Connect with us
50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja
Kingdom | Netflix

Cultura Lists

50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja

Butuh rekomendasi tontonan untuk melewati hari-hari saat pandemi?

Bagi pecinta Kdrama, inilah salah satu saat paling tepat untuk nonton maraton seluruh episode serial favorit. Ada banyak serial-serial bagus yang rilis di kuartal pertama tahun ini. Beberapa sangat populer, beberapa lagi kurang mendapatkan apresiasi dari penonton. Sisanya adalah drama yang rilis di tahun sebelumnya dan sangat sayang untuk dilewatkan. Drama-drama ini memiliki beragam genre dan dibintangi oleh aktor maupun aktris populer.

Crash Landing On You

Kdrama ini sanggup mengalahkan rating serial populer lainnya yaitu Goblin yang sempat menjadi raja di tahun 2016. CLOY berkisah tentang seorang pengusaha perempuan kaya asal Korea Selatan yang menjalin cinta dengan tentara asal Korea Utara. Sebenarnya kisah cinta antarnegara yang kurang akrab ini sudah sering diangkat di drama-drama lainnya. Namun yang membuat CLOY menjadi lebih populer terutama chemistry pemeran utamanya, Hyun Bin dan Son Ye Jin.

Kingdom Season 2

Season satunya cukup fenomenal karena menggabungkan dua konsep yaitu zombie dan cerita kolosal. Bersetting di Era Joseon, dikisahkan tengah terjadi wabah zombie. Kingdom pada season 2 akan menyuguhkan adegan yang lebih berdarah-darah. Sang putra mahkota yang berusaha menyelamatkan rakyatnya dari wabah zombie dan kelaparan justru dijebak dan dianggap pengkhianat.

Romantic Doctor, Teacher Kim Season 2

Kim Sabu adalah seorang dokter bertangan dewa yang bersikap cenderung arogan sehingga membuat orang lain salah paham. Ia bekerja di rumah sakit di daerah terpencil yang kekurangan tenaga kesehatan. Drama yang mengangkat tentang dunia medis termasuk salah satu yang hampir selalu laku di Korea. Apalagi drama ini memasang beberapa pemain yang tengah naik daun seperti Lee Sung-kyung.

Romantic Doctor, Teacher Kim Season 2 Review

Half of Half

Half of Half alias A Piece of Your Mind berkisah tentang dua orang yang saling mencintai. Ha Won adalah seorang programmer dan pemilik perusahaan. Ia adalah tipe orang yang konsisten. Sementara kekasihnya bekerja di bidang musik. Han Seo Woo memiliki hidup yang tidak stabil. Ia bahkan tidak memiliki keluarga ataupun rumah.

Itaewon Class

Park Sae Ro Yi adalah anak yang sangat idealis. Saking idealisnya, ia lebih rela dikeluarkan dari sekolah dibanding dipaksa meminta maaf pada anak dari atasan sang ayah. Sikap idealisnya justru membuatnya terancam masalah. Ayahnya dibunuh. Ia membalas dendam hingga masuk penjara. Setelah keluar Sae Ro Yi memulai hidupnya dari 0 dengan menggunakan keahliannya memasak.

Itaewon Class Review

The School Nurse Files

Seorang guru sekolah keperawatan memiliki kekuatan untuk mengusir hantu. Ia lalu diarahkan ke sebuah tempat di mana sebuah insiden terjadi. Ia memberantas hantu dengan pisau mainan dan pistol airgun. Dalam membasmi hantu ia dibantu oleh guru lainnya. Drama ini diangkat dari novel laris berjudul Bogungyosa Aneunyoung.

Touch

Seorang trainee yang hampir debut dipecat oleh agensinya karena dikambinghitamkan untuk menyelamatkan idol senior. Ia lalu beralih profesi menjadi seorang makeup artist. Di sini kita akan melihat dari dekat dunia makeup artist yang lekat dengan perempuan tapi justru banyak ditekuni laki-laki. Selain sangat menghibur, drama ini juga menyajikan karakter yang tidak klise.

Touch Review

XX

Yoon Na-na adalah seorang kepala bartender yang sangat bangga terhadap pekerjaan dan posisinya. Ia bekerja di Bar XX. Sayangnya pemilik bar itu berganti. Penggantinya adalah seseorang yang memiliki masalah pribadi dengannya, Lee Roo-mi. Meski ide ceritanya cukup menarik sayangnya drama ini kurang populer. Padahal sang sutradara sendiri memasang nama yang populer misalnya Hani EXID.

How Are You Bread

Sebuah toko roti yang populer memiliki rahasia seorang chef jenius di baliknya yaitu Suho. Setiap membuat roti ia selalu berusaha mengingat cinta pertamanya. Sebenarnya keluarga Suho berharap ia membuat kue tradisional Korea tetapi ia justru membuat roti ala Barat. Selain bicara mengenai passion, drama ini juga mengangkat kisah cinta yang sederhana.

Selection: The War Between Women

Drama ini berkisah tentang persaingan perempuan yang ingin menjadi ratu. Seorang perempuan yang kehilangan saudari kembarnya terobsesi menjadi ratu. Ia berharap dengan menjadi ratu ia dapat mengungkap kematian saudarinya. Sementara itu sang raja terus memimpikan masa depan yang berisi seorang perempuan.

Chocolate

Ini adalah salah satu drama yang mellow dengan plot lambat yang memiliki banyak penggemar. Seorang lelaki yang pandai memasak justru menjadi seorang ahli bedah saraf. Ia dulu bertemu dengan seorang perempuan dan diberikannya makanan. Perempuan itu terkesan dan bercita-cita menjadi seorang chef. Bertahun-tahun kemudian mereka bertemu kembali di bangsal rumah sakit.

When The Weather Is Fine

Drama yang memiliki alur lambat ini berkisah tentang dua orang introvert yang saling jatuh cinta. Tokoh perempuannya adalah orang yang memiliki banyak masalah hidup dan melarikan diri ke kampung halaman untuk memulai lembaran baru. Sementara si tokoh laki-laki menjalankan hidup seperti air yang mengalir. Keduanya seperti tak memiliki tujuan dan hanya hidup untuk saat itu saja.

When The Weather Is Fine Review

Diary of Prosecutor

50 Rekomendasi Kdrama Saat Di Rumah Aja

Diary of Prosecutor

Berkisah tentang para jaksa yang jabatannya terlihat keren di luar tetapi membosankan di dalam. Mereka dipaksa bekerja cepat menyelesaikan sebanyak mungkin kasus—atau berkas. Walau konsep yang diangkat berat, sutradara dan penulis skenarionya berhasil meracik drama ini agar menjadi menarik. Terdapat selipan humor di sana-sini ditambah banyak pemain papan atas yang terlibat.

Diary of Prosecutor Review

Tell Me What You Saw

Berkisah tentang seorang polisi perempuan muda yang memiliki ayah dan ibu bisu tuli. Ia bertekad untuk menemukan siapa pelaku tabrak lari ibunya. Ia disepelekan meski memiliki kemampuan di atas rata-rata. Sebuah pembunuhan berantai menjadi jalan bagi sang polisi muda untuk bisa bergabung dengan kantor polisi wilayah regional.

Tell Me What You Saw Review

Hi, Bye Mama!

Empat tahun yang lalu, seorang perempuan meninggal dunia. Ia memiliki suami dan anak perempuan. Anehnya ia mendapatkan kesempatan untuk kembali hidup bila ia sukses selama 49 hari ke depan. Namun tentu untuk kembali tidak mudah. Suaminya telah menikah lagi dan anaknya telah beranjak besar. Drama ini bisa dibilang sangat menguras air mata.

Hospital Playlist

Berkisah tentang persahabatan lima orang dokter dengan spesialisasinya masing-masing. Ada spesialis bedah anak, bedah thorax, bedah saraf, bedah hepar-pankreas-biller, dan spesialis kandungan. Tak hanya menggambarkan kehidupan dokter yang beritme cepat, ada sisi manusiawi pula yang ditampilkan. Bahwa dokter pun bisa merasa frustasi atas pekerjaannya.

Hospital Playlist Review

Leverage

Drama ini mengangkat kisah dari profesi yang unik yaitu penyidik kecurangan asuransi. Ia akan melakukan penyidikan apakah klaim asuransi yang dilakukan kliennya adalah jujur. Meski dikenal jujur dan idealis, sang penyidik terpaksa terjun ke dunia hitam dengan menyewa para pencuri ulung untuk bekerja sama dengannya.

Leverage Review

Money Game

Menonton drama ini rasanya seperti melihat kembali kasus BLBI dan Bank Century. Kisahnya tentang para ekonom Korea yang berusaha untuk menyelamatkan perekonomian negara. Walau terkesan berat, drama ini menjadi menarik justru karena begitu intens dan “serius”. Akting para pemerannya pun tak diragukan. Di sini kita bisa melihat bagaimana kejamnya office politic terutama terhadap seorang perempuan.

Money Game Review

Psychopath Diary

Pernah membayangkan ada drama dengan genre thriller sekaligus komedi? Bagaimana bila seseorang yang lupa ingatan percaya bahwa ia adalah seorang psikopat? Ada scene yang benar-benar menegangkan dalam drama ini meski anehnya bisa terasa lucu. Terkesan tak masuk akal tetapi bisa dibilang drama ini digarap sangat baik.

Psychopath Diary Review

The Cursed

Pecinta horor pasti menyukai drama ini. Berkisah tentang seorang jurnalis yang berusaha menginvestigasi kasus kekerasan yang dilakukan sebuah perusahaan IT. Perusahaan itu memiliki afiliasi dengan konsultan spiritual. Jadi drama ini berkisah tentang dunia klenik. Ketika melakukan investigasi, sang jurnalis menemukan rekan, seseorang yang kerasukan dan memiliki kemampuan khusus.

Black Dog

Kehidupan guru tak hanya sekadar mengajar. Guru juga harus menghadapi office politic yang kejam dan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan. Tak beda jauh dengan di Indonesia, topik KKN pun kental di Korea. Pemeran utamanya dituduh menggunakan orang dalam untuk mendapatkan pekerjaan. Ditambah menjadi guru tak hanya harus memikirkan murid tapi juga memikirkan citra sekolah.

Black Dog Review

Hyena

Ini adalah salah satu drama dengan chemistry yang sangat tinggi dan akting luar biasa. Kisahnya tentang dua pengacara orang-orang kaya di Korea. Keduanya bersaing untuk mendapatkan klien. Namun uniknya keduanya bisa disebut sebagai antagonis. Drama ini tidak mengangkat kisah pengacara yang membela kebenaran melainkan pengacara haus uang.

Hyena Review

Want A Taste?

Seorang istri yang telah bekerja keras demi menyokong studi suaminya di kampus prestisius mengungkap sebuah rahasia. Suaminya ternyata berselingkuh dengan anak perempuan sebuah keluarga kaya. Tapi ia tidak mau bercerai. Ia bertemu dengan seorang penulis yang sempat mencicipi popularitas. Penulis itu juga memiliki masalah dalam pernikahannya.

Nobody Knows

Seorang polisi kehilangan teman baiknya 19 tahun lalu karena ulah seorang pembunuh bayaran. Waktu telah berlalu tapi ia tetap merasa trauma dan bersalah. Namun setelah 19 tahun berlalu ternyata pembunuh bayaran itu melanjutkan aksinya. Ia pun berusaha mengungkap identitas si pembunuh bayaran.

Never Twice

Drama ini memiliki sedikit kemiripan dengan Welcome To Waikiki karena sama-sama bergenre komedi. Ini adalah sebuah tempat tinggal dengan beberapa orang yang tinggal di kamar berbeda. Mereka tentu saja saling berinteraksi dan interaksi itulah yang menjadi jalan ceritanya. Dengan jumlah 72 episode, drama ini termasuk populer dan sukses.

Love With Flaws

Bila menyukai drama bergenre romance comedy yang konyol dan ringan, maka Love With Flaws akan sangat cocok. Berkisah tentang seorang guru olahraga yang ketika reuni bertemu teman lamanya. Sang teman ini memiliki trauma sehingga ketika tidak nyaman akan buang air besar di celana. Walau memiliki genre romance, sebenarnya drama ini lebih terkesan jorok dan nyeleneh.

The Game: Towards Zero

Kim Tae Pyong adalah seseorang yang memiliki indera keenam. Ia bisa melihat detik-detik sebelum seseorang mengalami kematian. Namun karena meramal kematian seorang bos mafia, ia justru diculik. Seorang polisi mencurigai Tae Pyong. Menurut Tae Pyong, polisi itu adalah satu-satunya orang yang tak bisa ia prediksi kematiannya. Sebenarnya idenya tidak baru tetapi drama ini tetap menarik.

The Game: Towards Zero Review

Bad Love

Dua orang saudari kembar yang miskin sama-sama diterima di universitas. Namun karena kondisi ekonomi hanya salah satu dari mereka yang bisa melanjutkan pendidikan. Saudari kembar yang berhasil kuliah menemukan cintanya pada seorang lelaki kaya yang bekerja sebagai desainer. Si lelaki adalah anak dari seorang petinggi perusahaan. Ia memiliki saudara tiri yang kurang diperhatikan oleh ayahnya dan hidup miskin. Sang saudara tiri berusaha keras untuk mendapat perhatian sang ayah.

Love Is Beautiful, Life Is Wonderful

Drama ini berkisah tentang tiga keluarga yang saling berhubungan dan berkonflik. Keluarga pertama terdiri dari ayah dan ibu yang miskin dengan tiga anak. Anak perempuan yang sulung menikah dengan putra seorang single parent kaya. Pernikahan mereka ditentang. Namun sang anak perempuan tetap keras kepala karena ia menginginkan uang dari suaminya. Saudari dari sang single parent kaya memiliki dua putra. Melalui putra sulungnya, keluarga ketiga memiliki pertautan dengan keluarga pertama.

Forest

Seorang lelaki yang bekerja untuk nomor panggilan darurat 119 tidak memiliki ingatan tentang masa kecilnya. Ia bertemu dengan seorang dokter bedah residen di sebuah hutan misterius. Walau tak ingin, mereka terpaksa tinggal bersama di hutan tersebut. Selama tinggal di sana mereka mulai mengungkap misteri hutan dan hubungan mereka sendiri.

Woman of 9.9 Billion

Jung Seo Yeon adalah tukang bersih-bersih panggilan yang sangat kaku sehingga dijuluki Si Ratu Es. Ia memiliki suami kejam yang menyiksanya secara fisik maupun mental. Di balik itu, Seo Yeon berselingkuh dengan suami teman baiknya. Ketika berselingkuh mereka menemukan uang sebanyak sembilan juta dolar di sebuah mobil yang pengendaranya telah mati. Selain akting yang hebat, plotnya juga sangat rapi.

Women of 9.9 Billion Review

Gracious Revenge

Suami dan anak Carrie Jung dibunuh. Ia lalu melanjutkan hidup dengan tujuan membalas dendam. Demi mewujudkan keinginannya, ia membesarkan seorang perempuan untuk dijadikan alat. Tetapi sebagai seorang manusia biasa, alat tersebut memiliki kelemahan. Tentu saja dari sinopsinya kita dapat menebak bahwa drama ini akan mendebarkan.

Alice

Mengangkat konsep time travel, seorang detektif dari masa depan muncul di masa kini. Ia bertemu dengan seorang perempuan yang telah mati di masa lalu. Bersama-sama mereka mencari tahu rahasia di balik mesin waktu tersebut. Namun rahasia tersebut juga mengungkap rahasia lain yaitu tentang kehidupan si perempuan. Sang detektif percaya pertemuan mereka adalah takdir.

