Connect with us
Bagaimana Mengoptimalkan Route untuk Film Streaming

Entertainment

Mengoptimalkan Router untuk Streaming Film

7 cara yang bisa dicoba dalam mengoptimalkan router kita.

Menonton film secara streaming saat ini sudah menjadi pilihan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Namun, tentunya kita perlu kecepatan internet yang memadai untuk mendukung menonton film secara lancar, tanpa ada gangguan. Untuk itu, kita perlu mengoptimalkan router yang ada di rumah atau kantor supaya bisa bekerja lebih baik dan maksimal dalam menyediakan jaringan internet yang stabil.

Berikut tujuh cara yang bisa dicoba dalam mengoptimalkan router kita untuk mendukung kegiatan menonton film favorit secara streaming.

1. Uji Kecepatan Internet

Sebelum mengoptimalkan router, alangkah baiknya jika kita menguji terlebih dahulu kecepatan internet untuk melihat apakah layanan internet kita mendukung video secara streaming. Kecepatan apa pun di atas 5 Mbps akan cukup baik untuk kualitas video HD, meskipun kecepatan lebih dari 10Mbps juga tentunya akan lebih baik.

2. Buatlah Router Lebih Cepat dengan Antena Baru

Tentunya salah satu cara termudah untuk membuat router bekerja lebih cepat adalah dengan membeli antena yang baru. Antena ini merupakan cara simpel untuk meningkatkan kualitas sinyal yang akan berpengaruh pada peningkatan kecepatan jaringan internet tanpa perlu sebuah perangkat yang baru. Alat ini juga tidak mahal, di pasaran harganya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1.500.000.

3. Nonaktifkan Protokol Nirkabel yang Lama

Bagaimana cara mengoptimalkan pengaturan router untuk kecepatan internet di rumah? Salah satu cara utama yang bisa kita pertimbangkan adalah dengan mematikan protokol-protokol nirkabel yang lama.

Router-router yang lebih baru menggunakan protokol 802.11ax yang akan menawarkan kemampuan melebihi banyak tawaran layanan ISP. Sementara router itu mungkin saja cepat, namun banyak dari perangkat kita mungkin menggunakan protokol yang lama seperti 802.11b yang tentu akan memperlambat keseluruhan jaringan saat perangkat ini terhubung.

Idealnya, kita harus menghilangkan perangkat apa pun yang menggunakan protokol b atau g. Silakan ganti dengan protokol yang paling cepat, dari urutan yang paling cepat hingga yang paling lambat yaitu ax>ac>n>g>b.

4. Jadikan Router Tetap Update

Salah satu cara yang paling sering diabaikan untuk memaksimalkan kecepatan router adalah dengan memastikan router kita selalu menjalankan software dan firmware paling baru dari pabrik pembuatnya. Tentu saja, update ini pada umumnya terkait dengan hal peningkatan keamanan, namun ternyata akan berpengaruh cukup baik pada kecepatan router. Jika kita memiliki router Totolink, kita bisa membuka 192.168.100.1 untuk memperbarui firmware router tersebut.

5. Bereksperimen dengan Lokasi Router

Ini tidak hanya mengenai penemuan pengaturan router terbaik untuk internet yang cepat. Kita juga perlu mempertimbangkan di mana seharusnya menempatkan router di dalam rumah..

Alasannya adalah router kita akan bersaing dengan setiap perangkat elektronik di area rumah, dan pergerakan yang kecil pun seringkali dapat memberikan perbedaan. Selain itu, bahan bangunan di rumah bisa jadi mengganggu sinyal nirkabel. Sebagai contoh, dinding yang keras dan padat akan menyulitkan koneksi Wi-Fi untuk lewat.

6. Batasi Jumlah Pengguna yang Mengakses Layanan Internet

Salah satu cara termudah lainnya adalah dengan cara membatasi jumlah para pengguna yang menggunakan jaringan Wi-FI di rumah. Meskipun kita berlangganan layanan internet broadband dengan kecepatan yang baik, namun banyaknya orang yang menggunakan internet kita seringkali akan dapat memperlambat koneksi internet. Dengan begitu, kita tidak bisa menonton film-film streaming dengan lancar.

7. Miliki Router Dual Band Terbaru

Router nirkabel dual band akan menyediakan dua jaringan yang berbeda, yaitu pada 2,4 GHz, dan 5 GHz yang lebih cepat yang dioptimalkan untuk menonton konten media secara streaming. Router dual band dengan jangkauan yang bagus tentu saja akan meningkatkan pengalaman streaming pada perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan kita.

Selain itu, router semacam ini akan menghadirkan teknologi yang dikenal dengan beamforming yang dapat mengoptimalkan koneksi antara router dan perangkat.

Isu Kemanusian dalam Blade Runner 2049

Entertainment

Pentas Teater Orang-Orang Berbahaya Pentas Teater Orang-Orang Berbahaya

Orang-orang Berbahaya: Membongkar Kesalahan Masa Lalu Lewat Penyelidikan Detektif

Stage

The Dark Knight Rises The Dark Knight Rises

The Dark Knight Trilogy: Perjalanan Epik Batman dalam Tiga Babak

Entertainment

Mia Goth "Pearl" (Cr. A24) Mia Goth "Pearl" (Cr. A24)

Mia Goth, Perempuan ‘Sinting’ Baru Dekade Ini

Entertainment

Connect