Connect with us
Mengapa Mengenali Pemain Penting untuk Pengembang Game?

Games

Mengapa Mengenali Pemain Penting untuk Game Developer?

Alasan mengapa mengenali pemain itu penting bagi para developer game.

Saat ini para gamer terdiri dari berbagai kalangan usia, tidak hanya didominasi oleh anak-anak dan remaja. Bahkan tak jarang kita jumpai, banyak pegawai kantoran pun suka bermain berbagai game yang menarik dan menghibur di kala senggang mereka seperti game Solitaire

Karena itu, penting sekali bagi para pegembang/developer game untuk mengenal para pemainnya secara baik dalam mengembangkan game-game yang ingin dibuat dan dirilis. Dengan mengenal mereka, para pengembang game akan mampu menghasilkan game yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Memberikan Banyak Inspirasi

Salah satu alasan mengapa para pengembang harus mengenal para pemainnya secara baik adalah dapat memberikan inspirasi dan pengalaman bermain secara optimal kepada para pengembang. Untuk itu, para pengembang juga sebaiknya memainkan permainan-permainan itu untuk melihat mana sajakah yang perlu ditingkatkan, dan mana sajakah yang perlu dihilangkan.

Selain itu, para pengembang dapat melihat apa yang seringkali dicoba pemain dan yang belum dicoba. Inipun termasuk permainan-permainan yang simpel untuk dimainkan seperti Freecell.

Ini bisa menjadi pengetahuan yang berguna dan panduan bagi para pengembang ketika membuat game-game mereka di masa depan. Hal ini akan berarti bahwa game yang dikembangkan memiliki potensi yang berfokus pada para pemain, sehingga dapat menawarkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan dan menghibur.

Meningkatkan Keuntungan Bisnis Game

Semakin mengenali para pemain, maka semakin baik pula potensi keuntungan yang dimiliki oleh para pengembang game. Dengan mengenali para pemain secara baik, maka para pengembang dapat mengembangkan game-game sesuai dengan target usia mereka. Mereka akan lebih fokus untuk membuat game-game yang dianggap paling populer dan banyak digunakan oleh para gamer di dunia. Dengan begitu, ini akan memengaruhi tingkat penjualan game yang mereka buat sehingga akan mendongkrak keuntungan bisnis yang berlipat ganda.

Hal ini tentu harus dibarengi dengan riset yang mendalam oleh para pengembang game. Misalnya jika berdasarkan hasil riset bahwa para pemain di Asia-lah yang selama ini mendominasi pembelian game-game. Dan mereka ternyata lebih suka game-game bertemakan budaya Asia atau bahkan sejarah kuno Asia, maka para pengembang game dapat mempertimbangkan untuk membuat game-game yang menghadirkan unsur-unsur Asia yang dikhususkan untuk para pemain di Asia.

Memberikan Ide-Ide Baru yang Brilian

Jika kita sebagai pengembang game sedang mengalami waktu yang sulit dalam menjumpai ide-ide permainan, maka kemungkinan masalahnya hanya satu. Kita kemungkinan tidak terlibat pada adegan-adegan yang terdapat pada game yang ciptakan. Oleh karena itu, menjadi aktif pada komunitas game dapat benar-benar membantu secara efektif. Di tempat inilah, kita dapat mempelajari hampir segalanya, dengan memberikan pertanyaan dan mendapatkan tanggapan yang berharga dari para pemain game-game kita.

Kita perlu bergabung dengan komunitas para pemain game untuk mengenali mereka lebih mendalam, apa aspirasi dan keinginan yang mereka utarakan pada game-game besutan kita. Hal ini tentu akan membanjiri pikiran dengan ide-ide cemerlang dan baru. Ketika kita mengenali mereka, maka ide-ide akan datang secara alami dan lebih mudah.

Seperti apa yang dikatakan oleh Steve Jobs, “Kreativitas adalah dengan menghubungkan banyak hal.” Karena itu, tak heran semakin kita berinteraksi dengan para pemain, maka semakin mudah pula bagi kita untuk menghubungkan berbagai ide yang berbeda-beda dan muncul dengan sebuah konsep yang bahkan lebih unik daripada sebelumnya.

The Walking Dead The Walking Dead

Game Berdasarkan Acara TV Populer Yang Layak Dicoba

Games

Tekken: Bloodline Tekken: Bloodline

Tekken: Bloodline Review – Sajikan Animasi Martial Arts Seru Bagi Penggemar Tekken

TV

Tren & Kegagalan Adaptasi Video Game dalam Industri Film

Current Issue

Nier Automata Soundtrack Nier Automata Soundtrack

5 Rekomendasi Album Soundtrack Game Terbaik

Cultura Lists

Connect