Connect with us
Photo via Screenrant.com

Entertainment

Tipe-Tipe Karakter Pria K-Drama Romance Paling Mainstream

Penokohan karakter pria yang paling sering ditemukan dalam K-drama. 

K-drama bergenre romansa merupakan satu paket hiburan yang masih memikat banyak audience wanita hingga saat ini. Mulai dari yang drama remaja yang ringan dengan balada cinta pertama yang bikin geli, hingga drama romansa yang lebih mature dengan kisah cinta romantis.

Meski pada dasarnya K-drama memiliki dinamika plot yang hampir serupa satu sama lain, variasi subjek dalam judul terbaru sekalipun tak pernah membosankan bagi para penggemarnya. Adapun elemen yang kerap diulang-ulang dalam serial drama Korea adalah deretan karakter dengan stereotip tertentu. Salah satunya adalah penokohan pada karakter pria dalam drama Korea. 

Protagonis pria dalam drama Korea merupakan salah satu daya tarik utama bagi penontonnya, terutama drama dengan segmentasi wanita. Meski diperankan oleh aktor populer berbeda, dengan detail latar belakang dalam cerita yang berbeda, seringkali penokohan karakter pria dalam K-drama sebetulnya tidak terlalu original.

Hal ini juga kerap menjadi penyebab beberapa aktor Korea tergolong sebagai aktor type-cast. Meskipun begitu, para karakter pria tampan dalam k-drama selalu mengalihkan kita pada format pengulangan ini. Berikut beberapa tipe karakter pria K-drama paling mainstream yang ternyata tak pernah membuat penontonnya berhenti terpesona. 

The Prince Charming

Karakteristik umum:
Protagonis pria dari keluarga kaya yang sombong

Protagonis pria populer dari keluarga kaya merupakan tipe karakter paling mainstream dan klasik dalam dunia k-drama. Lahir dengan sendok perak, karakter satu ini kerap memiliki kepribadian sombong, egois, dan tampil sebagai pemimpin geng (jika tampil dengan format geng). The Prince Charming tak akan lengkap tanpa heroine dari kelas sosial yang lebih rendah sebagai pendamping. Tipe karakter ini lebih sering kita temukan dalam K-drama remaja berlatar di kehidupan sekolah. 

Kehadiran karakter perempuan dalam plot ini biasanya menjadi pintu bagi sang pangeran untuk mengenal kehidupan yang sederhana agar menjadi karakter yang lebih layak dicintai. Satu lagi plot predictable yang akan muncul dengan kehadiran tipe karakter ini yaitu; skenario tidak mendapat restu dari orang tua, terutama dari sosok ibu yang tak kalah sombongnya. 

Contoh karakter yang sesuai dengan tipe ini adalah Goo Joon Pyo di “Boys Over Flowers” (2009) yang diperankan oleh Lee Min-ho. Aktor terkenal dari Korea tersebut kembali memerankan tipe karakter yang cukup serupa, Kim Tan, dalam “Heirs” (2013). 

The Executive

Karakteristik umum:
Pria dingin dan stoic dengan profesi bergengsi (CEO, Pengacara, dan sejenisnya)

Berikutnya masih dari jajaran pria kaya, The Executive bisa dibilang prince charming-nya k-drama dengan latar cerita yang lebih dewasa. Sukses dalam pekerjaan, karakter pria tipe ini tidak terlalu luwes dalam percintaan. Hal tersebut karena sikapnya yang cenderung dingin dan kaku dalam bersosialisasi, apalagi mendekati wanita dengan maksud menggoda. Ia hanya peduli tentang pekerjaan dan membangun karir, biasanya tampil sebagai CEO, pengacara, dan pekerjaan profesional sejenisnya.

Karakter pria stoik satu ini kerap dipasangkan dengan wanita yang lebih ceria, centil, dan tak jarang ceroboh. Kekuatan dari The Executive sebagai karakter yang dingin adalah ketika secara perlahan Ia memperlihatkan sisi lain dalam dirinya yang lebih manis bahkan imut, karena mulai merasakan benih cinta dari karakter wanita yang bersangkutan. 

Contoh karakter mapan dan dingin dalam k-drama di antaranya; Kwon Jung-rok (Lee Dong-wook) sebagai pengacara berprestasi dalam “Touch Your Heart” (2019), Nam Se Hee (Lee Min Ki) yang stoic dalam “Because This is My First Life” (2017), dan Lee Young-joon (Park Seo-joon) sang CEO narsistik dalam “What’s Wrong with Secretary Kim?” (2018).

The Perfect Boyfriend

Karakteristik umum:
Sosok penolong yang baik hati dan selalu bisa diandalkan

The Perfect Boyfriend selalu ada untuk memberikan bumbu diantara prince charming dan tuan putrinya. Bukan bumbu yang pedas, tipe karakter ‘pacar idaman’ satu ini kerap memiliki kepribadian yang sebetulnya lebih baik dari protagonis pria. Jika protagonis pria memiliki kepribadian yang temperamental, sebaliknya karakter tipe ‘pacar idaman’ ini memiliki kepribadian yang lebih kalem. Tak jarang Ia justru selalu siap menolong dan lebih bisa diandalkan oleh heroine.  Namun, tipe karakter ini hanya ditakdirkan sebagai karakter pendukung. 

Karakter pendukung seringkali tidak berakhir sebagai pelabuhan terakhir heroine, meski dengan segala kesempurnaannya. Entah kenapa sang heroine lebih memilih laki-laki kaya yang sombong dan sempat kasar dengannya. Skenario ini dianggap mampu memberikan efek dramatis dan dilema pada penontonnya. Pada akhirnya, karakter pendukung ini kerap menjadi sosok pacar ideal yang dilewatkan protagonis wanita. 

Menjadi rival Goo Joon Pyo dalam “Boys Over Flowers”, Yoon Ji-hoo (Kim Hyun-joong) merupakan sosok laki-laki kalem nan baik hati yang dilewatkan oleh Geum Jan-di (Koo Hye-sun). Contoh lainnya ada Pangeran Yul (Kim Jeong Hoon) yang jatuh cinta pada Chae-kyung Shin (Yoon Eun-hye) dalam k-drama klasik, “Princess Hours” (2006).

The Bad Boy

Karakteristik umum:
Karakter pria dengan kepribadian jahat bahkan kejam, namun kerap bekembang menjadi baik seiring berjalannya episode

The Bad Boy kerap menjadi antagonis dengan penokohan kejam yang menindas heroine. Terutama pada episode-episode pertama drama Korea tertentu. Tak kalah kejam dengan antagonis perempuan yang kerap cemburu dengan heroine, tipe karakter pria kejam satu ini juga kerap menjadi ancaman bagi protagonis perempuan dalam K-drama.

Mulai dari mengungkap rahasia, menindas, hingga terang-terang memprovokasi protagonis pria dan heroine-nya. Ada juga beberapa karakter tipe ini tidak terlalu kejam, hanya ditampilkan cuek dan suka menindas dengan skala yang tidak terlalu parah. Aktor yang di-cast untuk peran ini juga seringkali memiliki fitur wajah dengan garis yang tegas dan mata yang tajam. 

Namun, seiring berlanjutan episode demi episode, karakter ini akan mengalami perkembangan karakter menuju ke arah yang lebih baik, begitu juga dengan perasaannya yang secara ajaib jadi jatuh hati dengan heroine yang awalnya mereka tindas. Kehadiran tipe karakter pria satu ini juga kerap dimaksudkan memberikan perasaan dilema pada penontonnya. Terkadang perkembangan karakter mereka didukung dengan kisah latar belakang yang tragis. 

Memiliki takdir yang sama dengan The Perfect Boyfriend, tipe karakter bad boy gone good ini akan meninggalkan perasaan bittersweet pada akhir cerita. Menjadi rival Kim Tan yang provokatif adalah Choi Young-do (Kim Woo-bin) dalam “Heirs”. Kemudian contoh lainnya ada Han Seo-Joon (Hwang In-yeop) dalam “True Beauty” (2020 – 2021) dan Baek Kyung (Lee Jae-wook) sebagai calon tunangan yang dingin dalam “Extraordinary You” (2019).

berlin money heist spinoff berlin money heist spinoff

Money Heist Spin-off: Serial Baru ‘Berlin’ Memulai Tahap Produksi

Entertainment

Apakah James Bond Harus Selalu Kulit Putih?

Culture

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Connect