Connect with us
The 8th Night Review

Film

The 8th Night Review

Memberikan sentuhan horror original khas film horror Asia.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The 8th Night merupakan salah satu film horror asal Korea Selatan yang baru saja dirilis di Netflix bulan Juli ini. Kim Tae-hyung sebagai penulis sekaligus sutradara dalam film ini membawa kisah yang vibe-nya mirip dengan salah satu film horror terkenal asal Korea Selatan, yaitu The Wailing (2016).

Sesuai dengan label genre yang ada di Netflix, The 8th Night mampu memunculkan kengerian, ketakutan, dan kemuraman, walaupun tidak terlalu banyak scene horror di dalamnya. Kim Tae-hyung menunjukkan sisi mencekam dalam film ini melalui campuran unsur kultus dan magis dalam kisahnya.

10 Rekomendasi Film Netflix Terbaru (Juli 2021)

The 8th Night

Memberikan Kengerian yang Pas

Cerita dimulai dari kisah legenda mitos seorang iblis yang ingin membuka gerbang neraka untuk membuat manusia menderita, namun Sang Buddha menghentikan iblis tersebut. Sang Buddha mengambil sumber kekuatan iblis itu, yaitu sepasang mata hitam dan mata merah. Kedua mata tersebut tidak boleh bersatu di malam ke-8 karena akan berakibat buruk bagi kehidupan umat manusia.

Namun, keteledoran seseorang membuat salah satu mata iblis terbebas dan mengakibatkan permasalahan di muka bumi. Bangkitnya mata iblis tersebut membuat biksu muda Cheong-seok (Nam Da-reum) ditugaskan oleh gurunya untuk mencari mantan biksu Park Jin-soo (Lee Sung-min) yang tinggal di Kota Daegu. Park Jin-soo adalah salah satu biksu yang dulunya ditugaskan untuk menjadi penjaga dari kedua mata iblis.

Bangkitnya mata merah iblis menyebabkan terjadinya beberapa kasus penemuan mayat-mayat misterius di Kota Daegu. Kim Ho-tae (Park Hae-joon) sebagai detektif diminta untuk menyelidiki siapa yang membunuh para korban. Mirip seperti tokoh pada film-film horror lainnya, Kim Ho-tae adalah salah satu contoh tokoh yang skeptis dengan hal-hal berbau mistis.

Sinematografi yang mencekam sudah disuguhkan sejak film dimulai. Seperti kebanyakan film horror, scene mengerikan banyak terjadi pada malam hari. Scene yang menunjukkan langit yang selalu mendung ditambah beberapa bunyi-bunyian aneh dan misterius juga menambah rasa chilling saat menyaksikan film ini. The 8th Night tidak menunjukkan banyak makhluk mistis, namun tetap bisa membuat penonton bergidik ngeri karena atmosfer yang diberikan.

The 8th Night Review

Penonton Diajak untuk Memecahkan Teka-teki

Selain dibuat ketakutan, The 8th Night juga membuat penonton menduga-duga apa yang sebenarnya terjadi pada setiap karakter dalam film ini. Contohnya seperti sosok perempuan muda bernama Ae-ran (Kim Yoo-jung) yang beberapa kali muncul secara misterius. Apakah Ae-ran tokoh protagonis atau tokoh antagonis? Pertanyaan tersebut akan terjawab di menit-menit terakhir.

Selain tokoh Ae-ran yang penuh teka-teki, ternyata hubungan biksu muda Cheong-seok dan Park Jin-soo juga menyimpan teka-teki. Namun, sayangnya misteri hubungan mereka berdua rasanya terlalu sedikit dibahas, sehingga tidak membuat penonton penasaran, bahkan cenderung melupakan kisah hubungan Cheong-seok dan Park Jin-soo yang padahal penting untuk memecahkan teka-teki lainnya dalam film ini.

Chemistry Nam Da-reum dan aktor senior Lee Sung-min terasa sangat natural dalam film ini. Nam Da-reum memerankan Cheong-seok yang kikuk dan polos, sedangkan Lee Sung-min memerankan Park Jin-soo yang dingin dan keras. Cheong-seok memberikan sedikit aspek komedi, sedangkan Park Jin-soo mengembalikan kembali atmosfer mengerikan. Keduanya memberikan keseimbangan dalam film ini.

Selain kedua aktor tadi, Park Hae-joon yang terkenal dari serial The World of The Married (2020) juga menambah greget cerita dalam film ini. Perannya sebagai detektif Kim Ho-tae mewakilkan sifat manusia yang skeptis dan cenderung teledor, sehingga mudah diperdaya oleh kekuatan mistis. Aktris terkenal Kim Yoo-jung juga muncul sebagai tokoh Ae-ran. Walaupun tidak banyak dialog yang muncul, Kim Yoo-jung tetap mampu menunjukkan kesan misterius melalui tokohnya tersebut.

Secara keseluruhan, The 8th Night merupakan film horror dengan plot cerita yang menarik. Cerita yang penuh misteri, menakutkan, namun tetap membuat kita penasaran dan membuat film ini sangat cocok dinikmati para penggemar genre horror, khususnya film horror dari Asia. The 8th Night sudah tayang di Netflix sejak tanggal 2 Juli lalu.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect