Connect with us
Badla Review

Film

Badla Review: Penuh dengan Plot Twist dan Teka-teki

Mengandung plot twist yang sangat mengesankan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Badla merupakan sebuah film thriller produksi India yang berhasil mengadaptasi film Spanyol berating tinggi yang berjudul Contratiempo atau The Invisible Guest (2016). Badla disutradarai oleh Sujoy Ghosh dan dirilis pada 2019 dalam Bahasa Hindi. Aktor senior Amitabh Bachchan ikut mengisi Badla dan berperan sebagai salah satu tokoh utama dalam film ini.

Badla menceritakan sebuah misteri pembunuhan misterius yang menyangkut seorang wanita bernama Naina Sethi (Tapsee Pannu). Naina merupakan seorang pengusaha sukses dan sudah memiliki keluarga. Namun, kasus pembunuhan ini membuatnya menderita. Ia dituduh telah membunuh kekasih gelapnya, yaitu Arjun Joseph (Tony Luke).

Badla Review

Menyelidiki Tersangka Pembunuhan Sebenarnya

Paska tersebarnya berita pembunuhan yang memberatkan dirinya, Naina Sethi ditinggalkan oleh anak dan suaminya. Berita di televisi dan media lainnya sudah terlanjur berburuk sangka pada Naina dengan menyebut dirinya sebagai tersangka. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena hanya Naina yang ada di tempat kejadian saat jenazah selingkuhannya ditemukan.

Namun, Naina bersikukuh bahwa ia tidak membunuh Arjun. Naina percaya bahwa dirinya sedang dijebak oleh orang lain. Ia berusaha membersihkan namanya dari segala tuduhan. Saat itulah datang seorang pengacara ternama yang selalu memenangkan setiap kasus yang ia tangani. Pengacara tersebut bernama Badal Gupta (Amitabh Bachchan).

Badla Review

Badal memberitahu Naina bahwa tidak ada yang bisa membersihkan namanya selain dirinya sendiri. Naina diminta untuk menceritakan semua fakta yang terjadi di tempat kejadian perkara. Pertanyaan yang bersifat konfrontasi terus dilontarkan oleh Badal sampai akhirnya Naina menceritakan sebuah kebenaran yang mencengangkan.

Walaupun Badla merupakan sebuah film remake, namun Sujoy Ghosh tidak sepenuhnya memakai ide yang sudah dieksekusi di film aslinya. Badla tidak memiliki unsur stereotip film Bollywood yang penuh dengan lagu dan tarian tradisional, tetapi unsur India tetap melekat dalam film ini. Contohnya saat Badal Gupta memakai analogi cerita Mahabharata saat sedang mengonfrontasi Naina.

Memiliki Kualitas Sinematografi yang Apik

Latar tempat dalam film ini didominasi oleh satu ruangan, yaitu ruangan apartemen Naina tempat ia menceritakan kebenaran kisahnya dihadapan Badal. Namun, film ini jauh dari kata membosankan. Saat Naina menceritakan kisahnya, otomatis adegan flashback mulai mengisi. Bagian flashback cenderung memiliki tone gelap dan menambah efek misterius dalam film ini.

Dialog-dialog dalam film ini juga sangat membantu jalan cerita Badla yang penuh dengan teka-teki. Penonton diajak untuk fokus dalam setiap dialog dan detail lainnya untuk mengungkap kebenaran kasus pembunuhan tersebut. Banyak sekali prediksi yang muncul saat kita menonton film ini.

Selain kualitas sinematografinya, tokoh dalam film ini juga diperankan oleh bintang-bintang ternama Bollywood. Sosok Amitabh Bachchan pasti bukanlah sosok yang asing bagi pecinta film Bollywood. Kualitas aktingnya juga tidak perlu dipertanyakan, termasuk dalam film ini. Ia mampu memerankan karakter Badal Gupta dengan kemampuan deduksi yang tinggi, namun tetap menghibur dengan jokes ringannya.

Taapsee Pannu sangat cocok memerankan seorang Naina Sethi. Ia mampu membius penonton dengan ekspresi-ekspresinya dalam film ini. Tentu saja, aktingnya dalam menit-menit terakhir film sangat penuh kejutan.

Poin terkuat dalam film ini ada pada akhir cerita yang tidak terduga. Kejutan dan rasa tegang mungkin tidak akan dirasakan jika kita sudah menonton film aslinya. Namun, Badla tetaplah sebuah film bergenre thriller berkualitas tinggi serta mampu membuat kita dihantui rasa tegang dan penasaran.

Mungkin film ini tidak terlalu cocok untuk penonton yang sedang mencari film-film santai. Badla sangat cocok dinikmati saat ingin menikmati film yang membuat kita berpikir tanpa henti karena Badla penuh dengan plot twist dan teka-teki. Namun, semua kebenaran akan terungkap di akhir film. Badla dapat disaksikan di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect