Connect with us
tips mencari spot foto

Kiat-Kiat Mencari Spot Foto yang Enggak Biasa

Tips menemukan hidden gems kamu sendiri.

Banyak yang mengira fotografer handal cukup memilih tempat yang cocok dengan tema foto yang ingin diambil. Pemilihan tempat tentu akan menentukan semua keputusan lain seperti pencahayaan dan alat properti yang dibawa. Banyak orang berpikir bahwa hunting di tempat yang lagi viral itu keren, tapi jika dikaji kembali jarang fotografer panutan lo merupakan pengikut tren.

Foto yang diambil di tempat yang pasaran menjadi enggak spesial dikarenakan semua orang memiliki foto tersebut. Tempat yang viral itu cenderung pasaran. Lebih baik mencoba ke suatu tempat yang relatif tidak dikenal. lo dapat mengeksplorasi tempat tersebut lebih dalam dan mungkin menemukan hidden gem. Dengan menemukan spot ini foto lo akan membedakan karyamu dari orang lain.

Spot foto unik ada dimana-mana, lo tidak perlu jauh-jauh pergi keluar kota ataupun keluar negeri. Salah satu aspek penting menjadi fotografer adalah jeli melihat detail yang biasanya orang lain enggak lihat, seperti susunan tata kota yang unik, ataupun mungkin pepohonan rindang membentuk bayangan yang indah.

Mencari spot foto yang unik sebetulnya sangat mudah, lo hanya perlu lebih fokus terhadap lingkungan. Observasi merupakan hal paling penting dalam mencari spot foto yang menarik dan hal yang penting lainnya adalah jangan menyerah. Berikut adalah tips-tips untuk menemukan hidden gems lo sendiri.

1. Tinggalkan kendaraan pribadi di rumah

Tips ini mungkin terdengar basi, tetapi jika lo seperti kebanyakan orang pasti lo terbiasa dengan mengendarai mobil atau motor sendiri. Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih mudah dan praktis, tetapi karena itu juga lo tidak dapat melihat lingkungan secara detail. Dengan berjalan kaki lo dapat melihat pemandangan yang biasanya tidak terlihat saat menggunakan kendaraan pribadi, salah satunya seperti grafiti yang ada di dinding pertokoan ataupun trotoar yang penuh retakan.

2. Ubah kebiasaan

Semua orang memiliki kebiasaan seperti melewati jalan yang biasa dilintasi sepulang kerja ataupun jalan pintas super cepat yang lo sukai saat ingin pergi ke tempat favorit lo. Jika lo merupakan orang yang sering melakukan itu coba sisihkan waktu untuk melewati rute yang berbeda dan perhatikan sekeliling lo saat perjalanan. Dengan begitu, lo dapat melihat apakah ada area yang menarik perhatian lo atau mungkin taman penuh bunga yang belum pernah lo lihat sebelumnya. Jika lo melihat sesuatu yang bagus jangan lupa ambil contoh foto agar lo tidak lupa.

3. Peta Satelit

Internet merupakan salah satu alat yang paling mudah dan praktis untuk mencari tempat baru. Lo akan terkesima dengan apa yang dapat lo temukan melalui gambar satelit. Dengan ini lo dapat melihat tempat yang sebelumnya tidak dapat terlihat. Di tempat yang populer pasti akan selalu ada tempat yang relatif tidak dikenal karena tidak terlihat dari jalan raya atau jalan setapak, dengan alat ini lo dapat melakukan eksplorasi tanpa harus berjalan jauh.

4. Bertanya ke senior

Ini merupakan tips yang sangat mudah tapi berapa banyak orang yang melakukan hal ini? Kebanyakan orang akan mencari tempat melalui internet ataupun forum sedangkan jika orang-orang mencoba bertanya kepada penduduk setempat mungkin mereka akan menemukan tempat yang hanya biasa dikunjungi oleh warga lokal. Selain bertanya kepada warga lokal, lo juga dapat bertanya kepada fotografer lain atau mungkin teman lo untuk mendapatkan perspektif yang berbeda

Dimanapun lo berada pasti ada tempat yang menarik. Sebagai fotografer lo harus lebih peka akan sekitar dan observasi merupakan hal yang paling penting. Jika lo memang benar-benar ingin mencari dengan sungguh-sungguh dan menerapkan tips-tips yang sudah diberikan pasti lo akan menemukannya. Jangan berhenti berkarya dan terus berusaha untuk jadi yang pertama! Langsung aja meluncur di sini buat cari tahu pentingnya menjadi sang pionir!

LabRana Menyalakan Lagi Tren Fotografi Analog LabRana Menyalakan Lagi Tren Fotografi Analog

LabRana Menyalakan Lagi Tren Fotografi Analog

Art

ruang rupa ruang rupa

ruangrupa: Pelopor Perkembangan Seni dan Kultur Kreatif

Art

Eugene Panji Paviliun 9 Eugene Panji Paviliun 9

Melting Pot Segala Jenis Komunitas Kreatif di Paviliun 9

Culture

Formula Paten Zodiac Padukan Kultur Klub dan Fashion Formula Paten Zodiac Padukan Kultur Klub dan Fashion

Formula Paten Zodiac Padukan Kultur Klub dan Fashion

Lifestyle

Advertisement
Connect