Connect with us
Apurva Kempinski Bali_Grand Staircase
Grand Staircase (Photo Cr. Kempinski)

Culture

Memorable Stay Experience at The Apurva Kempinski Bali

Seni dan keberagaman budaya Indonesia dalam kemegahan.

The Apurva Kempinski Bali adalah hotel & resort mewah yang terletak di kawasan Nusa Dua, menawarkan pengalaman menginap yang inspiratif dan tak terlupakan bagi para tamunya.

Properti yang diresmikan tahun 2019 dan dipakai sebagai venue utama KTT G20 ke-17 ini mempunyai panorama laut yang memesona dan arsitektur megah yang terinspirasi dari budaya Indonesia.

Berdiri di atas tebing Nusa Dua, para tamu yang datang ke The Apurva Kempinski Bali akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari Samudra Hindia berpadu dengan taman tropis yang indah pada area hotel.

Apurva Kempinski Bali

Memasuki gerbang Apurva Kempinski Bali, kita diperlihatkan dengan arsitektur megah dan detail. Lobi resort ini didesain menyerupai pendopo tradisional Jawa, dengan atap joglo tinggi dan dekorasi kayu yang indah dan kompleks. Joglo adalah gaya bangunan khas Ponorogo, atapnya trapesium, bagian tengah menjulang ke atas berbentuk limas. Zaman dulu hanya raja atau bangsawan yang mampu punya rumah joglo karena menggunakan kayu jati kualitas tinggi dan butuh waktu lama mengerjakannya.

Di area lain, kita bisa menemukan sentuhan seni dan budaya Bali, seperti patung-patung dewa dan dewi Hindu yang menghiasi taman dan kolam.

Di puncak resort, lobi bergaya pendopo dengan ruang terbuka lebar dan nyaman dengan atap bertingkat menjulang tinggi yang menarik perhatian ke alam. Hiasan seperti partisi gebyok ukiran tangan Jawa yang rumit dan detail merupakan simbol kerajaan Majapahit yang makmur di Indonesia–ketika kerajaan tersebut menjadi pusat kreativitas seni.

Gebyok kayu jati identik dengan rumah-rumah orang kaya atau ningrat pada zaman dulu. Inilah yang membuat grand property ini seakan menjadi teater terbuka yang luar biasa sebagai perwujudan keindahan seni dan budaya Indonesia.

Apurva Kempinski Bali

Lobi Apurva Kempinski Bali

Apurva Kempinski dengan luas sekitar 14 hektare ini dirancang oleh Arsitek Budiman Hendropurnomo. Konsepnya terinspirasi dari sawah dan sistem irigasi ‘subak’ yang berusia berabad-abad. Arsitektur Bali yang modern ini memberi penghormatan kepada pemandangan alam pulau Dewata dan kuil-kuil buatan manusia. Di sini juga terdapat Grand Staircase yang spektakuler dan ikonik. Kita bisa melaluinya dengan jalan setapak sepanjang 250 langkah yang terinspirasi dari Pura Besakih.

Untuk interior didesain oleh Rudy Dodo yang berhasil membuat tiap ruang terlihat mewah, dibuat oleh perajin-perajin terbaik Indonesia dengan membawa heritage desain Indonesia dan menambahkan sentuhan modern.

Dalam bahasa Sansekerta, Apurva berarti “unik” dan “luar biasa”. Makna ini membuat Kempinski berdedikasi untuk menghadirkan pengalaman unik dan luar biasa bagi kita para tamu. Memang seperti ini yang kami rasakan saat menginap 3 malam di Apurva Kempinski: unik, luar biasa, dan tak terlupakan. Kami mengagumi setiap aspek di resort ini.

Alluring Accommodation

The Apurva Kempinski Bali memiliki 475 kamar, suite dan vila berukuran antara 65m – 1,379m. Sesuai dengan karakteristik tropis negara ini, 176 Suite dan 43 Villa dilengkapi dengan kolam renang pribadi, sementara 48 Kamar Grand Deluxe memiliki akses langsung ke kolam laguna. Akomodasi dirancang untuk memberikan kemewahan dan kenyamanan, terinspirasi oleh karakteristik tropis Indonesia dan dipadukan dengan pengaruh modern.

Saat mengunjungi Apurva Kempinski kami mencoba tipe Cliff Private Pool Junior Suite dengan satu tempat tidur king-size. Suite dengan ukuran sekitar 100 meter persegi ini memiliki private pool dan teras yang cukup luas dengan dua kursi lounger. Para tamu suite juga bisa mendapatkan akses eksklusif ke Cliff Lounge dan Cliff Lounge pools.

Staf dengan seragam yang unik dan khas mengantar kami ke kamar menjelaskan semua fasilitas dan aktivitas yang ada di Apurva Kempinski, isi dan perlengkapan kamar, sampai cara menggunakan smart toilet (closet) yang canggih. Termasuk tidak menyimpan barang-barang berharga seperti handphone atau dompet di area pool/teras, karena wilayah Nusa Dua masih sering terlihat monyet berkeliaran. Tapi tidak usah khawatir, keamanan dan kenyamanan sudah pasti terjamin.

Begitu memasuki kamar, pihak hotel sudah menyiapkan sweet threats seperti cokelat, macarons, buah-buahan, dan juga aneka kue kampung khas Indonesia. Selain itu juga kami mendapat greeting card dari General Manager yang menambah kesan personal dan emosional.

Cliff Private Pool Junior Suite

Cliff Private Pool Junior Suite

Di dalam kamar terdapat furniture kayu berkualitas tinggi dan eksotis, kain lokal dan motif khas Indonesia juga menciptakan suasana bersahaja dan mewah, sementara pemandangan taman tropis dan lanskap sekitarnya bisa kita nikmati melalui jendela panorama yang lebar. Bagi yang ingin melihat pemandangan laut dari kamar untuk kategori junior suite bisa mencoba tipe Cliff Private Pool Ocean Junior Suite, dan Ocean Front Private Pool Junior Suite.

Fasilitas di kamar pun sangat lengkap, mulai dari Smart LED TV, tea & coffee maker (menggunakan capsule coffee), lemari pakaian, wastafel ganda, bathtub dan shower yang terpisah, meja kerja, brankas, setrika dan sebagainya. Amenities di sini pastinya sangat mewah termasuk semua yang ada di dalam kamar mandi.

Pengalaman tidur di suite ini sangat menyenangkan, kami bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman karena kasur serta pelengkap lain dibuat dan dipilih dengan kualitas terbaik. Suasana sekitar kamar pun sangat tenang begitu pula di dalam kamar tidak ada suara-suara yang mengganggu.

Selain layout kamar yang sangat sangat diperhatikan, penempatan lampu-lampu juga tertata dengan baik sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan kita. Penyangga TV juga dibuat fleksibel sehingga bisa diatur dari sudut mana kita ingin menonton. Selain dilengkapi beragam channel, di TV juga sudah disiapkan menu interaktif untuk melihat resort map sampai menu makanan/minuman di setiap restoran. Jadi kita tidak perlu khawatir tersesat di resort yang sangat luas ini.

Cliff Private Pool Ocean Junior Suite

Cliff Private Pool Ocean Junior Suite

Pengalaman mandi pun terasa mengesankan dengan adanya bathtub dan shower yang terpisah, dilengkapi shampo dan sabun wangi dan lembut di kulit. Di dalam kamar mandi juga sudah disiapkan sepasang bath robe dan handuk utama serta handuk kecil lainnya. Di samping bathtub terdapat jendela dengan view menghadap ke private pool dan kita bisa bisa melihat tanaman-tanaman di luar. Selain itu juga disediakan sea salt yang wangi, jadi kita bisa berendam dengan lebih rileks.

Kemewahan di suite ini adalah salah satu hal yang paling menyenangkan dan tak terlupakan, seperti kata L’Wren Scott: “Luxury is a state of mind!”

Extraordinary Dining Experience

The Apurva Kempinski Bali memiliki 8 restoran dan bar yang menawarkan berbagai pilihan kuliner. Hidangan pesisir dari seluruh nusantara ditawarkan di Koral, restoran akuarium ikoniknya, sementara cita rasa Jepang di Izakaya by OKU (cabang dari restoran OKU pemenang penghargaan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta). Untuk menikmati Chinese foods kita bisa ke Bai Yun. Di lantai tertinggi resort, para tamu bisa menikmati suasana artistik sambil melihat pemandangan resort serta menikmati minuman beralkohol premium dan cerutu di L’atelier oleh Cyril Kongo.

Di lobi, Selasar Deli menyajikan minuman seperti kopi luwak spesial dan tonik herbal jamu; live cooking dengan cita rasa lokal dan internasional ada di Pala Restaurant & Rooftop Bar; dan santapan santai tepi pantai di Reef Beach Club. Para tamu juga bisa mencicipi berbagai minuman menyegarkan di tepi kolam renang dengan adanya Kubu Pool Bar.

Kami mencoba lunch di Koral, restoran ikonik Apurva Kempinski dan merupakan restoran akuarium pertama di Bali. Dipimpin oleh Chef Jean-Baptiste Natali (Michelin-starred), Koral menggabungkan produk-produk segar dan musiman serta menyediakan masakan modern dengan sentuhan unik.

Lebih dari sekadar restoran, Koral menawarkan pengalaman bistronomik yang lengkap, memadukan santapan lezat, suasana santai dikelilingi akuarium yang jernih dengan berbagai ikan di dalamnya, plus latar musik yang menenangkan.

Koral menyuguhkan artisanal set menu dan signature degustation menu dengan harga mulai dari IDR 1,050,000++ per adult (food only) & IDR 550,000++ per child (lunch only) untuk regular table, dan IDR 3,000,000++ per couple untuk tunnel tables. Kami menikmati hidangan elegan yang terinspirasi dari cita rasa pesisir Indonesia dan dibuat dari bahan-bahan lokal.

Koral Restaurant

Koral Restaurant yang ikonik

Jika ingin berkunjung ke Koral, kita perlu reservasi terlebih dahulu. Selain itu kita tidak boleh mengambil foto/video di luar area meja kita demi kenyamanan dan privasi pengunjung lain. Sekarang Koral sudah dibuka untuk lunch dan dinner, serta hanya dibolehkan membawa anak kecil pada jam makan siang saja.

Untuk breakfast, favorit kami di Pala Restaurant karena terdapat area outdoor dan rooftop yang pas buat menikmati sarapan lezat sambil terpapar sinar matahari pagi. Tempat dinner favorit kami adalah Izakaya by OKU dengan makanan Jepang yang authentic dan unik-unik, juga cocktails yang diracik langsung di meja kita. Selain itu, kami juga suka Reef Beach Club karena ada area outdoor, sangat cocok bagi perokok yang ingin makan malam atau cuma sekadar hangout dan minum-minum sambil menikmati suara deburan ombak. Di sini juga ada live music buat yang butuh hiburan sambil melihat laut di malam hari.

L_Atelier

Bagi penikmat cigar dan suasana urban yang artistik, kami rekomendasikan hangout di L’atelier oleh Cyril Kongo. Selain bisa menikmati pemandangan laut dan melihat taman, dan bangunan Apurva Kempinski dari atas, kita juga bisa melihat karya-karya seni para seniman grafiti.

Bai Yun hadir bagi yang mencari Chinese foods, di sini kita bisa mencoba pengalaman makan hot pot dan dim sum. Selain itu juga ada live seafood yang segar dengan aneka makanan laut yang dikukus dengan berbagai pilihan saus.

Relaxing Luxury Spa

Menghadap ke laut, Apurva Spa adalah tempatnya relaksasi, perawatan tubuh dan kecantikan yang terinspirasi dari kearifan Jawa dan Bali. Filosofi tersebut didasarkan pada pepatah kuno ‘rupasampat wahyabiantara’: kecantikan sejati didapat bila kecantikan lahiriah selaras dengan kecantikan batin.

Salep tradisional, ramuan lulur dan rempah-rempah diracik khusus untuk membantu mencapai kecantikan luar, sedangkan aktivitas seperti yoga dan meditasi akan membuka jalan menuju keharmonisan dan keseimbangan batin.

Perawatan di Apurva Spa dibuat khusus untuk setiap tamu berdasarkan empat tahap kehidupan: remaja, dewasa, menikah, dan pasca dewasa, dengan berbagai jenis minyak dan lulur yang dipilih tergantung pada kebutuhan individu. Selain itu, sebelum perawatan kita akan melakukan konsultasi singkat dengan terapis agar bisa mendapatkan perawatan tubuh yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Apurva Spa

Apurva Spa

Selain konsultasi dan bahan-bahan tradisional, salah satu keunikan Apurva Spa adalah kita akan memulai tahapan treatment dengan sound healing menggunakan singing bowl. Sebenarnya terapi suara merupakan salah satu ‘cabang’ dari yoga, dan termasuk dari meditasi atau Dhyana. Sound healing memanfaatkan bebunyian dalam frekuensi tertentu untuk membantu menyeimbangkan energi dalam tubuh. Terapi ini berpengaruh pada psikologis, neurologis, tetapi tak langsung terasa pada perubahan fisik.

Pengalaman spa membuat kita seakan menjadi seorang raja/ratu dari kerajaan zaman dulu, baik dari teknik perawatan, bahan tradisional, suasana sampai beberapa alat yang digunakan.

“Beauty isn’t about having a pretty face it’s about having a pretty mind, a pretty heart, and a pretty soul.”
– Unknown

Untuk Pilates dipandu oleh pakar kesehatan dan menggunakan V2 Max Plus Reformer untuk memperkaya otot inti dan menyempurnakan postur tubuh. Mulai dari IDR 350,000 per pax untuk 60 menit sesi sharing yang terdiri dari 3 orang.

Di lantai sama juga terdapat Fitness Center yang dilengkapi serangkaian peralatan kebugaran modern untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kita.

Menurut Melody Siagian (Director of Marketing & Communication), yang datang ke fitness center bukan hanya tamu hotel, tapi juga pengunjung biasa. Mereka menjadi member untuk mendapatkan experience yang berbeda. Khusus member, kita tidak hanya bisa menikmati fasilitas fitness, tapi  juga bisa makan & minum-minum di resto, kafe, dan bar dengan mendapatkan potongan harga, ataupun hanya sekadar ingin keliling menikmati dan mengagumi ‘seni’ dari The Apurva Kempinski Bali setelah berolahraga.

Memorable & Unique Experience

The Apurva Kempinski Bali bukan sekadar hotel & resort untuk stay bersama keluarga atau kerabat, tapi juga untuk merasakan pengalaman yang unik dan menarik. Kita bisa melihat dan merasakan keindahan seni, tradisi serta keberagaman budaya Indonesia dalam satu tempat secara bersamaan. The Apurva Kempinski Bali merupakan salah satu hotel & resort yang kreatif dan inovatif karena tak sekadar tawarkan tempat tidur, tapi juga experience.

Apurva Kempinski Bali Lobby Ambassadors

Lobby Ambassadors

Salah satu keberagaman budaya yang kami rasakan waktu berkunjung adalah dengan adanya lobby ambassadors yang mengenakan ‘Baju Bodo’. Baju bodo adalah pakaian adat suku Bugis-Makassar dan merupakan salah satu pakaian adat tertua di dunia dan diwariskan secara turun temurun. Baju Bodo dipakai perempuan Bugis-Makassar sebagai pakaian kebesaran dalam setiap acara seperti upacara pernikahan maupun untuk menari di berbagai festival.

Selain merasakan visual experience bisa melihat seperti apa itu Baju Bodo, kami juga menikmati minuman khas Sulawesi Selatan, Sarabba. Sarabba atau saraba merupakan minuman tradisional yang identik dengan aroma dan rasanya yang sedikit spicy. Minuman ini sudah ada sejak lama dan turun-temurun dikenal sampai ke pelosok desa. Biasanya disajikan saat acara kumpul-kumpul di malam hari, misalnya saat persiapan pesta karena Sarabba mengandung rempah-rempah seperti jahe, serai, cengkeh, serta campuran gula merah dan santan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

The Apurva Kempinski Bali

The Apurva Kempinski Bali

The Apurva Kempinski Bali memiliki cara unik dan menyenangkan untuk memperkenalkan seni, tradisi dan budaya Indonesia dengan sangat baik. Tema dan keberadaan lobby ambassadors ini sangat menarik dan akan berganti tiap beberapa waktu dengan adat dan budaya daerah lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan beragam suku dan budaya, di tempat ini kita bisa melihat dan merasakan keberagaman tersebut.

Tiga malam di sini kami tidak keluar area resort karena semua sudah tersedia dalam satu tempat. Kunjungan berikutnya kami akan mencoba lebih banyak aktivitas menarik lainnya di resort yang sangat megah ini.

Awalnya kami berpikir akan kebingungan menelusuri resort, tapi pada hari kedua kami sudah mulai terbiasa dan sangat menikmati berkeliling sambil ‘mengagumi’ semua yang ada di sini. Baik mengagumi seni dan budaya Indonesia melalui arsitektur dan interior rancangan orang Indonesia, juga mengangumi alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. The Apurva Kempinski Bali adalah inspirasi dan wajah Indonesia dalam balutan kemewahan.

Perfect Days Perfect Days

Perfect Days: Slow Living & Komorebi

Entertainment

Luigi's Hot Pizza Luigi's Hot Pizza

Luigi’s Hot Pizza: Pizza Rave Pertama di Bali

Lifestyle

byrd house bali byrd house bali

Byrd House Bali: Pengalaman Kuliner Sempurna Berpadu Dengan Suasana Eksotis

Lifestyle

Bali Dynasty Resort Bali Dynasty Resort

Bali Dynasty Resort: Destinasi Populer Bagi Keluarga di Tepi Pantai Kuta Selatan

Lifestyle

Connect