Connect with us
Meenakshi Sundareshwar
Netflix

Film

Meenakshi Sundareshwar Review: Komunikasi Adalah Kunci

Komedi romantis khas Bollywood yang menyorot soal komunikasi dalam suatu hubungan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Suatu hari, keluarga besar Meenakshi (Sanya Malhotra) kedatangan rombongan keluarga calon suami yang berasal dari daerah lain. Keluarga besar Meenakshi pun menerima mereka dengan sopan dan sedikit canggung. Meenakshi pun lantas dipanggil ibunya agar Menakshi berbicara dengan sang calon suami.

Perbincangan dengan calon yang bernama Sundareshwar (Abhimanyu Dassani) itu mulanya berjalan canggung, namun lama-lama lumer juga. Sampai akhirnya, mereka mendapatkan kabar kalau Sundareshwar bukanlah calon suami yang ditunggu oleh keluarga besar Meenakshi. Kendati begitu, keduanya tetap dinikahkan setelah kakek dari Meenakshi menyuruh keduanya untuk tetap menikah. Bagi sang kakek, pertemuan keduanya merupakan sebuah takdir Tuhan. Dan entah kebetulan atau tidak, nama keduanya adalah nama lain dari Dewi Parwati (Meenakshi) dan Dewa Siwa (Sundareshwar).

Meenakshi Sundareshwar

Komunikasi menjadi masalah yang paling disorot di film “Meenakshi Sundareshwar” (2021). Hal itu sudah terlihat sejak menit awal film ini yang menampilkan miskomunikasi antara keluarga Meenakshi dan Sundareshwar. Persoalan itu lantas dieksplorasi lebih lanjut lewat hubungan pernikahan dua tokoh utamanya, terlebih saat Sundareshwar diharuskan jauh dari istrinya demi kepentingan pekerjaan.

Persoalan komunikasi di film ini disajikan dengan adegan-adegan romantis dan santai. Bumbu konflik masih tersaji, namun tidak membuat film ini jadi terlalu over dramatic. Layaknya film Bollywood pada umumnya, “Meenakshi Sundareshwar” juga menyajikan sejumlah adegan nyanyi sambil berjoget. Semua adegan itu disajikan lewat pilihan lagu yang danceable dan sesuai mood adegan, serta visual yang memanjakan mata. Lagu-lagu pada “Meenakshi Sundareshwar” kini sudah terhimpun dalam format album, serta mendapat banyak ulasan positif dari berbagai pihak.

Sentuhan komedi juga dihadirkan di film sepanjang 141 menit ini. Menariknya, sentuhan komedi tersebut tidak disajikan melalui jokes yang dilontarkan oleh tokoh-tokohnya, melainkan lewat momen yang disajikan di tiap adegannya. Salah satu contohnya adalah saat Meenakshi dan Sundareshwar hendak melakukan “role play”. Tak hanya masalah komunikasi, isu keluarga dan karier pun turut diangkat di film ini.

Meenakshi Sundareshwar

Semua adegan yang tersaji di film ini berhasil dipresentasikan dengan baik oleh deretan cast-nya. Sanya Malhotra dan Abhimanyu Dassani tampil baik sebagai Meenakshi dan Sundareshwar. Keduanya mampu menyajikan perkembangan hubungan suami istri itu, dimulai saat mereka berkenalan sampai masalah komunikasi di antara keduanya.

Lewat keduanya, penonton bisa melihat bahwa komunikasi adalah hal sepele, namun bisa menjadi pemicu bagi masalah-masalah lain jika tidak di-maintenance dengan baik. Keduanya juga jadi contoh soal bagaimana cara membangun komunikasi yang baik lewat cara-cara kreatif mereka. Walau tidak segemilang Sanya Malhotra dan Abhimanyu, jajaran cast lainnya tampil cukup baik sebagai comic relief untuk film ini. Mulai dari keluarga besar dari dua tokoh utama, sampai bos dan rekan kerja Sundareshwar.

Sayangnya, film ini punya kekurangan dari segi pendalaman untuk beberapa sub-plotnya. (Spoiler Alert) Salah satu contohnya adalah soal nasib Sundareshwar dan aplikasi yang ia buat, terutama setelah ia ketahuan sudah punya istri. Padahal, perusahaan tempat ia bekerja melarang karyawannya untuk punya istri ataupun suami. Di film ini tidak dijelaskan apakah ia masih dipekerjakan di perusahaannya atau tidak, serta apakah aplikasi yang ia buat berhasil dikembangkan atau malah sebaliknya. (Spoiler Ends)

“Meenakshi Sundareshwar” memang masih menawarkan formula-formula khas film Bollywood, terutama soal penyajian adegan bernyanyi dan berjoget. Namun, film ini cocok ditonton karena tak hanya menghibur, tapi juga menyajikan pesan penting soal komunikasi. Suatu hal yang dianggap sepele namun bisa memicu konflik dalam suatu hubungan, terutama hubungan antar pasangan. “Meenakshi Sundareshwar” sudah bisa disimak di Netflix.

Click to comment

The Social Dilemma The Social Dilemma

Bagaimana Netflix Telah Mengubah Trend Film Dokumenter

Current Issue

Jurassic World Dominion Jurassic World Dominion

Filosofi Dari Jurassic Park Series

Entertainment

Adam by Eve: A Live in Animation Adam by Eve: A Live in Animation

Adam by Eve: A Live in Animation Review

Film

Into The Wild Into The Wild

Into The Wild Review: Biopik Perjalanan Christopher McCandless yang Penuh Refleksi

Film

Advertisement
Connect