Romance Is A Bonus Book

Seorang perempuan sekaligus ibu yang sukses menyelamatkan seorang anak lelaki. Ketika besar anak itu menjadi seorang penulis. Lelaki itu lalu membantunya ketika hidupnya memiliki masalah. Namun semakin dekat, mereka akhirnya menyadari perasaan masing-masing. Selain itu mereka pun terlibat dalam hubungan kerja yang profesional.

Sky Castle

Sky Castle adalah nama sebuah tempat tinggal mewah untuk kalangan atas di Korea. Drama ini mengisahkan persaingan para ibu rumah tangga dan usaha mereka dalam mempertahankan kesuksesan keluarga. Caranya adalah dengan menjatuhkan keluarga lain. Mereka memiliki tuntutan untuk mengurus suami yang hebat dan anak-anak yang pintar.

The Fiery Priest

Berkisah tentang seorang pendeta yang pendendam dan bermulut kasar. Ia banyak bicara. Bersama dengan seorang jaksa dan seorang polisi, ia bekerja sama mengungkap kasus pembunuhan. Kasus itu menimpa seorang pendeta senior. Jaksa yang bekerja sama dengannya adalah seorang perempuan yang cerdas dan ambisius.

Doctor Prisoner

Seorang dokter bedah dengan skill yang hebat terlibat dalam sebuah insiden. Ia dipecat dari rumah sakit karena dituduh malpraktik. Padahal hal tersebut bukan kesalahannya. Karena kehilangan pekerjaan, ia pun memulai lembaran baru dengan menjadi seorang dokter di penjara. Sebenarnya ide drama ini tidak cukup baru karena hampir mirip dengan drama Doctor John yang waktu tayangnya tak jauh beda.

Angel’s Last Mission

Seorang balerina berbakat yang berasal dari keluarga terpandang mengalami insiden. Ia menjadi buta. Hal tersebut membuatnya memandang dunia dengan kejam dan penuh dendam. Sikapnya menjadi buruk pada semua orang. Seorang malaikat akan dikembalikan ke surga dengan catatan ia berhasil menemukan cinta sejati bagi sang balerina.

My Fellow Citizen

Ini adalah drama berlatar belakang politik yang sangat mengocok perut. Berkisah tentang seorang politikus yang ingin mengikuti pemilu. Sebenarnya ia memiliki masa lalu buruk dan seorang penipu ulung. Tanpa sengaja ia justru menikahi seorang polisi perempuan yang hidupnya sangat lurus. Ia berusaha merahasiakan identitasnya yang justru hampir dibongkar oleh orang lain.

The Great Show

Seorang politikus dengan masa lalu menyedihkan kalah dalam pemilu. Ia sesumbar bahwa elektabilitasnya jauh lebih tinggi. Demi meningkatkan citranya agar terpilih di periode mendatang, ia bekerja sebagai supir pengganti. Dalam satu episode, banyak hal mengenai pemeran utamanya dijelaskan secara lengkap. Tetapi penonton tidak akan merasa lelah karena plot cerita ditulis rapi dan menarik.

The Great Show Review

When The Camellia Blooms

Seorang single parent berjuang untuk menafkahi putranya dengan membuka sebuah pub. Namun ini bukan pub biasa di mana tamu adalah rajahnya dan ada gadis-gadis yang menemani. Di pub ini, semua orang harus saling menghargai. Ia bekerja dengan bermartabat meski statusnya sebagai single parent menjadi hinaan orang. Suatu hari pesonanya membuat seorang polisi muda terpikat.

When The Camellia Blooms Review

The Crowned Clown

Seorang anak yang orangtuanya meninggal karena wabah diselamatkan sekelompok badut dari bencana kelaparan. Ia lalu bergabung dengan kelompok badut tersebut dan sering berperan sebagai sang raja. Namun karena terlalu mirip, ia akhirnya diminta benar-benar menggantikan sang raja yang nyawanya terancam. Sang raja palsu menjadi jatuh cinta pada sang ratu.

Designated Survivor: 60 Days

Park Moo Jin adalah seorang akademisi jenius yang aneh dan dilantik menjadi menteri lingkungan. Namun Korea dalam keadaan genting ketika presiden beserta seluruh pejabat lainnya dibunuh oleh teroris. Ia adalah satu-satunya yang memenuhi syarat berdasarkan undang-undang untuk menjadi presiden sementara. Ia mendapat tekanan untuk menyatakan perang pada Korea Utara.

Designated Survivor: 60 Days Review

Hotel Del Luna

Jang Man Wol adalah seorang perempuan yang dikutuk. Ia mengepalai sebuah hotel hantu dan hidup berabad-abad di dalamnya. Ia membuat perjanjian dengan seorang lelaki miskin untuk menyerahkan anaknya bekerja di hotel dua puluh tahun kemudian. Selain ditunjang cerita yang menarik, efek visual yang ditampilkan pada drama ini sangat bagus dan tak terkesan murahan atau biasa-biasa saja.

Hotel Del Luna Review

Chief of Staff

Seorang kepala staff anggota parlemen adalah mantan polisi yang terobsesi menjadi politikus. Ia mampu melakukan apa saja untuk meraih posisi lebih tinggi. Pasangannya sendiri juga seorang anggota dewan dari kubu yang berseberangan. Pada drama ini bisa dibilang semua tokohnya adalah antagonis. Dalam politik kita tidak bisa melihat sesuatu dari sisi hitam dan putihnya saja sehingga drama ini menjadi semakin menarik lagi.

Chief of Staff Review: Panggung Politik Yang Penuh Drama

Chief of Staff Season 2 Review

Her Private Life

Seorang kurator museum seni memiliki rahasia. Ia memiliki pekerjaan sampingan sebagai manajer fansite dan penggemar fanatik seorang idol. Rumor beredar bahwa sang manajer fansite benar-benar berpacaran dengan sang idol. Demi menutupi rumor tersebut, sang manajer pura-pura memacari seorang seniman yang telah pensiun.

Abyss

Se Yeon adalah seorang jaksa yang hebat sementara temannya Cha Min adalah orang kaya yang tidak menarik. Mereka berdua dihidupkan kembali oleh Abyss di tubuh orang lain sehingga memiliki kepribadian yang berbeda jauh. Se Yeon menjadi lebih polos sementara Cha Min menjadi lebih menarik. Mereka kemudian berusaha mencari tahu kenapa dihidupkan di tubuh orang lain dan mengapa bisa mati.

Search: WWW

Ini adalah salah satu drama dengan jalan cerita paling segar. Kisahnya tentang perempuan-perempuan hebat di industri mesin pencari di Korea. Di sini kita akan mengetahui rahasia di balik mesin pencari seperti bagaimana suatu topik bisa menjadi trending. Menariknya lagi adalah industri yang cenderung dilabeli sebagai bidang laki-laki justru fokus pada para pemerannya yang perempuan. Karakternya pun kuat-kuat dan terasa sangat inspiratif.

Graceful Family

Seok Hee adalah putri dari istri pertama seorang konglomerat yang mewarisi seluruh harta sang kakek. Namun ayah, ibu tiri, dan saudara-saudaranya justru mengasingkannya. Drama ini juga mengangkat topik-topik yang tabu maupun ilegal bagi masyarakat Korea. Kisah chaebol memang sudah biasa diangkat tapi dengan bumbu yang menarik dan intrik yang sengit, Graceful Family menjadi menonjol.

One Spring Night

Ini adalah tipe drama yang sangat menyakitkan untuk dilihat karena begitu sendu tetapi mengangkat topik yang tabu. Yaitu, bagaimana dua orang yang menjalin hubungan memandang pernikahan? Apakah pernikahan adalah cara untuk melanggengkan cinta atau justru dilakoni sebagai keharusan? Ditambah lagi adanya godaan orang ketiga. Sebuah kisah sederhana yang diceritakan dengan indah.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement
Cultura Podcast
Connect