Connect with us
black dog

TV

Black Dog Review

Bekerja tidak hanya sekadar passion saja. Itu terlalu naif.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Nampaknya akhir tahun ini dipenuhi dengan drama-drama berkualitas dengan berbagai ide cerita dan genre. Salah satunya adalah Black Dog. Meski cukup serius, drama ini tak kurang diminati. Black Dog tayang di tvN sejumlah 16 episode tiap Senin dan Selasa pukul 21.30 KST. Sang sutradara, Hwang Joon Hyeok, adalah orang di balik beberapa drama serius lainnya seperti Drama Stage: The Woman Who Make The Last Meal dan Bad Guys: Vile City. Black Dog sendiri berkisah tentang dunia pendidikan dan karir sebagai seorang guru.

Ko Ha Neul adalah seorang murid SMA yang ikut dalam karya wisata bersama teman-teman sekelasnya. Namun bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Ha Neul yang sedang memakai kruk sehingga sulit berjalan, tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri. Teman-temannya sudah berhasil meninggalkan bus yang hampir meledak tetapi Ha Neul terjebak sendirian di antara kursi penumpang. Young Ha, guru olahraga kontrak di sekolahnya, memutuskan mengambil risiko dengan menghampiri Ha Neul. Akhirnya Ha Neul selamat. Namun sang guru meninggal.

Lebih menyedihkan lagi posisi guru kontrak membuat keluarga mendiang Young Ha tidak mendapatkan uang asuransi. Sebenarnya kondisi seperti ini tak terjadi di Korea saja. Di Indonesia pun sama. Seringkali karyawan kontrak tidak mendapatkan hak-haknya. Kontrak mereka juga sengaja terus diperbarui agar perusahaan tidak harus menaikkan upah atau memberikan tunjangan. Walau ada undang-undang yang mengatur hak dan kewajiban tenaga kerja, seringkali perusahaan menemukan celah untuk mengakalinya. Inilah yang membuat Ha Neul menjadi begitu idealis.

Ia merasa tak ada yang buruk menjadi guru kontrak. Ia tak mau buru-buru diangkat menjadi guru tetap. Baginya sama saja, kedua posisi itu membuatnya dapat mengajar. Namun kadang passion memang tidak sesuai dengan kenyataan. Tidak hanya karena gaji guru kontrak yang kecil, Ha Neul harus menghadapi tantangan berupa office politic. Dunia kerja tidaklah sesederhana mencari uang dan bekerja sesuai keinginan hati. Ada atasan yang manipulatif, rekan yang bergunjing, hingga tim yang tak mau bekerja sama. Ha Neul terpaksa menghadapi semua itu di saat ia tak memiliki pengalaman mengajar di sekolah.

Satu hal yang patut diacungi jempol adalah sang penulis skenario, Park Joo Yeon, mampu mengangkat realistas yang tak banyak diketahui orang lain. Ternyata mengajar tak sesederhana yang dipikirkan orang. Menjadi guru tak bisa sekadar pintar. Bila ia adalah junior, ia harus mampu menghadapi senioritas di lingkungan sekolah. Seperti Ha Neul yang dipaksa mengurangi materi yang akan ia ajarkan karena seniornya tak suka ia terlihat lebih baik. Hal-hal seperti ini tak diajarkan ketika kita menuntu ilmu di bangku kuliah. Kita hanya berekspektasi untuk segera mendapatkan pekerjaan yang kita sukai.

Black Dog sendiri juga begitu menyegarkan karena tiap karakternya tidak sekadar digambarkan secara hitam putih belaka. Hampir semua karakter berada di zona abu-abu. Mereka tak bisa dicap protagonis atau antagonis karena ada alasan di balik perilaku mereka. Ditambah akting beberapa aktris dan aktor berbakat yang bergabung dalam Black Dog membuat drama ini makin berkualitas. Terutama akting Seo Hyun Jin dan Ra Mi Ran.

Click to comment

Leave a Comment

50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja 50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja

50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja

Cultura Lists

Hospital Playlist Review Hospital Playlist Review

Keseruan Lima Sahabat Dalam “Hospital Playlist”

TV

modern love season 1 review modern love season 1 review

Modern Love Season 1 Review

TV

the witcher netflix the witcher netflix

The Witcher Review: Serial Fantasi Petualangan Pemburu Monster

TV

Advertisement
Connect