Connect with us
Us And Them
Netflix

Film

Us and Them Review: Sebuah Kisah Realistis Tentang Cinta yang Kandas

Ketika perpisahan menjadi satu-satunya pilihan untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Us and Them merupakan sebuah film karya seorang sutradara multitalenta asal Taiwan bernama Rene Liu yang dirilis pada tahun 2018. Film ini merupakan debut Liu sebagai sutradara setelah sebelumnya menjejaki dunia musik dan akting.

Tidak disangka, film debutnya berhasil mendapatkan banyak pujian dan sukses menjadi film blockbuster di China dalam waktu singkat. Hal tersebut merupakan sebuah peristiwa yang jarang terjadi pada sebuah film dengan genre drama romantis.

Cinta, penyesalan, dan perpisahan merupakan tema yang digabungkan dalam film ini. Komposisi tema tersebut membuat Us and Them menjadi film roman yang manis sekaligus menyakitkan. Liu sukses membuat sebuah cerita cinta yang simple dan erat dalam kehidupan sehari-hari. Penonton dengan mudah diajak larut dalam setiap adegan dalam film ini.

Usaha Pasangan Muda dalam Mengejar Cinta dan Masa Depan

Sama seperti hari besar lainnya, peringatan Lunar New Year wajib dirayakan bersama keluarga di kampung halaman. Xiaoxiao (Zhou Dongyu) juga melakukan tradisi itu. Ia berencana pulang ke kampung halamannya dengan menaiki kereta. Sialnya, tiket kereta yang telah ia beli mendadak hilang saat seorang kondektur hendak memeriksa tiketnya.

Ketika nyaris diusir dari gerbong, tiba-tiba seorang pria membantunya. Ia menemukan tiket milik Xiaoxiao. Kejadian itu membawa mereka ke sebuah perkenalan. Pria itu bernama Lin Jianqing (Jing Boran) dan ia juga berencana untuk pulang ke kampung halaman yang sama dengan Xiaoxiao.

Us And Them

Netflix

Semenjak pertemuan itu, Xiaoxiao dan Jianqing menjadi teman baik. Jianqing sering mengundang Xiaoxiao untuk merayakan Imlek di rumahnya bersama ayah dan kerabat.

Setelah lulus dari dunia perkuliahan, Jianqing memutuskan untuk mencari pekerjaan di Kota Beijing. Ia dan teman-teman kuliahnya membuka sebuah toko komputer di sebuah pusat perbelanjaan. Xiaoxiao juga ikut bekerja di tempat itu. Setelah melakukan banyak hal bersama di waktu yang cukup lama, Jianqing mulai menyadari bahwa ia menyukai Xiaoxiao.

Sama seperti film roman lainnya, kisah percintaan Jianqing dan Xiaoxiao tidak diawali dengan mulus. Xiaoxiao kerap berganti-ganti pasangan dengan laki-laki Beijing. Bahkan, hampir beberapa kali Xiaoxiao hampir menikah. Jianqing menyadari bahwa Xiaoxiao menginginkan seseorang yang mapan secara finansial, bukan seperti dirinya yang masih belum mengetahui arah dan tujuan hidup yang jelas.

Kerap kali dikecewakan oleh laki-laki yang ia kencani, membuat Xiaoxiao akhirnya berhenti memiliki pasangan. Xiaoxiao juga mulai menyadari perasaan Jianqing terhadapnya. Kerasnya kehidupan di Beijing membuat Xiaoxiao dan Jianqing semakin dekat. Mereka saling mendukung satu sama lain sampai akhirnya memutuskan untuk berpacaran.

Us And Them

Netflix

Film ini menggambarkan sulitnya bertahan hidup di sebuah kota besar dengan sangat gamblang. Ditunjukkan dengan latar tempat di mana Jianqing dan Xiaoxiao bertahan hidup. Mereka tinggal di sebuah apartemen kumuh yang hanya bersekatkan triplek dan berukuran sangat kecil. Namun, tempat tersebut tidak membuat mereka berhenti bermimpi. Jianqing berjanji ia akan memiliki banyak rumah besar di masa depan dan akan mengajak Xiaoxiao dan ayahnya untuk tinggal bersama.

Film yang Mampu Membuat Patah Hati

Us and Them memiliki alur waktu yang maju-mundur. Adegan dengan warna latar hitam-putih menunjukkan masa depan. Hal tersebut terasa unik ketika biasanya warna hitam-putih digunakan untuk menggambarkan masa lalu. Jianqing dan Xiaoxiao di masa depan digambarkan menjadi penuh karisma dan terlihat jauh lebih dewasa.

Tidak lama setelah film dimulai, penonton sudah mengetahui hubungan antara Jianqing dan Xiaoxiao tidak bertahan lama. Saat bertemu kembali di masa depan, Jianqing ternyata sudah sudah memiliki istri dan seorang anak. Xiaoxiao juga sedang mempersiapkan pernikahannya dengan laki-laki lain. Liu sukses membuat penonton bertanya-tanya dari awal film mengenai alasan berakhirnya hubungan manis antara Xiaoxiao dan Jianqing.

Perasaan patah hati, sedih, dan menyesal ikut dirasakan oleh penonton ketika menonton film ini. Kita diajak berempati dengan keadaan Jianqing dan Xiaoxiao. Liu sepertinya sengaja menyimpan hampir seluruh adegan sedih di bagian akhir. Hal tersebut sangatlah cerdas karena penonton dijamin akan dibanjiri kesedihan yang bertubi-tubi sampai film berakhir, bahkan sampai ke bagian credits.

Zhou Dongyu dan Jing Boran mampu mengeksekusi kedua peran utama dalam film ini dengan sangat baik. Keduanya terlihat sangat natural ketika memerankan sepasang kekasih, sehingga membuat penonton ikut merasakan kehangatan dan ketulusan dari keduanya.

Pemeran lain dalam film ini adalah aktor senior bernama Tian Zhuangzhuang. Zhuangzhuang menambah perasaan hangat dalam film Us and Them ketika ia berperan sebagai ayah Jianqing yang selalu mencintai dan mengkhawatirkan anaknya.

Film ini memiliki plot cerita yang rapi, sinematografi yang menawan, dan ditambah dengan kemampuan akting para pemain yang sangat berkualitas. Secara keseluruhan, Us and Them merupakan sebuah film yang sangat wajib untuk dinikmati.

Film ini mengajarkan kita tentang mengikhlaskan sebuah perpisahan demi menjadi seseorang yang lebih baik. Us and Them dapat ditonton di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect