Connect with us
Rekomendasi Film Drama Pernikahan
Wildlife (2018)

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Drama Pernikahan

Mengintip kehidupan pernikahan melalui film.

Drama pernikahan tampak sedang menjadi topik yang cukup menarik untuk diadaptasi dalam beberapa karya film atau serial. Di Indonesia sendiri, serial drama Korea The World of Married sedang populer bahkan di kalangan anak muda yang belum mencicipi kehidupan pernikahan.

Beberapa saat lalu, film Marriage Story juga sempat mencuri perhatian karena ceritanya yang realistis hingga masuk dalam nominasi Oscar 2020. Buat yang tertarik dengan film-film drama dengan topik tersebut, berikut beberapa rekomendasi film drama pernikahan yang bisa ditonton selama #DiRumahAja.

Revolutionary Road (2008)

Pasti banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari pasangan ikonik Jack dan Rose dari film Titanic. Chemistry dan kualitas akting Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet memang patut diapresiasi.

Tak hanya dalam film tersebut, chemistry mereka sebagai suami istri dalam film Revolutionary Road juga patut untuk ditonton. Sama seperti pada cerita pernikahan pada umumnya, film ini mengandung kisah kronologis dari awal pernikahan dengan segala keromantisnya, hingga masa-masa adaptasi dengan konflik yang menguji hubungan antara suami dan istri.

Blue Valentine (2010)

Blue Valentine merupakan film yang dibintangi oleh Ryan Gosling Michelle Williams sebagai Dean dan Cindy. Film ini memiliki plot maju mundur secara konsisten dari awal hingga akhir. Menunjukan bagaimana perbedaan pasangan tersebut saat masih pacaran dengan ketika sudah menikah dan memiliki anak. Film ini bisa menjadi pengingat bagi kita; ketika hendak mengakhiri pernikahan, ingat dulu alasan kalian saling mencintai dulu dan perjuangan sebuah pasangan untuk akhirnya bisa menikah.

Wildlife (2018)

Film satu ini memiliki konsep dan flow cerita yang cukup serupa dengan Marriage Story. Dibintangi oleh Carey Mulligan dan Jake Gyllenhaal, sebagai pasangan suami istri yang sedang diambang perceraian. Semenjak Jerry Brinson kehilangan pekerjaannya, pernikahannya dengan Jeanette mulai mengalami gejolak yang tak nampak ketika keduanya mengalami gejolak pribadi meski tampak tenang-tenang saja dipermukaan. Hingga akhirnya ketidakharmonisan tersebut tercium oleh anak mereka satu-satunya Joe.

The Squid and the Whale (2005)

Korban terbesar dalam sebuah perceraian yang tidak baik-baik adalah anak hasil dari pernikahan tersebut. Melalui film The Squid and the Whale, kita bisa menjadi mengerti dan simpati dengan nasib anak-anak broken home tak sedikit dari mereka mengalami trauma.

Keluarga Berkman sebetulnya memiliki citra sebagai keluarga harmonis, namun kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di balik pintu rumah mereka. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bercerai dan kedua anak mereka mengalami trauma akibat keputusan tersebut.

Before Midnight (2013)

Capek melihat film drama pernikahan yang menguras emosi dan dramatis? Before Midnight bisa menjadi tontonan yang santai dengan latar negara Yunani yang menawan. Kita akan kembali melihat kelanjutan kisah dari Celine dan Jesse dari Before Trilogy karya sutradara Richard Linklater.

Film ini merupakan sekuel penutup dari Before Sunrise dan Before Sunset. Bercerita tentang Celine dan Jesse yang akhirnya sudah menikah dan memiliki dua anak kembar. Seperti sekuel sebelumnya, Before Midnight masih menunjukan kualitasnya dengan screenplay dengan dialog mendalam yang seru untuk disimak.

The Vow (2012)

The Vow merupakan film yang dibintangi oleh Channing Tatum dan Rachel McAdams. Diangkat dari kisah nyata, film ini bercerita tentang pasangan yang mengalami kecelakan dan mengakibatkan sang istri kehilangan ingatan tentang suaminya. Ia bahkan lupa awal pertemuan mereka dan bahwa mereka telah menikah. Namun, sang suami tak pernah menyerah untuk mendapatkan cinta kembali dari istrinya.

The Time Traveler’s Wife (2009)

The Time Traveler’s Wife merupakan film romantis dengan sentuhan fantasi yang diangkat dari novel berjudul sama karya Audrey Niffenegger. Bercerita tentang Claire, seorang wanita yang memutuskan untuk menikah dengan Henry meski ia memiliki “kondisi” tidak biasa. Henry bisa menjelajahi waktu dan menghilang kapan pun dan tidak bisa dikendalikan. Hal ini pun menimbulkan masalah pada pernikahan mereka ketika Henry tidak bisa hadir ketika Claire sedang membutuhkannya.

45 Years (2015)

Berikutnya ada film tentang pernikahan pasangan tua yang langgeng hingga 45 tahun berjudul 45 Years. Kate dan Geoff adalah pasangan lanjut usia yang hendak merayakan hari pernikahan mereka yang sudah berusia 45 tahun lamanya. Namun, Kate mulai mengalami kegelisahan ketika sang suami menerima surat bahwa jasad dari mantan kekasihnya akhirnya ditemukan di pegunungan es di Swiss. Film ini memberikan pelajaran pentingnya untuk tidak melihat ke masa lalu ketika sudah hidup bahagia dengan pasangan kita.

Gone Girl (2014)

Gone Girl juga termasuk film yang bertema pernikahan dengan sentuhan thriller. Meski sebagian besar dari kita pasti sudah menonton film ini, menonton ulang Gone Girl tak akan pernah kehilangan ketegangannya, lho. Kita akan melihat bagaimana seorang istri hendak melakukan apapun untuk membuat suaminya tidak dengan mudah jatuh ke tangan orang lain.

A Good Marriage (2014)

Satu lagi film pernikahan dengan sentuhan thriller adalah A Good Marriage yang diangkat dari novel Stephen King dengan judul yang sama. Darcy dan Bob adalah pasangan suami istri yang harmonis dan memiliki pernikahan yang sempurna. Namun, Darcy mulai merasa tidak nyaman ketika secara tidak sengaja mengetahui rahasia gelap yang disimpan oleh suaminya selama bertahun-tahun.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect