Connect with us
Film tentang ayah

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Tentang Hubungan Ayah dan Anak

Film tentang hubungan anak dan ayah dalam rangka Hari Ayah.

Hubungan ayah dan anak telah banyak diadaptasi dalam film layar lebar. Mulai dari naskah original maupun diadaptasi dari kisah nyata yang menyentuh, membuktikan bahwa kasih ayah tak sekadar potret fiksi dalam sebuah film.

Tak hanya film-film bergenre drama yang haru biru, tak sedikit dari film-film bertema demikian dieksekusi menjadi film drama komedi hingga art house. Dalam rangka merayakan Hari Ayah, berikut rekomendasi film tentang hubungan anak dan ayah terbaik versi Cultura.

Banyu Biru (2005)

Banyu Biru merupakan film drama yang dieksekusi dengan cinematic ala art-house movie. Dengan sentuhan komedi yang tak terduga di tengah isu serius yang hendak disampaikan dalam plotnya. Banyu memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan ayahnya semenjak adik perempuan dan ibunya meninggal. Banyu pun tumbuh besar dengan persepsi bahwa ayahnya tidak peduli dengan dirinya kemudian meninggalkan rumah. Hingga akhirnya Banyu memutuskan untuk mengunjungi ayahnya dalam sebuah perjalanan yang memberikan pencerahan baru tentang hubungan yang penuh dengan kesalahpahaman.

Lovely Man (2011)

Sama dengan Banyu Biru, Lovely Man merupakan salah satu karya terbaik dari sutradara Indonesia, Teddy Soeriaatmadja. Dibintangi oleh Donny Damara dan Raihaanun, film ini memiliki premis unik tentang hubungan ayah yang seorang waria dan anak perempuannya bersekolah di pesantren. Penokohan antara dua karakter utama yang kontras pun menciptakan interaksi ayah dan anak yang tidak biasa namun tetap menyentuh secara natural.

Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father (2008)

Kurt Kuenne adalah seorang sutradara sekaligus sahabat dari sosok Andrew Bagby. Pada tahun 2001, Andrew Bagby ditemukan tewas di sebuah taman di Pennsylvania pada usia 28 tahun. Ia dibunuh secara keji oleh mantan pacarnya, yang kemudian hidup bebas di Kanada dan mengandung anak Andrew. Orang tua Andrew pun berusaha mengambil hak asuh cucu mereka dan memohon keadilan untuk nasib malang anaknya. Tragedi yang memilukan ini mengetuk hati Kurt untuk membuat sebuah persembahan, setidaknya untuk anak Andrew, Zachary.

Dengan berbagai footage home video dan interview dari orang-orang yang mengenal Andrew Bagby, Kurt berharap film dokumenter ini Zachary bisa mengenal sosok ayahnya yang meninggal bahkan sebelum Ia lahir.

Somewhere (2010)

Somewhere merupakan film drama karya sutradara wanita terkenal, Sofia Coppola. Film ini dibintangi oleh Stephen Dorff dan Elle Fanning sebagai pasangan ayah dan anak. Dimana Johnny Marco adalah seorang aktor Hollywood dengan gaya hidup membujang yang bebas dan tanpa batasan. Kebebasan Johnny harus terusik ketika anak perempuannya, Cleo, berkunjung untuk menghabiskan liburan musim panasnya.

Nebraska (2013)

Nebraska merupakan film drama modern yang dieksekusi dengan sinematografi hitam putih karya sutradara Alexander Payne. Woody Grant adalah pria tua yang keras kepala, Ia yakin bahwa dirinya memenangkan lotre dengan hadiah uang dalam jumlah besar dan harus mengambil hadiah tersebut ke Nebraska. Ketika semua anggota keluarga dan penduduk kota meragukan Woody, anaknya, Andrew Grant menjadi satu-satunya orang yang mau mengantar ayahnya ke Nebraska. Hal ini Andrew lakukan karena baginya ini bisa jadi permintaan terakhir dari ayahnya di usia yang sudah sangat tua.

Beautiful Boy (2018)

Beautiful Boy merupakan film yang diadaptasi dari sebuah memoar kisah nyata berjudul “Tweak: Growing Up On Methamphetamines”, ditulis oleh seorang jurnalis bernama David Sheff untuk mengenang anaknya, Nic. Nic adalah seorang remaja berbakat, berprestasi, dan tampak memiliki masa depan yang cerah. Namun semua harapan tersebut sirna ‘ketika Nic kecanduan obat terlarang jenis meth. Sang ayah, David Sheff, dengan kasih sayangnya yang besar berusaha melakukan apapun untuk menyelamatkan anaknya dari kehancuran.

Starred Up (2013)

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pepatah tersebut mungkin menggambarkan hubungan ayah-anak, Eric dan Neville dalam film Starred Up. Film ini sempat menuai critically-acclaimed berkat penampilan aktor Jack O’Connell sebagai Eric. Eric adalah seorang remaja bermasalah yang harus menerima hukuman di penjara karena tindakan kriminal yang Ia lakukan. Hingga suatu hari Ia dipindahkan ke penjara orang dewasa dan bertemu dengan ayahnya yang juga merupakan seorang narapidana. Tak hanya menyuguhkan drama hubungan ayah dan anak yang tidak biasa, Starred Up juga mengekspos konten kekerasan dan ketidakadilan di penjara.

On the Rocks (2020)

Lelah dengan drama ayah-anak yang menguras hati dan air mata? On the Rocks merupakan film drama komedi dengan tema hubungan anak dan ayah yang menyenangkan untuk ditonton. On The Rocks disutradarai oleh Sofia Coppola dibintangi oleh Bill Murray dan Rashida Jones. Felix adalah ayah Laura yang skeptik tentang kesetiaan seorang pria dan pernikahan yang sempurna. Hal tersebut karena Felix sendiri adalah sosok pria playboy. Sementara Laura adalah seorang istri dengan dua anak dalam sebuah pernikahan yang tampak bahagia. Perbedaan pandangan antara ayah dan anak ini pun menimbulkan interaksi dan percakapan yang seru untuk disimak.

Miracle in Cell No. 7 (2013)

Bicara tentang film drama ayah dan anak, kita tidak bisa lupa dengan film drama Korea Miracle in Cell No. 7. Film ini dibintangi oleh Ryu Seung-ryong dan Kal So-won yang kala itu masih berusia 7 tahun, namun berhasil menyuguhkan akting emosional yang mampu menimbulkan haru. Bercerita tentang seorang ayah dengan keterbatasan mental yang berada di waktu dan tempat yang salah. Ia pun harus menerima hukuman buih dan terpisah dari anak perempuan yang masih kecil, Yesung. Namun dengan bantuan sesama narapidana di sel nomor 7, Yesung akhirnya bisa menghabiskan sisa waktunya bersama sang ayah.

Like Father, Like Son (2013)

Budaya adopsi di masyarakat Asia salah satunya di Jepang, masih dianggap tabu. Gagasan tentang membesarkan anak yang bukan darah daging mereka dianggap sesuatu yang tidak berarti. Padahal hubungan orang tua dan anak yang mendalam terbentuk dari interaksi kasih sayang yang dibangun bersama, lebih dari sekedar hubungan darah. Ryota merupakan seorang ayah yang akhirnya mengetahui bahwa anak yang selama ini besarkan bukan anak biologisnya. Hal tersebut terjadi karena tak sengaja bayinya tertukar di rumah sakit tanpa sepengetahuan mereka. Ryota akhirnya harus mengambil keputusan bagi kedua anak yang sama memiliki posisi dalam hatinya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect