Connect with us
Film Tentang Bencana Alam
Photo: Summit Entertainment

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam

Potret bencana alam yang menegangkan dan mengerikan dalam berbagai film.

Menonton film tentang bencana alam selalu menjadi hiburan menegangkan yang menyenangkan ketika kita masih bisa berkunjung ke bioskop. Meringkuk di ruangan gelap dengan sound system menggelegar mampu membawa penonton dalam kengerian bencana alam yang massive pada sebuah film.

Film bencana alam pada umumnya menampilkan plot yang selalu sama; serangkaian kehancuran selama berjam-jam dengan sentuhan kemanusian yang menggugah. Berikut rekomendasi film tentang bencana alam dengan produksi maksimal dan cerita seru untuk disaksikan.

Twister (1996)

Twister merupakan salah satu film klasik bencana dengan efek visual yang sudah berkualitas pada zamannya. Film ini bercerita tentang Bill Harding, seorang pengejar badai dan istrinya, Dr. Jo yang merupakan seorang meteorologist. Di tengah-tengah situasi pelik pernikahan mereka, keduanya justru harus bekerja sama menghadapi serangkaian fenomena tornado yang muncul di Oklahoma.

The Perfect Storm (2000)

The Perfect Storm merupakan salah satu drama bencana yang terinspirasi dari kisah nyata seorang nelayan, Andrea Gail. Dimana Ia terjebak dalam sebuah badai besar di kapal bersama crewnya pada tahun 1991. Film yang dibintangi oleh George Clooney ini naskahnya diadaptasi dari buku biografi dengan judul serupa karya Sebastian Junger. Menonton film ini, kita akan merasakan kengerian terjebak di tengah lautan lepas dalam keadaan badai besar yang siap menelan kapal kapan pun.

The Day After Tomorrow (2004)

Cuaca ekstrim selalu menjadi premis dari pengembangan naskah film tentang bencana alam, salah satu yang paling populer adalah The Day After Tomorrow. Bercerita tentang perubahan cuaca ekstrim yang mengubah kota diselimuti oleh salju yang tebal dan udara dingin yang mematikan. Jack Hall, seorang ahli iklim dan cuaca pun menjalankan sebuah misi untuk menyelamatkan anaknya yang terjebak di tengah kota. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal dan Dennis Quaid.

2012 (2009)

Rilis pada tahun 2009, 2012 merupakan salah satu film yang fenomenal menjelang perilisannya. Kala itu banyak ramalan tentang akhir dunia pada tahun 2012, kemudian film ini muncul dengan premis bencana alam besar-besaran yang melanda dunia pada tahun tersebut. Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich, dibintangi oleh John Cusack, Amanda Peet, Chiwetel Ejiofor, dan Woody Harrelson. Cerita berfokus pada keluarga Curtis yang berusaha bertahan hidup dari bencana alam yang secara misterius menyerah bumi bertubi-tubi, bagai akhir dunia yang tak terhindarkan.

The Impossible (2012)

The Impossible merupakan salah satu film bertema bencana alam terbaik dalam daftar ini. Disutradarai oleh J.A. Bayona, film ini diangkat dari kisah nyata turis Spanyol, Maria Belon beserta keluarga yang sedang berlibur ke Thailand. Pada tahun 2004, Maria Belon bersama suami dan ketiga anaknya merencanakan liburan akhir tahun di Thailand. Namun momen bersantai mereka berubah menjadi mimpi buruk ketika tsunami menerjang tak jauh dari lokasi liburan mereka. The Impossible dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor, dan Tom Holland.

San Andreas (2015)

San Andreas merupakan film action thriller yang dibintangi oleh Dwayne Johnson. Ia berperan sebagai Ray, pilot helikopter sekaligus tim penyelamat ketika gempa bumi melanda kota yang Ia tinggali bersama dengan keluarganya. Sentuhan drama dalam film ini cukup serupa dengan Twister. Dimana Ray sedang dalam proses perceraian dengan istrinya, namun harus tertunda ketika mereka harus fokus menyelamatkan anak mereka dari bencana alam.

The Wave (2016)

Satu lagi film tentang tsunami adalah The Wave, disutradarai oleh Roar Uthaug. Film Inggris-Norwegia ini terbukti kualitasnya dengan memenangkan berbagai penghargaan Amanda Award, penghargaan film bergengsi di Norwegia. Mulai dari Best Film, Best Visual Effects, dan Best Sound Design. The Wave juga merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata, tentang sebuah tsunami setinggi 85 meter di pegunungan Norwegia.

The Finest Hours (2016)

Menonton film tentang bencana alam yang diadaptasi dari kisah nyata memang lebih menegangkan sekaligus informatif. Satu lagi film bencana alam yang diangkat dari kisah nyata adalah The Finest Hours. Film ini dibintangi oleh Chris Pine, Casey Affleck, Holliday Grainger, dan Ben Foster. Bercerita tentang empat crew angkatan laut yang berusaha menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam sebuah kapal minyak di tengah laut dengan badai yang kencang.

Geostorm (2017)

Geostorm merupakan film bencana alam dengan sentuhan fiksi ilmiah. Bercerita tentang sebuah sebuah satelit bernama ‘Dutch Boy’ yang mampu mengontrol iklim bumi. Akhirnya terjadi kesalahan program, menyebabkan bencana alam yang tidak diinginkan bermunculan di berbagai belahan dunia. Jake Lawson seorang desainer teknologi pun harus menjalankan misi menyelamatkan dunia.

Crawl (2019)

Crawl merupakan film bencana alam dengan sentuhan thriller dan horror. Dibintangi oleh Kaya Scodelario, film ini bercerita tentang sebuah banjir besar yang menenggelamkan pemukiman di Florida. Tak hanya membawa air dalam skala besar, banjir tersebut juga membawa monster buas yang meneror Haley Keller dan ayahnya di tengah usaha menyelamatkan diri dari banjir yang menelan rumah mereka. Crawl akan mengingatkan kita kembali pada film-film horror monster seperti Jaws dan Alligator.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect