Connect with us
Sabar Ini Ujian Film
MD Pictures

Film

Sabar Ini Ujian Review: Menyenangkan dan Sarat Makna

Hotstar Originals pertama yang berhasil memberikan drama penuh makna di balik muatan fiksi ilmiahnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Disney+ Hotstar adalah salah satu layanan VOD terbaru yang muncul di Indonesia. Sebelum peluncurannya, layanan ini menjadi populer karena ragam konten original-nya yang menarik. Di antaranya adalah Sabar Ini Ujian, yang digadang-gadang sebagai film pertama dengan elemen time loop di Indonesia.

Sabar Ini Ujian merupakan film terbaru dari MD Pictures yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Ia dikenal dengan ragam filmografinya, seperti Warkop DKI Reborn generasi pertama dan seri Comic 8.

Sabar Ini Ujian Review

Film bertema drama fiksi ilmiah ini dibintangi oleh berbagai aktor dan aktris kenamaan ibukota, seperti Vino G. Bastian, Ananda Omesh, Estelle Linden, hingga Adi Kurdi dalam peran terakhirnya. Sabar Ini Ujian berkisah tentang Sabar (Vino), seorang bujangan yang menghadiri pernikahan Astrid, mantannya. Akan tetapi, keesokan harinya ia harus menjalani hari yang sama dan berusaha untuk menemukan jawaban atas apa yang menimpanya.

Time Loop yang Memperkuat Narasi

Karena membawa time loop sebagai penggerak cerita, penonton akan diperlihatkan berbagai kejadian yang kurang lebih sama sepanjang film. Namun inilah yang justru membuat kisah Sabar menjadi menarik.

Kehadiran time loop ini juga bukan tanpa alasan. Elemen tersebut berfungsi cukup efektif untuk memperlihatkan bagaimana Sabar berusaha mencari jalan keluar dalam masalah yang menimpanya. Elemen fiksi ilmiah dalam setiap iterasinya memberikan makna tersendiri. Ini sekaligus membuat Sabar terlihat berproses dan menjadikannya sebagai karakter multidimensi.

Walaupun begitu, time loop yang diusung tetap memiliki kekurangan. Hal tersebut dikarenakan minimnya informasi dalam penceritaan, terutama terkait bagaimana time loop tersebut berjalan. Seakan time loop di film ini hanya muncul sebagai wadah dimana Sabar dipermainkan sampai akhirnya menemukan jalan keluarnya sendiri.

Deretan Karakter yang Penuh Makna

Selain Sabar, ada beberapa karakter lain yang membantu mendukung cerita dari Sabar. Mereka memiliki karakteristiknya masing-masing yang bahkan bisa menjadikannya mudah dipahami oleh penonton.

Karakter-karakter tersebut juga berpengaruh dan diberikan beberapa backstory yang berkaitan dengan Sabar. Poin ini menjadikan para karakter terlihat memiliki porsi yang pas dalam penceritaan.

Sebagai pemeran utama, Vino G. Bastian berhasil memperlihatkan kelihaiannya dalam berakting. Memerankan Sabar menuntutnya untuk menampilkan cakupan emosi yang luas dan Vino dapat mengeksekusinya dengan lancar. Selain Vino, para pemeran pendukung juga terlihat sudah mampu membawa karakter mereka dengan baik. Salah satunya yang paling menonjol adalah Ananda Omesh dan Estelle Linden dengan performanya yang menawan.

Teknis dan Komedi yang Cukup Oke

Anggi Umbara terkenal dengan filmnya yang sarat akan ragam efek bombastis dan hiperbola di beberapa judul. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada Sabar Ini Ujian. Film ini tampil penuh warna nan menyegarkan sehingga penonton tidak akan bosan ketika menonton. Ini juga didukung pula dengan set design yang terlihat modern dan bakal memuaskan para penonton.

Walaupun nampak sepele, scoring pun tetap diperhatikan. Penggunaan beat-nya mampu membangun rasa pada sebagian besar adegan. Jadi tidak akan ada kejadian suara latar yang tidak sesuai dalam setiap adegan Sabar Ini Ujian.

Sabar Ini Ujian bisa dibilang dieksekusi dengan baik berkat bantuan punggawa Majelis Lucu Indonesia, seperti Gian Luigi di kursi penulis naskah dan duo Rigen Rispo sebagai pemerannya. Tak heran jika berbagai adegan di dalamnya mampu mengundang gelak tawa penonton.

Sebagai film pertama di Indonesia yang mengusung elemen time loop, Sabar Ini Ujian berhasil memberikan rasa baru dalam perfilman Indonesia. Dibarengi dengan berbagai elemen pendukung dan narasi yang kuat, film ini wajib masuk daftar tonton terkini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect