Connect with us
Hogi Wirjono
Photo Courtesy: Hogi Wirjono

Cultura Lists

6 DJ Favorit Hogi Wirjono

Sederet DJ yang disukai sekaligus menginspirasi Hogi Wirjono.

Hogi Wirjono adalah music producer dan DJ yang dikenal berkecimpung dalam skena house music Indonesia. Bersama dengan kakaknya, Anton Wirjono, DJ Hogi membangun FUTURE10, sebuah wadah produksi seni dan musik, yang kini telah berkembang di berbagai platform, baik online maupun offline.

Sebagaimana Hogi Wirjono memiliki platform hiburan yang semakin berkembang, DJ satu ini juga terkenal dengan ciri khasnya sebagai produser musik yang lihai mixing lagu tanpa membatasi genre dan mood.

Meski fleksibel dalam mengeksplorasi genre musik, DJ Hogi tetap memiliki barrier untuk mendefinisikan style bermusiknya. Beberapa genre musik yang menjadi root dari DJ Hogi diantaranya punk, funk, disco, hip hop, house, techno, dan reggae.

Menurut Hogi Wirjono, ada dua presentasi sebagai DJ yang ikonik. Bagi Hogi sendiri, Ia lebih menyukai DJ dengan persona yang misterius. Dengan profil yang disembunyikan untuk lebih menonjolkan musiknya. Ada juga DJ yang memang lebih ikonik karena persona nya di atas panggung. Namun, pada akhirnya kedua jenis DJ tersebut dianggap patut diapresiasi dengan masing-masing personanya bagi Hogi.

Hogi Wirjono sendiri memiliki beberapa DJ yang Ia favoritkan dan menginspirasi dirinya dalam berkarya.

Mr. Scruff

Terkenal dengan endurance performance-nya, Mr.Scruff merupakan DJ asal Inggris yang disukai oleh Hogi Wirjono. DJ Hogi sendiri sempat menyaksikan penampilan live dari Mr. Scruff di Jakarta. Meski baru sekali menonton Mr. Scruff, Hogi mengaku bahwa momen tersebut adalah 8 jam tergokil yang pernah Ia alami.

Ia juga belajar banyak dari penampilan Mr. Scruff yang mampu memadukan berbagai genre dan referensi musik dengan mixing yang smooth. 8 Jam penampilan Mr. Scruff terasa pendek bagi Hogi karena racikan musiknya yang dinamis, kuratorial, kemudian dieksekusi dengan skill DJ yang profesional.

Jockie Saputra

Untuk DJ lokal sendiri, Jockie Saputra merupakan musisi yang menjadi bagian dari masa muda Hogi Wirjono. Ia mengaku bahwa DJ satu ini menjadi inspirasi yang cukup besar dalam hidupnya. Salah satu kelebihan dari Jockie Saputra yang diakui oleh Hogi adalah kemampuan mixing komposisi yang rapi meski mengandung berbagai genre musik.

Karena Hogi merupakan produser musik yang sangat menjunjung tinggi skill mixing. Baginya, mxing menjadi unsur terpenting untuk membuat pendengar mau mengikuti musik yang dimainkan. Hogi juga mengaku telah belajar banyak dari sosok Jockie Saputra.

Jenö

Jenö merupakan DJ kesayangan di San Francisco selama hampir dua dekade. Terkenal dengan persona musiknya yang enigmatic dan psychedelic groove. Merupakan salah satu yang mendobrak “aturan” dalam standar djing, Jenö termasuk DJ veteran yang telah melalang buana ejak era 90-an.

Hogi melihat perspektif baru dalam meng-arrange musik melalui karya-karya Jenö. Dimana DJ satu ini mampu mempresentasikan djing yang naik turun seperti roller coaster, namun tetap dengan komposisi yang pas.

Laurent Garnier

Laurent Garnier juga merupakan DJ profesional yang sudah berkarya sejak era 80-an. Hogi merasa bahwa DJ seperti Laurent Garnier dan Mr. Scruff merupakan musisi yang membuat dirinya lebih open-minded. Ada beberapa jenis atau perpaduan musik yang biasa tidak disukai oleh Hogi, secara ajaib bisa Ia nikmati ketika diracik oleh Laurent Garnier.

Untuk menikmati musik Laurent Garnier, Hogi berpendapat bahwa pendengar harus mau mendengarkan dari awal dan “mengijinkan” diri untuk digiring dengan musik yang dipresentasikan. Mendengarkan penampilan live dari DJ asal Perancis ini, kita harus mau memasuki “dunia”-nya, dan tidak sebaliknya.

DJ Jazzy Jeff

Jazzy Jeff merupakan musik produser dan DJ dari Amerika Serikat yang terkenal melalui serial “The Fresh Prince” dengan Will Smith. Hogi mengaku sedang mendengarkan banyak musik Jazzy Jeff selama pandemi ini. Ada banyak teknik yang Ia pelajari dari musisi satu ini.

Dengan media turntable, Jazzy Jeff dirasa Hogi memiliki pallette musik yang lebih variatif. Sebagai musik produser yang gemar mengeksplorasi berbagai warna dan gaya musik, Hogi Wirjono secara personal menyukai elemen variatif dari racikan musik oleh Jazzy Jeff.

Mix Master Mike

Satu lagi DJ yang telah membuka banyak referensi musik keren lainnya bagi Hogi adalah Mix Master Mike. Ia pertama kali mengenal DJ asal Amerika ini melalui Beastie Boys. Mulai dari situ, Hogi akhirnya menemukan Invisibl Skratch Piklz hingga Q-bert, kemudian semakin mendalami skena musik West Coast hip-hop, dimana genre hip hop merupakan salah satu root Hogi sebagai DJ.

Itu tadi berbagai DJ favorit Hogi Wirjono yang telah menginspirasi gaya musiknya open-minded dan tak terbatas oleh genre. Setelah cukup banyak streaming secara virtual selama masa pandemi ini, Hogi Wirjono secara perlahan mulai mengagendakan banyak project live performance. Ia juga telah mengantongi banyak lagu-lagu yang siap untuk dirilis melalui FUTURE10, TURN ON PLASTIC, hingga AGRIKULTURE.

Hindia Hindia

Spektrum Lain dari Sosok Baskara Putra sebagai Hindia

Music

Film Tentang Pencurian Data PribadiFilm Tentang Pencurian Data Pribadi Film Tentang Pencurian Data PribadiFilm Tentang Pencurian Data Pribadi

Film Tentang Pencurian Data Pribadi

Cultura Lists

Scaller Scaller

Scaller yang Progresif dan Tak Terikat Genre

Music

Endah N Rhesa Endah N Rhesa

Kebahagian dan Sentuhan Personal Menjadi Prioritas Endah N Rhesa

Music

Advertisement
Connect