Connect with us
HBO Max

Film

Kimi Review: Bertahan Hidup Menghadapi Ketakutan yang Rasional dan Irasional

Sajian Thriller berkelas dari Steven Soderbergh yang penuh gaya dan kejutan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Kimi” (2022) merupakan sebuah film yang dirilis pada tanggal 10 Februari 2022 di layanan streaming HBO Max, film dengan latar belakang pandemi Covid-19 di United States ini disutradarai oleh sineas kawakan Steven Soderbergh.

David Koepp menulis naskah film ini dengan sangat megah, dimana narasi tentang kecanggihan teknologi bisa mendorong cara kerja manusia dalam memandang kehidupan.

Film dengan durasi yang terbilang cukup singkat, yaitu 89 menit ini bisa menampilkan cerita padat yang berkembang semakin mengejutkan hingga di menit-menit terakhirnya, penonton bisa jadi akan terhipnotis dengan penampilan Zoë Kravitz yang memerankan tokoh introvert, Angela Childs yang terlibat banyak aksi menegangkan.

Upaya Membongkar Kasus Kejahatan Melalui “Kimi”

Kimi adalah sebuah smart speaker yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi bernama Amygdala, Angela Childs (Zoë Kravitz) bekerja sebagai penanggung jawab untuk mengembangkan pesan-pesan kunci terbaru sehingga bisa terhubung secara otomatis dengan sistem kerja Kimi. Angela memiliki akses untuk menyaring banyak interaksi antar pengguna untuk menyempurnakan pengembangan produk.

Pada mulanya Angela hanya ditampilkan sebagai sosok introvert yang terjebak secara sukarela di apartemennya karena pandemi Covid-19, namun semakin lama sosok Angela diperlihatkan sebagai seorang penderita agoraphobia, yaitu orang yang memiliki phobia saat berada di tempat umum atau ruang terbuka, hal itu semakin membuat Angela tenggelam dalam lingkup dunia yang lebih kecil.

Namun, pada suatu waktu di sela-sela kegiatan monotonnya sebagai penyaring interaksi antar pengguna Kimi, Angela mendengar sebuah suara yang menyeramkan, rasa penasaran membawa Angela menemukan hal-hal yang tidak beres dan menyeret nama besar korporasi di dalamnya. Ada beberapa aksi senyap yang pada akhirnya disajikan sebagai bentuk cara pertahanan diri Angela dalam melawan perasaan takut dari sesuatu yang sangat besar.

Film dengan Sinematografi yang Tajam dan Stylish

Selain menjadi sutradara Steven Soderbergh juga bertanggung jawab sebagai sinematografer sekaligus editor dalam film ini, dengan memakai nama Peter Andrews sebagai sinematografer dan Mary Ann Bernard sebagai editor ia mampu memberikan sentuhan visual yang dibuat dengan banyak gaya.

Soderbergh membuat sentuhan pewarnaan tajam, setting pengambilan gambar yang di awal babak pertama hanya terbatas pada apartment saja kemudian bergeser pada sudut jalanan yang ramai, hal ini terasa kontras dan mengejutkan, tetapi perpindahannya terasa begitu halus. Film ini juga didukung dengan tata cahaya yang pas, pergerakan kamera yang dinamis dengan sentuhan editing cepat dan latar musik yang disajikan secara tepat.

Penampilan Mengagumkan dari Zoë Kravitz

Sejak mencuri perhatian lewat peran sebagai Angel Salvadore di film X-Men: First Class (2011), dan terlibat dalam produksi Divergent Series ( 2014-2016) sebagai Cristina, bakat akting dari Zoë Kravitz sudah tidak diragukan lagi. Ia bisa membuktikan bahwa bakat dan kemampuannya di bidang seni bukan hanya menumpang pada nama besar kedua orang tuanya, Lenny Kravitz dan  Lisa Bonet.

Dalam film “Kimi”, Zoë Kravitz berhasil memerankan tokoh Angela Childs dengan sangat mengagumkan, dalam paruh pertama filmnya, Angela digambarkan sebagai sosok penyendiri yang menunjukkan gejala agoraphobia, walaupun penonton hanya diberikan informasi yang minim tentang latar belakang Angela, namun dari gerak-gerik dan aktivitas Angela yang monoton, penonton seakan diberi isyarat bahwa karakter ini memiliki masalah kesehatan mental.

Steven Soderbergh juga memberikan ruang yang leluasa pada Zoë Kravitz untuk mengekspresikan wajahnya sedemikian rupa sehingga keresahan dan ketakutan yang dimainkan oleh karakter Angela bisa sampai ke perasaan penonton tanpa harus menjelaskan nya secara verbal melalui dialog-dialog yang panjang. Zoe Kravitz benar-benar mengenal dekat karakter yang diperankannya.

Secara garis besar “Kimi” adalah sebuah tontonan dengan genre Thriller yang membawa unsur teknologi dengan kemasan yang menarik dan penuh kejutan. Walaupun memiliki durasi yang cukup singkat jika dibandingkan film dengan tema serupa, namun “Kimi” menawarkan story line yang cukup padat dan segar. Film ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonan yang bisa dinikmati untuk mengisi liburan akhir pekan.

Big Night! Big Night!

Big Night! Review: Tragicomedy yang Merekam Realitas Sosial Kaum Miskin Filipina

Film

Apakah James Bond Harus Selalu Kulit Putih?

Culture

avatar remastered 2022 avatar remastered 2022

Avatar Review: Masih Relevan untuk Penonton Masa Kini

Film

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Connect