Connect with us
Rekomendasi film stoner
Dazed and Confused (1993)

Cultura Lists

Rekomendasi Stoner Movies

Film tentang ganja yang tujuannya bikin ketawa.

Stoner movie mungkin bukan subgenre yang cukup populer. Ini adalah subgenre komedi yang fokus pada ganja. Jalan ceritanya terinspirasi dari ganja. Bagaimana orang bersenang-senang dengan ganja hingga kasus soal penyelundupan ganja tapi bukan dari sisi kriminalnya.

Film semacam ini buat sebagian orang mungkin terlalu absurd dan adegannya malah menyebalkan. Tapi tentu stoner movie memiliki basis peminatnya sendiri.

Smiley Face (2007)

Jane adalah seorang yang tidak ambisius dalam berkarir. Ia menikmati hidupnya dengan mengisap ganja. Suatu hari ia membuat kesalahan dengan memakan sepiring cupcake yang layernya mengandung ganja. Ia menyadari bahwa ganja itu bisa bermanfaat dan membuatnya lebih bersemangat dalam mengerjakan banyak hal.

Sebenarnya film ini banjir pujian dan banyak yang merasa benar-benar terhibur menontonnya. Tapi industri hiburan kala itu masih tak biasa melihat perempuan menjadi peran utama dalam stoner movie sehingga pendapatannya anjlok.

The Big Lebowski (1998)

Jeffrey “The Dude” Lebowski adalah seorang lajang paruh baya yang menyukai ganja dan bowling. Ia diserang oleh dua orang penajaht yang mengira kalau ia adalah Jeffrey Lebowski si milyuner. Ternyata motif penyerangan itu adalah menagih utang dari istri sang milyuner. Sang istri lalu diculik. Si milyuner pun mengirim The Dude untuk menyerahkan uang tebusan.

Kritikus memberikan penilaian beragam mengenai film ini. Meski karakter-karakter di dalamnya cukup nyentrik nyatanya The Big Lebowski memiliki fanbasenya sendiri.

Dazed and Confused (1993)

Film remaja ini dibintangi aktor dan aktris yang di kemudian hari memiliki nama besar seperti Ben Affleck, Milla Jovovich, Renee Zellweger, dan Matthew McConaughey. Berkisah tentang hari terakhir di sekolah ketika para senior mengerjai anak-anak baru. Karena lelah dikerjai para anak baru membuat rencana balas dendam. Mereka tak hanya terlibat konfrontasi tapi juga menemukan cinta, persahabatan, dan ganja.

Quentin Tarantino menyebut Dazed and Confuse sebagai 10 besar film terbaik sepanjang masa.

True Romance (1993)

Alabama adalah seorang pekerja seks yang disewa sebagai hadiah ulang tahun untuk Clarence. Mereka justru jatuh cinta dan menikah. Clarence berhalusinasi bahwa Elvis Presley menyuruhnya untuk membunuh germo yang mempekerjakan Alabama.

Setelah itu, ia membawa Alabama pergi dari rumah bordil beserta tas yang ia kira adalah barang-barang pribadi sang istri. Ketika Alabama dan Clarence memeriksa tas tersebut, ternyata isinya adalah narkoba. Film ini disebut sebagai salah satu yang terbaik di era 90-an walau gagal di pasaran.

Harold And Kumar Go To White Castle (2004)

Harold Lee dan Kumar Patel memutuskan untuk pergi ke restoran fast food White Castle. Tapi karena dalam keadaan mabuk ganja, mereka justru tersandung berbagai hal tak terduga. Contohnya Kumar yang dikira sebagai kakaknya (yang seorang dokter) diminta untuk melakukan operasi. Dan anehnya operasi tersebut berhasil.

Sementara itu ketika berkendara, Kumar melihat perempuan yang ditaksir Harold. Saat akan membantu agar Harold bisa ngobrol dengan pujaan hatinya, mobil mereka tabrakan. Karena sukses ada dua film lainnya yang masih mengangkat kisah tentang duo ini.

High Jack (2018)

Stoner movie asal India ini menceritakan kisah calon DJ yang terjebak sebagai kurir narkoba. Ia begitu takut untuk tertangkap polisi dan merasa paranoid selama dalam penerbangan. Namun ternyata masalah yang menghampirinya jauh lebih mengkhawatirkan. Pesawatnya dibajak oleh empat sekawan yang kecewa pada perusahaan dan ingin balas dendam.

Tak hanya takut ditembak, ia juga harus menghadapi penumpang-penumpang pesawat yang menyebalkan dan terutama seorang bibi genit yang senang menyentuh. High Jack tak hanya menciptakan kisah yang absurd tapi juga berusaha membawakan komedi satir dengan mengangkat isu-isu sosial.

This Is The End (2013)

Salah satu keunikan dari film ini adalah ide penulis skenarionya bahwa para pemeran adalah aktor dan aktris yang memerankan diri mereka sendiri dalam versi lebay-nya. Kisahnya tentang para artis yang sedang berpesta di rumah James Franco.

Sebuah gempa besar terjadi dan menghancurkan sebagian besar Los Angeles. Lubang besar tercipta di halaman rumah Franco dan para tamu mati. Tamu yang selamat menduga bahwa apa yang terjadi sesuai dengan yang diramalkan dalam Injil. Ada banyak scene-scene yang sungguh ajaib yang melibatkan setan dan surga.

Idle Hands (1999)

Film ini berkisah tentang seorang remaja penghisap ganja, Anton Tobias, yang kerasukan dan terdorong membunuh. Ketika ia membunuh dua temannya, mereka justru tidak mau pergi ke surga dan malah pergi ke kuburan untuk bangkit kembali.

Sementara itu seorang pendeta perempuan memburu roh yang bertanggung jawab atas pembunuhan di seantero negeri. Karena tangannya terus membunuh Anton pun memotongnya. Namun tangan itu tetap bergerak sendiri dan mencari mangsa.

Bill And Ted’s Excellent Adventure (1989)

Kisahnya tentang peradaban manusia di tahun 2688. Sebuah negeri yang utopia di mana masyarakat mendapatkan inspirasi dari musik dan kebijaksaan Two Great Ones yaitu Bill dan Ted.

Agar memastikan masa depan tidak berubah, masa lalu keduanya harus dijaga tetap sama. Keduanya tidak boleh gagal di mata pelajaran sejarah di tahun 1988. Karena itu seseorang bernama Rufus dikirim dengan mesin waktu ke masa lalu untuk memastikan sejarah tetap berjalan sebagaimana mestinya. Rencananya setelah terakhir rilis pada 1991, sekuel berikutnya rilis tahun ini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect