Connect with us
Cillian Murphy
Photo via luxurylondon.co.uk

Cultura Lists

10 Penampilan Cillian Murphy Terbaik dan Terikonik

Mulai dari jadi transgender di “Breakfast on Pluto” hingga simbol maskulinitas masa kini di “Peaky Blinders”.

Perlahan namun pasti, Cillian Murphy telah menemukan tempatnya di deretan aktor papan atas beberapa tahun belakangan. Aktor asal Irlandia ini kini sedang menjadi pusat perhatian sebagai bintang utama “Oppenheimer” sebagai Bapak Bom Atom, J. Robert Oppenheimer.

Di skena mainstream, Cillian Murphy terkenal melalui peran-peran villain atau sosok pria maskulin yang jadi panutan. Namun menyelami filmografi aktor ini, kita akan melihat bagaimana Murphy memiliki bakat seperti kameleon yang mampu mengeksekusi berbagai peran meski dengan wajah yang khas dan terlihat typecast.

Darren - Disco Pigs

Darren – Disco Pigs (2001)

“Disco Pigs” diakui oleh Murphy sebagai penampilan akting profesional pertamanya. Ia memerakan karakter remaja bernama Darren “Pig”. Ini adalah film coming of age Irlandia berdasarkan penampilan panggung yang ditulis oleh Enda Walsh. Tentang persahabatan obsesif antara Pig dan Ruth. Cillian Murphy memerankan Pig sebagai remaja yang tidak stabil dan obsesif dengan sahabatnya.

Ini menjadi penampilan debut yang berkualitas dari Murphy, untuk memerankan karakter yang sangat emosional, melankolis, dan agresif. Memikat kita pada sosok Pig yang kisahnya tragis sekaligus indah.

Patrick 'Kitten' Braden - Breakfast on Pluto

Patrick ‘Kitten’ Braden – Breakfast on Pluto (2005)

Sebelum menjadi simbol maskulinitas melalui perannya dalam “Peaky Blinders”, Cillian Murphy pernah bermain sebagai karakter transgender bernama Kitten dalam film drama “Breakfast on Pluto”. Berlatar pada 1970an di Irlandia, kita akan mengikuti penelusuran Kitten mencari ibunya dalam petualangan menelusuri kota-kota. Meskipun menghadapi diskriminasi dan prasangka karena identitas gender-nya, Kitten tetap tegar dan bertekad untuk menjalani hidup sesuai kata hatinya.

Sebagai aktor dengan profile wajah yang sangat maskulin, garis tegas, dan sorotan mata yang tajam, Murphy tetap terlihat luwes bermain sebagai karakter yang feminin seperti Kitten. Mulai dari gesture hingga suaranya, “Breakfast on Pluto” wajib ditonton buat kalian yang penasaran dengan spektrum akting Cillian Murphy.

The Wind that Shakes the Barley (2006)

Damien O’Donovan – The Wind that Shakes the Barley (2006)

Dalam “The Wind That Shakes the Barley”, Cillian Murphy memerankan karakter Damien O’Donovan. Film ini merupakan drama bermuatan sejarah yang berlatar di irlandia abad ke-20, ketika Perang Kemerdekaan dan Perang Sipil sedang berlangsung.

Lagi-lagi Murphy menuai ulasan positif dari media melalui film Irlandia yang ia bintangi ini. Film ini juga sukses di media, hingga memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes. Tentu saja menjadi pengalaman yang berkesan bagi Cillian Murphy.

28 Days Later (2002)

Jim – 28 Days Later (2002)

Setelah unggul di berbagai film Irlandia, Cillian Murphy mengalami breakthrough pertamanya di skena film internasional melalui “28 Days Later”. Ia berperan sebagai Jim, pasien rumah sakit yang mengalami koma, kemudian tersadar di London yang sepi pasca serangan manusia yang “terinfeksi”.

Sebagai Jim, Murphy memerankan tipikal protagonis pria di semesta apocalypse. Berusaha melindungi orang-orang yang menjadi harapan terakhirnya, sekaligus dirundung paranoia untuk kabur dari mimpi buruk di akhir dunia. Film ini menjadi awal dari dikenalnya Muprhy di skena hiburan mainstream.

Scarecrow

Scarecrow – The Dark Knight Trilogy (2005-2012)

Cillian Murphy memerankan Dr. Jonathan Crane alias Scarecrow dalam “The Dark Knight Trilogy” yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Scarecrow adalah super villain dalam semesta DC, dikenal dengan senjata zat-zat kimia dan racun yang menimbulkan ketakutan untuk memanipulasi korbannya.

Penampilan Murphy sebagai Scarecrow mendapatkan respon baik dari penggemar maupun media, ia mampu menampilkan sosok Scarecrow yang mengintimidasi, bukan sosok villain yang keras secara fisik, namun tetap mengancam dengan manipulasinya.

Robert Fischer - Inception (2010)

Robert Fischer – Inception (2010)

Cillian Murphy akhirnya menjadi salah satu aktor dalam “koleksi” Christopher Nolan. Dalam “Inception”, ia berperan sebagai subyek utama, seorang anak pengusaha kaya, Robert Fischer. Meski terlihat tenang dan dingin di permukaan, Fischer menjadi subyek yang secara mengejutkan sulit untuk di-inception, menimbulkan masalah besar yang menambah keseruan dalam film ini.

Murphy memerankan sosok anak yang rentan dan memiiki hubungan kompleks dengan ayahnya. Ia menjadi salah satu karakter kunci dengan penampilan yang harus dieksekusi dengan benar agar emosinya sampai pada penonton dalam narasi yang rumit, dan Murphy berhasil mengeksekusi akting tersebut.

Shivering Soldier - Dunkirk (2017)

Shivering Soldier – Dunkirk (2017)

Dalam “Dunkirk”, Muprhy memerakan karakter tanpa nama, hanya seorang tentara yang mengigil (shivering soldier) setelah diselamatkan oleh perahu warga sipil. Ia memerankan karakter yang sedang mengalami trauma, entah apa yang telah ia alami di medan perang. Dengan penampilan aktingnya yang powerful, Cillian Murphy mampu menghidupkan karakter yang bahkan tidak memiliki nama dalam naskahnya.

Sebagai film biopik perang, Murphy memliki tugas untuk menjadi representasi dari semua tentara yang mengalami PTSD peristiwa tersebut. Lagi-lagi sebagai aktor dengan profile kuat, ia mampu memberikan kesan pada karakter yang hanya sebagian kecil dari cerita.

Peaky Blinders Season 6

BBC

Thomas Shelby – Peaky Blinders (2013-2022)

Penampilan Cillian Murphy sebagai Thomas Shelby dalam “Peaky Blinders” telah menjadi breakthrough keduanya di dunia hiburan mainstream. Tampil sebagai sosok karismatik, pimpinan gangster di Birmingham setelah Perang Dunia I, Cillian Murphy telah menjadi simbol maskulinitas, dengan penggemar di seluruh penjuru dunia.

Ini menjadi salah satu penampilan terbaiknya, terutama bagaimana ia pada titik tersebut telah mengeksplorasi berbagai aksen, latar belakang karakter, dan nuance. Bisa dipastikan bahwa Cillian Murphy menjadi salah satu aktor yang sekilas terlihat typecast, namun secara mengejutkan mampu menjelmah menjadi apapun dengan berbagai kualitas karisma yang berbeda.

Emmett - A Quite Place Part II

Emmett – A Quite Place Part II (2020)

“A Quite Place” merupakan salah satu film horor survival yang sukses. Kemudian dikembangkan menjadi sekuel, yang akhirnya mempertemukan Cillian Murphy dengan Emily Blunt, dimana dalam “Oppenheimer” keduanya menjadi pasangan suami istri. Namun dalam “A Quite Place II”, ia berperan sebagai Emmett, salah satu survivor penyidiri di latar apocalypse.

Mungkin awalnya kita tidak menyadari kehadiran Murphy karena penampilannya yang jauh berbeda, begitu pula aksennya. Ia kembali dalam film apocalypse lagi setelah “28 Days Later”, namun menunjukan presentasi karakter yang baru dan berbeda dari peran yang telah ia mainkan sebelumnya.

Jim - The Delinquent Season (2017)

Jim – The Delinquent Season (2017)

Buat yang ingin melihat Murphy di film drama kehidupan tanpa latar nyentrik, dalam “The Deliquent Season”, ia berperan sebagai Jim. Namun Jim yang berbeda dari “28 Days Later”.

Jim adalah suami dari Yvonne, dalam film Irlandia ini, hubungan mereka akan dieksplorasi. Ini adalah film tentang cinta, persahabatan, rahasia dalam pernikahan, dan kompleksitas dari konsekuensi keputusan yang diambil oleh seseorang menyangkut pasangan mereka. Setelah menonton berbagai karakter yang intense dari Cillian Murphy, ini menjadi salah satu film yang lebih relevan dengan kehidupan nyata.

Lost in Translation & Her: Kesepian dan Perpisahan dari Dua Perspektif

Film

Siksa Kubur & Badarawuhi di Desa Penari: Rayakan Lebaran dengan Film Horor Lokal

Entertainment

Monkey Man Monkey Man

Film & Serial Terbaru April 2024

Cultura Lists

Perfect Days Perfect Days

Perfect Days: Slow Living & Komorebi

Entertainment

Connect