. Isilah botolnya sepertiga atau setengah botol saja. Habis itu, tutuplah botolnya dengan penutup botol. Jika tutupnya hilang, kamu bisa menutupnya dengan lakban.

Kastanyet dari Kardus Tipis Bekas

Contoh alat musik terakhir yang dibuat dari bahan daur ulang adalah kastanyet dari kardus tipis. Bagi yang belum tahu, kastanyet merupakan alat musik Spanyol yang lazim dimainkan untuk mengiringi suatu tarian. Adapun cara memainkan alat musik ini adalah dengan dijepitkan di ibu jari.

Sediakan kardus tipis bekas untuk membuat alat musik itu. Jika tidak, kita bisa menggantinya dengan karton tebal. Gunting kardus tipisnya menjadi beberapa bagian. Masing-masing bagian dipotong dengan bentuk oval atau persegi panjang.

Lipat tiap hasil guntingan kardus tipisnya secara horizontal. Sebelum dilipat, kita bisa menghias hasil guntingan kardusnya dengan spidol berwarna-warni. Tempelkan kedua ujung bagian dalam guntingan kardusnya dengan tutup botol kaca dengan memakai lem tembak. Tunggu hingga tutup botol kacanya menempel sempurna. Alat musik ini pun bisa langsung dimainkan.

Alat musik tak melulu dibuat dari bahan mahal. Bahan daur ulang di sekitar kita pun juga bisa dijadikan alat musik. Contoh-contoh di atas adalah buktinya. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Hablot Brown Java Jazz Festival Hablot Brown Java Jazz Festival

Hablot Brown: Opaque EP Album Review

Music

Jojo Java Jazz Festival 2022 Jojo Java Jazz Festival 2022

Jojo: Good to Know Album Review

Music

Lineup Musisi Internasional di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

oslo ibrahim java jazz 2020 oslo ibrahim java jazz 2020

Lineup Musisi Indonesia di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

Advertisement
Connect