Connect with us
The Usual Suspects

Film

The Usual Suspects Review: Film yang Menimbulkan Banyak Asumsi dan Teori

Mengungkap identitas Keyser Soze yang misterius.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Usual Suspects merupakan salah satu film noir paling ikonik karya sutradara Bryan Singer dan penulis naskah Christopher McQuarrie. Bercerita tentang lima orang kriminal yang bertemu di kantor polisi.

Berawal dari “pekerjaan” dalam skala kecil, kelimanya harus bertemu dengan sosok misterius yang memberikan mereka misi untuk melakukan sebuah perampokan besar. Film ini dibintangi oleh Kevin Spacey, Gabriel Byrne, Benicio del Toro, Stephen Baldwin, dan Giancarlo Esposito.

Film drama mystery ini merupakan salah satu judul yang sebaiknya tidak kita cari terlalu banyak sinopsis dan review-nya sebelum ditonton. The Usual Suspects mengandung plot twist yang cukup fenomenal dan masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Mengetahui misteri dalam kisah ini bisa menghilangkan keseruan yang seharusnya bisa kita nikmati sepanjang film.

The Usual Suspects

Plot Maju Mundur yang Sedikit Membingungkan di Awal

The Usual Suspects memiliki adegan prolog yang cukup menarik, namun memasuki adegan pembuka berikutnya, kita akan sedikit dibuat bingung dengan plot yang disajikan. Setiap adegan yang disajikan terasa seperti ditampilkan begitu saja tanpa ada keterangan alur waktu.

Sedikit clue, adegan pertama (prolog) yang ditampilkan merupakan adegan kunci untuk akhir dari film ini. Memasuki adegan berikutnya adalah campuran antara alur waktu ‘present’; dimana Verbal diinterogasi dan flashback; ketika kelima tokoh utama dalam film ini bertemu dan menjadi awal dari kisah mereka.

Namun, tak lama sampai akhirnya kita akan merasa terbiasa dengan alur kisah, latar waktu, dan latar tempat dalam film ini. Alur cerita mulai nyaman diikuti ketika nama Keyser Soze muncul dalam film noir ini.

Sederet Karakter yang Memiliki Ciri Khas dan Penokohan yang Kuat

Selain Verbal sebagai pemeran utama, teman satu tim Verbal juga memiliki penokohan yang kuat. Terutama Dean Keaton yang diperankan oleh Gabriel Byrne dan Michael McManus yang diperankan oleh Stephen Baldwin. Tak ketinggalan karakter Kobayashi yang misterius dan Dave Kujan, detektif ambisius yang interogasi Verbal.

Christopher McQuarrie sebagai penulis naskah The Usual Suspects telah berhasil memberikan penokohan yang jelas pada karakter-karakter utama dalam film ini. Tak lepas juga peran dari setiap aktor yang mengeksekusi karakter masing-masing dengan baik.

The Usual Suspects

The Usual Suspects

Selain penokohan dari masing-masing karakter yang telah diciptakan, penulisan dialog yang ditampilkan juga sangat identik dengan film-film noir. Terutama pada adegan interogasi Verbal dan Detektif Kujan. Kita akan berada di posisi yang sama dengan Detektif Kujan, mendengarkan dongeng tentang Kyser Soze yang menarik dan misterius.

Jika kita kaitkan dengan judul dan poster dari film The Usual Suspects, kisah ini seakan-akan sedang mencari siapa pelaku dari lima sekawan tersebut. Namun, sebetulnya hanya ada beberapa karakter yang tampak mencolok dan membuat keberadaan beberapa tokoh lainnya hanya sekedar karakter pelengkap dalam jajaran kandidat mengungkap; siapa Keyser Soze di antara mereka.

Mengandung Banyak Misteri dan Sudut Pandang, Namun Objektif Tetap Jelas

Durasi film tidak terlalu panjang (1 jam 48 menit) membuat film ini memiliki kisah yang padat. Ada banyak misteri dan teka-teki seperti pecahan puzzle yang harus kita satukan. Namun, objektif kisah ini sangat konsisten dan jelas, yaitu mengungkap identitas Keyser Soze yang diduga sebagai dalang utama dari tindakan kriminal berskala besar.

Kita hanya akan berkutat pada pertanyaan tersebut. Bahkan kita juga akan dibuat menerka-nerka, apa sebenarnya Keyser Soze benar-benar ada atau hanya dongeng di kalangan mafia dan kriminal.

“Well, I believe in God, and the only thing that scares me is Keyser Soze”

Buat kita yang sudah terbiasa menonton film suspense dengan konten detektif yang sedang memecahkan misteri, mungkin sudah bisa menebak plot twist yang akan muncul pada akhir kisah. Namun, directing pada adegan krusial tersebut merupakan salah satu titik paling sempurna dalam film ini. Tak sekedar memberikan jawaban secara naskah, namun juga menarik dalam segi sinematografi.

The Usual Suspects merupakan salah satu film yang bisa menimbulkan banyak penafsiran dan asumsi bagi penontonnya. Film ini sangat menarik untuk dianalisa atau dijadikan bahan diskusi bersama teman-teman kita yang sesama pecinta film noir dan suspense. Segera tonton The Usual Suspects bersama teman maupun saudara yang sekarang sudah ada di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect