Connect with us
Marriage Story Review
Netflix

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Tentang Perceraian

Memahami sebab-akibat perceraian dari berbagai perspektif. 

Bicara tentang perselingkuhan dan perceraian seperti tak ada habisnya belakangan ini. Baik menjadi tema serial, kdrama, hingga film lokal yang sedang tayang, “Noktah Merah Perkawinan”, hingga drama yang sedang terjadi pada banyak influencer dan selebriti populer.

Ada banyak perspektif yang sebetulnya bisa diamati dalam fenomena perceraian. Perceraian tidak selalu kesepakatan bersama, ada pula keputusan sepihak yang menyakitkan, hingga keterlibatan anak hasil pernikahan. Keputusan untuk mengakhiri janji pernikahan tak hanya terjadi karena banyak sebab, akibatnya pun juga tak kalah banyak.

Berikut film tentang perceraian dimana kita bisa melihat berbagai perspektif ketika suami istri memutuskan untuk berpisah.

Marriage Story (2019)

“Marriage Story” merupakan salah satu yang terbaik sebagai film tentang perceraian. Charlie (Adam Driver) adalah seorang sutradara, istrinya Nicole (Scarlett Johansson) adalah seorang aktris.

Meski memiliki banyak alasan untuk saling mencintai dan mengagumi, keduanya sedang mempersiapkan perceraian yang damai. Namun ketika Nicole mulai memakai jasa pengacara, proses perpisahan mereka berubah menjadi perang untuk saling membuktikan siapa yang salah. Meski sesungguhnya mereka tidak pernah berniat untuk menyerang satu sama lain secara personal.

Blue Valentine (2010)

“Blue Valentine” merupakan sajian yang cukup unik sebagai film tentang perceraian. Film yang dibintangi oleh Michelle Williams dan Ryan Gosling ini memiliki dua alur waktu; masa pendekatan hingga menikah, serta masa ketika keduanya berada diambang perceraian.

“Blue Valentine” membuat kita melihat ironi dari kedua pasangan dalam film ini, dan pasangan-pasangan yang memutuskan untuk bercerai. Bagaimana setiap pasangan memiliki sejarah memperjuangan hubungan mereka setengah mati, hanya untuk melupakan semuanya dan memutuskan untuk berpisah di kemudian hari.

It’s Complicated (2009)

Jane (Meryl Streep) dan Jake (Alec Baldwin) telah bercerai 10 tahun yang lalu. Mereka bertemu kembali ketika menghadiri acara kelulusan anak mereka dari universitas. Terbawah suasana, keduanya menghabiskan malam bersama. Padahal Jake telah menikah dan Jane sedang memulai hubungan baru.

“It’s Complicated” merupakan film komedi percintaan yang mengeksplorasi kondisi mental pasangan yang pernah menikah kemudian bercerai. Apakah sebetulnya keadaan bisa lebih baik di masa lalu jika ternyata keduanya masih tertarik satu sama lain?

The Parent Trap (1998)

“The Parent Trap” memang fokus pada karakter kembar, Hallie dan Annie (Lindsay Lohan). Keduanya terpisah sejak bayi ketika kedua orang tua mereka bercerai.

Yang menarik dari film ini adalah bagaimana pasangan muda kerap memutuskan berpisah secara impulsif. Mulai dari karena masalah materi hingga hasrat untuk mengejar mimpi. Namun, ketika keduanya sudah sukses secara terpisah, mereka menyadari bagaimana pernikahan seharusnya tidak perlu diakhiri. Mereka hanya perlu melalui masa sulit di awal pernikahan karena suatu hari keadaan akan membaik.

Boyhood (2014)

“Boyhood” merupakan salah satu paling ambisius dari Richard Linklater. Dimana kita akan melihat seorang bocah menjalani kehidupan dari kecil hingga lulus sekolah.

Melalui Mason (Ellar Coltrane) kita akan melihat bagaimana perceraian berdampak pada anak. Karena dalam film ini, ibu Mason (Patricia Arquette) bercerai dengan ayahnya. Meski masih bertemu dengan sang ayah secara berkala, Ia tinggal bersama ibunya. Sang ibu berkali-kali menjalin hubungan dengan pria lain hingga menikah, namun selalu bercerai dan berdampak besar bagi siklus kehidupan Mason yang berpindah-pindah.

A Whisker Away (2020)

Seringkali diabaikan dan menjadi korban pertama dari perceraian, setiap anak memiliki penerimaan berbeda tentang perceraian.

“A Whisker Away” memang lebih dikenal sebagai film animasi fantasi, namun kita bisa melihat kisah Miyo, sebagai remaja yang tinggal bersama ayah dan istri barunya setelah bercerai. Meski dipermukaan Miyo tampak ceria dan kerap bersikap ramah pada ibu tirinya, Ia menyimpan keengganan sebagai anak yang harus melanjutkan kehidupan setelah orang tuanya bercerai.

The Squid and the Whale (2005)

Satu lagi film yang mengeksplorasi perceraian dari sisi anak adalah “The Squid and the Whale”.

Film ini merupakan semi-biografi dari Noah Baumbach sebagai anak dari pasangan yang bercerai. Dimana dua saudara dalam cerita ini mengalami gelojak pribadi dan trauma atas keputusan kedua orang tuanya.

Kramer vs. Kramer (1979)

Satu lagi yang kerap menjadi masalah dalam perceraian adalah perebutan hak asuh anak. Tema spesifik tersebut diangkat dalam film tentang perceraian, “Kramer vs. Kramer”.

Film ini merupakan drama legal dimana seorang ibu menuntut hal mengasuh anak cerah penuh setelah bercerai dengan suami yang selalu sibuk bekerja. Namun, ketika sang suami mulai menjalin hubungan baik dengan anaknya, kasus perebutan anak dalam skenario ini jadi semakin rumit.

Her (2013)

Tidak semua perceraian terjadi karena keinginan dari dua pihak yang menjalin pernikahan. Tak sedikit pula perceraian terjadi karena keputusan sepihak, namun apa yang bisa diperbuat ketika salah satunya sudah tak mau bersama? Selain berpisah.

“Her” lebih dari sekadar sci-fi romance unik dimana seorang pria mencintai software komputer, Samantha (Scarlett Johansson). Theodore (Joaquin Phoenix) menjadi pria yang kesepian setelah bercerai dari istri tercinta. Mungkin banyak yang lupa bahwa kesepian kronis tersebut membuat Theo jatuh cinta dengan Samantha.

The Falls (2021)

Nasib serupa juga dialami oleh seorang ibu (Alyssa Chia) dalam film drama Taiwan, “The Falls”.

Awalnya cerita terlihat fokus pada hubungan ibu dan anak perempuannya (Gingle Wang) selama masa karantina mandiri. Hingga akhirnya kita memahami salah satu faktor yang membuat rumah mereka terasa suram adalah kesedihan sang ibu semenjak bercerai. Sang ibu bahkan tidak mau pindah meski mengalami kesulitan finansial karena masih terjebak dengan kenangan di rumah tersebut.

The Wonder The Wonder

The Wonder Review: Premis Sederhana yang Melebihi Ekspektasi

Film

avatar 2 avatar 2

Film & Serial Terbaru Desember 2022

Cultura Lists

The Guardians of the Galaxy Holiday Special The Guardians of the Galaxy Holiday Special

The Guardians of the Galaxy Holiday Special Review

Film

Unicorn Store Review Unicorn Store Review

Unicorn Store Review: Sulitnya Jadi Orang Dewasa dengan Optimisme

Film

Connect