Connect with us
The Vast of Night Review
Amazon Studios

Film

The Vast of Night Review: Frekuensi Audio Aneh yang Menghantui Kota Kecil

Kisah sci-fi misteri dengan latar tahun 1950-an.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Vast of Night merupakan sebuah film independen yang baru saja dirilis pada bulan Mei tahun ini. Film ini sekaligus menjadi debut film sci-fi bagi sang sutradara, yaitu Andrew Patterson. The Vast of Night merupakan film misteri sci-fi yang mengambil latar waktu 1950-an. Film ini bercerita tentang fenomena aneh yang terjadi di sebuah kota kecil di New Mexico.

Mungkin sudah banyak film sci-fi yang mengangkat kisah tentang UFO dan alien, salah satunya film ini. Namun, konsep sci-fi yang berbeda dan menyegarkan mampu disajikan oleh Patterson. The Vast of Night menunjukkan bahwa produksi sebuah film sci-fi tidak harus mengeluarkan budget yang besar. Dengan kesederhanaan di setiap aspeknya, The Vast of Night tetap mampu membuat penonton terjebak dalam cerita penuh misteri dan pertanyaan.

Malam yang Panjang Bagi Fay dan Everett

Dua karakter utama dalam film ini adalah Fay Crocker (Sierra McCormick) dan Everett (Jake Harowitz). Adegan percakapan mereka berdua membuka adegan pada film ini. Kita diajak untuk mengelilingi kota kecil bernama Cayuga sambil mendengarkan percakapan Fay dan Everett. Saat itu malam telah tiba, keadaan kota yang gelap membuat atmosfer film ini terasa misterius dan menegangkan.

The Vast of Night

Amazon Studios

Fay dan Everett berpisah di sebuah persimpangan jalan karena tujuan mereka yang berbeda. Fay bekerja sebagai operator switchboard malam itu dan Everett bekerja sebagai penyiar radio. Keadaan kota sangat sepi karena sebuah pertandingan basket sedang berlangsung dan sebagian besar warga pergi ke stadion untuk menikmati pertandingan langsung.

Pekerjaannya sebagai operator membuat Fay tidak bisa ikut menikmati pertandingan basket, namun ia tidak keberatan karena menjadi operator switchboard sudah menjadi minatnya. Tugas operator adalah mengangkat telepon dari warga dan menyambungkannya ke institusi kota. Dengan lihai dan cekatan, Fay menerima setiap telepon dari warga. Namun, malam itu sesuatu yang aneh terdengar di saluran telepon.

Frekuensi audio aneh di saluran telepon membuat Fay ketakutan. Orang satu-satunya yang ia bisa hubungi malam itu adalah Everett. Walaupun merasa terganggu karena telepon dari Fay, namun Everett ikut penasaran dengan sumber suara dengungan itu berasal. Situasi semakin menegangkan saat Fay menerima telepon dari seorang warga yang melaporkan bahwa ada “sesuatu” yang melayang di atas langit Cayuga malam itu.

Membuat Penonton Terbenam dalam Setiap Dialog

Sebagian besar adegan dalam film ini ialah percakapan yang terjadi antara Fay dan Everett. Mereka sering membicarakan hal yang penting dan tidak penting. Penonton diajak untuk mengenali karakter dan sifat tiap tokoh melalui dialog yang mereka sampaikan.

Fay merupakan gadis yang lugu dan naif. Ia mengetahui banyak hal dan senang mendiskusikannya dengan Everett. Sebaliknya, Everett adalah laki-laki yang lugas dan karismatik. Kalimat yang keluar dari mulut Everett selalu ringkas, padat, dan terkesan angkuh. Pekerjaannya sebagai penyiar radio membuatnya terkenal seantero kota Cayuga.

The Vast of Night

Amazon Studios

Walaupun sebagian besar berisi dialog, namun rasa bosan tidak pernah terasa selama film ini berlangsung. Latar tempat yang gelap dengan aspek retro 50-an membuat film ini terasa mencekam di tiap bagiannya. Keadaan tambah menegangkan ketika sering kali kamera mengambil gambar tiap tokoh dari sisi belakang dan diikuti latar musik yang membuat penonton berantisipasi dengan kelanjutan nasib setiap tokoh.

Kesederhanaan film ini juga terletak pada jumlah tokoh yang mengisi cerita. Hanya Fay dan Everett yang menjadi fokus cerita pada film ini. Sierra McCormick dan Jake Harowitz mungkin bukanlah aktris dan aktor yang cukup terkenal, namun kualitas akting mereka sangat bagus dalam film ini.

Secara keseluruhan, The Vast of Night merupakan sebuah film independen yang bisa memanfaatkan segala keterbatasannya menjadi sebuah hasil karya yang memukau. Film ini mampu menunjukkan bahwa film sci-fi tidak selalu memerlukan Teknik SFX yang rumit untuk produksinya.

Bagi penggemar film action, mungkin film ini akan terasa membosankan karena sebagian besar adegan hanyalah percakapan antar tokoh. Namun, film ini sangat patut untuk dinikmati karena cerita dan sinematografinya yang sangat berkualitas. The Vast of Night dapat dinikmati di Amazon Prime Video.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect