Connect with us
Paul Thomas Anderson
Photo via Timeout.com

Cultura Lists

Video Klip Musik Garapan Paul Thomas Anderson

Selain jago bikin film, sutradara yang akrab disapa PTA ini juga ahli bikin video klip musik.

Paul Thomas Anderson adalah salah satu sutradara berbakat Hollywood yang patut diantisipasi. Film-filmnya selalu mengangkat isu agama, eksistensi manusia, serta keluarga yang dikemas secara menarik dan variatif.

Total, sudah 8 film yang sudah dihasilkan oleh sutradara kelahiran Los Angeles ini. Teranyar, Paul akan merilis film kesembilannya yang bertajuk “Licorice Pizza” (2021). Selain jago bikin film, sutradara yang akrab disapa PTA ini juga ahli bikin video klip musik. Total sudah ada 22 video musik yang dibuatnya dan berikut beberapa yang terbaik.

Michael Penn – “Try” (1997)

“Try” adalah debut perdana PTA sebagai sutradara video musik. Color grading menjadi hal paling dominan pada video musik berdurasi 3 menit 8 detik ini. Hampir tiap detiknya PTA selalu mengubah color grading video musik ini. Mengikuti pergerakan Michael Penn selaku model video klip ini.

Sepanjang video musik berjalan, kamera selalu menyoroti Penn dari depan. Sampai akhirnya kamera tersebut meninggalkan Penn menjelang video musik berakhir.

Walau hanya memakai satu latar tempat saja, “Try” tidak terasa seperti video musik yang membosankan. Perubahan color grading, serta penambahan beberapa ornamen (baik sekelompok orang maupun ornamen lainnya) membuat “Try” nyaman ditonton sampai tuntas.

Fiona Apple – “Fast As You Can” (1997)

Pergantian color grading juga dilakukan pada video musik satu ini, walau tidak sebanyak “Try”. Empat puluh detik pertama “Fast As You Can” didominasi oleh warna monokrom. Sedangkan detik ke-41 dan seterusnya video musiknya akan penuh dengan warna.

Latar tempat “Fast As You Can” tergolong lebih banyak dibanding “Try” milik Michael Penn. Di beberapa bagian video, PTA sengaja membaluri kameranya dengan embun dan garis hitam tebal. Nantinya, embun dan garis hitam tebal itu akan dihapus oleh Fiona Apple selaku model video klip musik ini.

Proses pengambilan gambar pada video klip musik ini menggunakan kamera vintage hand-cracked. Maka tak heran bila gerak bibir Fiona agak tidak sinkron dengan lagu, khususnya di awal-awal video.

Haim – “Man from Magazine” (2020)

Ini adalah video musik pertama PTA yang melibatkan musisinya langsung di bangku penyutradaraan. Di video musik ini, PTA mengajak Daniella (personil Haim) berkolaborasi sebagai co-director. Daniella juga diajak berkolaborasi di film “Licorice Pizza” (2021). Video musik sepanjang 2 menit 7 detik ini menampilkan Daniella Haim menjadi seorang pelayan restoran.

Radiohead – “Daydreaming” (2016)

Bisa dibilang kalau ini adalah video musik terbaik buatan PTA sejauh ini. Nuansa kontemplatif dan sendu begitu terasa saat menonton video musik ini.

Video musik berdurasi 6 menit 27 detik ini memperlihatkan Thom Yorke (vokalis Radiohead) yang menyusuri pintu demi pintu. Total, ada 23 pintu yang harus dilalui Thom. Tiap pintunya akan membawa Thom ke tempat-tempat berbeda. Mulai dari tempat laundry hingga tepi pantai.

Di pintu terakhir, Thom akan mendatangi area gunung bersalju yang salah satu areanya terdapat gua. Di gua itulah Thom akan berbaring ditemani api unggun.

 

Hindia Hindia

Spektrum Lain dari Sosok Baskara Putra sebagai Hindia

Music

Film Tentang Pencurian Data PribadiFilm Tentang Pencurian Data Pribadi Film Tentang Pencurian Data PribadiFilm Tentang Pencurian Data Pribadi

Film Tentang Pencurian Data Pribadi

Cultura Lists

Scaller Scaller

Scaller yang Progresif dan Tak Terikat Genre

Music

Endah N Rhesa Endah N Rhesa

Kebahagian dan Sentuhan Personal Menjadi Prioritas Endah N Rhesa

Music

Advertisement
Connect