Connect with us
Black Country, New Road
Photo by Rosie Foster

Music

Black Country, New Road: Concorde Single Review

Lagu berdurasi 6 menit yang dinamis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Grup musik eksperimental Black Country, New Road resmi merilis single ketiga bertajuk “Concorde”. Seperti single sebelumnya, single ini juga punya durasi mencapai 6 menit dan menjadi single kedua dengan durasi terpanjang hingga sejauh ini.

“Concorde” dibuka dengan ketukan tip-tap drum, bass, dan isian gitar yang repetitif. Beberapa detik setelahnya, vokal Isaac Wood pun masuk. Sekilas, suara vokal Wood agak mirip Jarvis Cocker (Pulp).

Saat masuk ke bagian Chorus, beberapa instrumen seperti mandolin, alto saxophone, dan biola pun masuk. Ketukan drum yang semula tip-tap berubah menjadi lebih menghentak tanpa membuat tempo lagunya terlampau cepat. saat masuk ke verse 2, tempo lagu pun kembali pelan seperti di awal lagu dengan ketukan drum yang lebih variatif. Lagu pun lantas mengalami dinamika naik dan turun setelahnya.

Masuk menit 3:19, lagu masuk ke bagian interlude dengan isian bass yang repetitif dan syahdu. Siapa pun pasti akan menggoyangkan kepalanya tatkala mendengar isian bass tersebut.

Vokal Isaac Wood kembali masuk menyanyikan lirik demi lirik. Instrumen lain semacam biola, alto saxophone dan drum turut masuk secara perlahan. Tempo lagu pun perlahan meninggi dan puncaknya ada di menit 4:58. Di situ, tempo lagu sedikit cepat dengan aransemen musik yang begitu riuh. Seolah menandakan akhir yang begitu mengharukan.

Secara keseluruhan, “Concorde” menawarkan aransemen bernuansa mellow dengan unsur folk dan rock yang kuat. Secara lirikal, lagu ini seolah bercerita tentang kepergian yang dibungkus dengan kalimat-kalimat yang penuh metafora. Kata concorde yang dijadikan judul lagu ini diambil dari nama pesawat turbojet Inggris-Prancis yang pernah dipakai pada periode 1976-2003.

Selain sebagai judul lagu, concorde juga menjadi inspirasi bagi sejumlah lagu yang ada di album baru Black Country, New Road. Semisal “Chaos Space Marine” dan “Basketball Shoes”.

“Concorde” sudah dirilis dalam format official audio di YouTube dengan menampilkan artwork berupa tembok berlubang berwarna kuning sedikit gelap, serta ditempeli paku dan plastik obat berisi tiga mainan serangga. Sajian format audionya sudah menarik dari segi visual. Namun, akan lebih menarik lagi bila lagunya disajikan dalam video klip musik guna memperkuat makna lirik dan dinamika musiknya.

“Concorde” memiliki tempo dinamis, serta lirik metaforik yang melankolis. Nuansa folk-rock begitu kentara pada lagu ini. Selain di YouTube, single ketiga Black Country, New Road ini sudah bisa didengar di layanan streaming musik lainnya.

Click to comment

Raisa & Dipha Barus Raisa & Dipha Barus

I Don’t Give A Fest Paling Spesial Tahun Ini

Music

Adam by Eve: A Live in Animation Adam by Eve: A Live in Animation

Adam by Eve: A Live in Animation Review

Film

Sunmi Sunmi

Best Songs of Sunmi

Cultura Lists

Le Sserafim Le Sserafim

Le Sserafim: Pro Kontra Debut Girlband Pertama HYBE

Entertainment

Advertisement
Connect