Connect with us
Rekomendasi Film Dokumenter Tentang Sains
Our Planet (2019) | Netflix

Cultura Lists

Rekomendasi Film Dokumenter Tentang Sains

Sebenarnya penjelasan suatu fenomena menggunakan sains bisa menarik melalui dokumenter.

Malas baca berita? Bosan lihat berita pandemi? Kadang, informasi menjadi lebih sulit dicerna dalam bentuk tulisan ataupun wawancara live di TV. Apalagi kalau informasinya betul-betul berat.

Nah, mungkin pilihan yang bisa ditempuh adalah menikmati film dokumenter. Walaupun ini bukan film fiksi yang dikemas untuk menghibur, film dokumenter tetap memiliki banyak peminat. Terutama bagi orang-orang yang merasa informasi lebih mudah dicerna bila disampaikan dalam sebuah karya film.

Betting On Zero (2016)

Ini adalah dokumenter yang memotret sisi gelap dari sebuah perusahaan suplemen terkenal di dunia. Produk ini juga banyak ditemukan di Indonesia. Dokumenter ini menunjukkan betapa berbahayanya kita percaya pada pada klaim mengenai suatu hal yang too good to be true. Apalagi yang dipasarkan menggunakan metode MLM. Produk semacam ini bukannya fokus pada penjualan produk ataupun jasa tapi malah pada perekrutan SDM.

Our Planet (2019)

Mau mendengar narasi khas yang memikat dari David Attenborough? Kita bisa menikmatinya melalui dokumenter tentang alam satu ini. Namun bila biasanya kita mendengarkan suara David dengan pemandangan indah dan hewan-hewan lucu, kini hal itu tidak ditemukan dalam Our Planet. Kita malah sengaja dibuat tidak nyaman dengan fakta-fakta mencengangkan. Misalnya bagaimana hutan-hutan dihancurkan dan dimanfaatkan untuk usaha lain atau kematian hewan-hewan akibat ulah manusia.

Coronavirus, Explained (2020)

Dibanding mendengarkan ocehan figur publik tentang teori konspirasi di balik virus corona, sebaiknya kita menonton dokumenter ini. Jelas lebih valid dan kredibel. Sesuai judulnya ini akan menjelaskan berbagai hal mengenai virus corona dengan narasumber orang-orang pakar. Banyak yang memuji dokumenter ini karena dapat memberikan penjelasan yang baik sekaligus bisa dipahami oleh awam.

The Inventor: Out Of Blood in Silicon Valley (2019)

Theranos adalah perusahaan yang mengaku menemukan teknologi yang dapat merevolusi tes darah. Bila selama ini kita butuh setetes darah untuk mengetes kadar kolesterol, misalnya, Theranos menjanjikan setetes itu dapat mengetes apapun yang ada di tubuh kita. Namun anehnya bukannya sibuk mempromosikan bagaimana teknologi itu bekerja, Theranos malah fokus pada hal-hal yang kurang penting. Seperti marketing, promosi, penamaan, hingga mengelola media dalam membuat pemberitaan.

The Great Hack (2019)

Bagaimana kalau demokrasi dicurangi? Oh tentu kecurangan dalam politik bukan hal baru. Tapi bagaimana kalau hal ini dijelaskan secara gamblang dalam dokumenter mengenai kasus di berbagai negara? Salah satunya dalam pemilu yang melibatkan Trump dan memenangkannya sebagai presiden Amerika. Ternyata manipulasi politik muncul tanpa kita sadari.

The Great Hack Review

Icarus (2017)

Sebuah investigasi dilakukan mengenai penggunaan dopping dalam pertandingan olahraga. Hasilnya, ternyata sistem yang selama ini digunakan untuk mendeteksi penggunaan dopping oleh seorang atlet ternyata kurang bagus. Tentu saja ahli yang menyadari hal ini ada kemungkinan akan dibungkam oleh penguasa. Terbukti ada negara yang membantu atletnya untuk mengganti sampel agar lolos dari deteksi penggunaan dopping.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect