Connect with us
10 Pasangan Terikonik dalam Film
Titanic

Cultura Lists

10 Pasangan Terikonik dalam Film

Sederet pasangan terpopuler dalam perfilman lokal dan Hollywood.

Film romantis merupakan salah satu yang paling populer di industri perfilman lokal maupun Hollywood. Dari banyak film romansa yang mendominasi perkembangan film selama ini, telah muncul beberapa pasangan ikonik dengan penampilan yang tidak mudah terlupakan. 

Pasangan ikonik bisa tercipta melalui desain karakter yang eye candy, mulai dari make up hingga wardrobe, bagaimana keduanya menjadi trendsetter oleh pasangan di dunia nyata. Namun, penampilan saja tidak cukup, penokohan yang kuat serta interaksi di antara keduanya juga dibutuhkan untuk menciptakan satu paket pasangan fiksi yang memikat penonton. Berikut sederet pasangan terikonik dalam film. 

Galih & Ratna

Meski beberapa dari kita belum pernah menonton “Gita Cinta dari SMA” (1979), pastinya tidak asing dengan karakter pasangan paling legendaris di Indonesia, Galih dan Ratna. Galih diperankan oleh Rano Karno yang kala itu adalah aktor muda idola remaja. Sementara Ratna diperankan oleh aktris Yessy Gusman.

Galih dan Ratna tampil sebagai pasangan sempurna di sekolah, keduanya adalah bintang kelas, memiliki prestasi luar akademik, serta berperilaku baik. Pasangan Galih dan Ratha lebih familiar bagi kita generasi millennial melalui lagu Chrisye, “Galih & Ratna”. Ada pula film remake dengan judul serupa pada 2017 silam yang dibintangi oleh Sheryl Sheinafia dan Refal Hady. 

Cinta & Rangga

Satu lagi pasangan paling ikonik di perfilman Indonesia adalah Cinta dan Rangga dari film “Ada Apa Dengan Cinta?” (2002). Film percintaan remaja ini telah berpengaruh besar pada nama besar kedua bintang utamanya, Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Hal tersebut berkat penampilan kedua aktor dalam  menyajikan chemistry benci-cinta yang bikin penonton remaja geregetan.

Setelah 14 tahun perilisan film pertamanya, “Ada Apa Dengan Cinta? 2” dirilis untuk mengobati rindu penggemarnya akan kelanjutan kisah cinta Cinta dan Rangga. Kembalinya AADC ke layar lebar dengan latar cerita yang lebih dewasa pun disambut meriah oleh para remaja yang juga sudah sama dewasanya dengan para karakter dalam film tersebut. 

Tita & Adit

Masih satu angkatan dengan AADC, “Eiffel I’m in Love” (2003) juga menjadi film remaja ikonik pada masanya. Shandy Aulia dan Samuel Rizal menjadi pasangan aktor yang berhasil menampilkan chemistry memikat. Keduanya sampai sempat tampil sebagai pasangan lagi dalam film “Apa Artinya Cinta?” (2005).

Memiliki sentuhan komedi romantis, interaksi Tita yang manja dengan Adit yang lebih dewasa dan dingin berhasil membuat penonton mencintai pasangan ini. “Eiffel I’m in Love” juga kembali dengan sekuel berlatar kehidupan Tita dan Adit yang sudah dewasa pada 2018 lalu.

Dilan & Milea

Photo: Falcon Pictures

Dilan & Milea

Diangkat dari novel karya Pidi Baiq, Dilan yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan tak hanya berhasil memikat Milea (Vanesha Prescilla), namun juga remaja GenZ ketika “Dilan 1990” rilis pada 2019 lalu. Dilan memiliki rayuan manis dan cara yang unik untuk memikat hati Milea, membuat interaksi pasangan ini cukup berbeda dari pasangan remaja lainnya dalam film romansa remaja pada masanya.

Tak hanya memiliki chemistry yang berkesan, penampilan Dilan dengan jaket denim dan Milea dengan jaket baseball merah-nya memberikan visual ikonik pada dua sejoli ini. 

Rose & Jack

Bicara soal pasangan ikonik di skena perfilman dunia, Rose dan Jack dari “Titanic” (1997) tidak boleh ketinggalan. Meski berlatar dari tragedi karamnya kapal Titanic yang nyata pada 15 April 1912, kisah cinta Rose DeWitt Bukater dan Jack Dawson hanyalah rekayasa sutradara James Cameron. Lepas dari latar belakang kedua sebagai pasangan fiksi, Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio berhasil menghasilkan penampilan dengan chemistry memikat.

Meski pada dasarnya memiliki premis percintaan beda status sosial, tragedi yang menyelimuti kisah mereka menjadi bumbu kuat untuk membuat penonton merasakan gejolak emosi sepanjang film. Mulai dari kisah manis dan adrenalin cinta pertama, hingga tragedi yang mampu membuat penonton galau.

The Notebook (New Line Cinema/Courtesy Everett Collection)

Noah & Allie

Kisah cinta beda status sosial tampaknya menjadi komoditi laris di perfilman Hollywood. Satu lagi judul yang berhasil melahirkan pasangan ikonik adalah “The Notebook”, dimana Ryan Gosling dan Rachel McAdams beradu akting sebagai kekasih. Allie Hamilton adalah anak perempuan dari keluarga kaya, sementara Noah hanya dari keluarga biasa.

Dinamika hubungan antara Allie dan Noah yang berlangsung selama bertahun-tahun dalam plot “The Notebook” merupakan sajian menarik bagi penonton penikmat opera sabun. Meski dengan segala problematikanya, kita mengetahui bagaimana Noah menjaga kesetiaannya pada Allie hingga akhir hayat.

Bella Swan & Edward Cullen

Tidak diragukan menjadi pasangan paling ikonik dan sensasional pada masanya, kehadiran Bella Swan dan Edward Cullen telah menciptakan fenomena besar dalam setiap kehidupan remaja perempuan melalui “Twilight” (2008).

Film ini juga menjadi batu loncatan besar bagi kedua bintang utamanya, Kristen Stewart dan Robert Pattision. Keduanya juga terlibat cinta lokasi, tak hanya sebagai pasangan manusia dan vampir, keduanya juga menjadi pasangan ikonik di skena selebritas Hollywood. 

Sam & Suzy Bishop

“Moonrise Kingdom” (2012) merupakan film komedi romantis ikonik dari Wes Anderson. Menghadirkan kisah cinta pertama yang naif dan penuh petualangan antara Sam (Jared Gilman) dan Suzy Bishop (Kara Hayward).

Unsur pertama yang langsung membuat pasangan muda ini memikat perhatian kita adalah desain wardrobe mereka. Dimana Sam mengenakan seragam pramuka lengkap, sementara Suzy Bishop tampil cantik dengan setelan merah jambunya. Tidak memiliki dasar cinta yang mendalam, keduanya kabur bersama hanya karena ingin bersama, melakukan hal-hal seru dan menyenangkan layaknya anak-anak pada umumnya. 

Mia & Sebastian

“La La Land” merupakan film musikal terbaik pada 2019 lalu. Bercerita tentang pasangan dengan latar belakang seni, Mia dan Sebastian memiliki interaksi yang romantis sekaligus inspiratif bagi kita yang memiliki ketertarikan besar pada dunia hiburan. Lebih dari sekadar kisah cinta yang hanya fokus pada hubungan kedua karakter, Mia dan Sebastian memiliki tujuan yang lebih besar; Mia ingin menjadi aktris terkenal, sementara Sebastian ingin memiliki jazz bar-nya sendiri. Pasangan ini lebih banyak menunjukan interaksi saling mendukung satu sama lain, dengan cinta yang menyelimuti mereka di udara. 

Penampilan Ryan Gosling dan Emma Stone menari di Griffith Park, Hollywood sambil membawakan lagu “A Lovely Night” merupakan adegan terikonik yang telah menginspirasi banyak pasangan dalam melangsungkan sesi foto pre-wedding

Hazel & Augustus

Pasangan mana yang bisa membuat kata “Okay” meninggalkan kesan mendalam? Hazel dan Augustus sempat menjadi pasangan yang terkenal setelah perilisan film “The Fault in Our Stars”.

Film ini juga menjadi judul yang menandai kepopuleran Shailene Woodley dan Ansel Elgort sebagai bintang akting muda. Premis kekasih yang mengalami penyakit kritis pada sebuah hubungan sudah menjadi hal yang mainstream. Namun, bagaimana ketika kedua pasangan saling mengidap penyakit serius? Hazel dan Augustus sama-sama mengidap kanker.

Mungkin tanpa penyakit tersebut, keduanya tidak akan pernah bertemu dan menjalin cinta. Augustus bagaikan udara segar dalam kehidupan Hazel yang selama ini selalu pesimis. Meski dalam kesulitan, Augustus mengajak Hazel untuk membentuk kenangan masa remaja yang tak terlupakan.

Click to comment

Teka-teki Tika Review Teka-teki Tika Review

Teka-teki Tika Review: Wadah Eksperimen Tanggung Rasa

Film

Lineup Musisi Internasional di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

oslo ibrahim java jazz 2020 oslo ibrahim java jazz 2020

Lineup Musisi Indonesia di Java Jazz Festival 2022

Cultura Lists

Django Unchained Django Unchained

Django Unchained Review: Kisah Balas Dendam Seorang Budak

Film

Advertisement
Connect