Connect with us
10 Must Watch Classic Movies on Netflix
The Godfather (1972)

Cultura Lists

10 Must Watch Classic Movies on Netflix

Sederet film klasik ikonik yang wajib ditonton pecinta film.

Film merupakan seni audio visual yang tidak terbatas oleh waktu. Meski masa telah memasuki dekade baru, menonton film bisa menjadi referensi dan hiburan menarik. Industri film telah mengalami banyak perkembangan, mulai dari standard akting, penulisan cerita, dan pastinya perkembangan produksi film.

Dengan berbagai keterbatasan maupun kecanggihan produksi film, selalu ada film masterpiece dari setiap masa. Buat kita yang mengaku penggemar berat seni layar lebar, berikut sederet film klasik yang wajib ditonton dari berbagai genre. Semua film ini sudah bisa kita nikmati di Netflix sekarang juga!

Psycho Review

Psycho (1960)

“Psycho” merupakan film terbaik dari sutradara legendaris, Alfred Hitchcock. Dibintangi oleh Anthony Perkins dan Janet Leigh yang juga memberikan penampilan terbaik mereka melalui film horror ini. Psycho merupakan pioneer dari genre psychological horror dengan penulisan karakter yang menarik. Bagi penggemar film noir dan suspense, “Psycho” merupakan film referensi yang wajib ditonton.

Psycho (1960) Review

Vertigo (1958)

Ketagihan menonton film karya Hitchcock lagi? “Vertigo” juga sudah bisa ditonton di Netflix. Film ini sebetulnya rilis lebih dulu dari “Psycho”. “Vertigo” merupakan film drama misteri tentang detektif Scottie yang direkrut untuk menyelidiki kasus bunuh diri teman lama istrinya. Karakter Scottie dalam “Vertigo” juga memiliki kepribadian menarik untuk disaksikan.

The Godfather (1972)

Bagi yang terkesan dengan film “The Irishman” (2019) dari Martin Scorsese, wajib banget nonton “The Godfather”. Disutradarai oleh Francis Ford Coppola, dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino sebagai Michael Corleone, film ini bercerita tentang dinasti mafia besar yang dikepalai oleh Don Vito Corleone. Meskipun memiliki durasi yang panjang (3 jam), film ini menghadirkan cerita yang padat tentang Michael yang dihadapkan pada dilema antara menjalani hidup sebagai orang normal dengan kembali ke “bisnis keluarga” untuk melindungi ayahnya.

The Shining (1980)

“The Shining” merupakan film adaptasi novel Stephen King yang disutradarai oleh Stanley Kubrick. Meski tidak diakui sebagai film yang bagus oleh Stephen King, “The Shining” masih memiliki predikat sebagai salah satu film horor terbaik dan ikonik sepanjang masa. Kegilaan yang kita saksikan dalam film merupakan manifestasi dari frustasi yang terjadi selama syuting ini. Semua tekanan dan “siksaan” yang dirasakan oleh crew dan staff pun terbayar dengan hasil film yang menoreh sejarah dalam industri perfilman dunia.

The Shining Review

Rosemary’s Baby (1968)

Satu lagi film horror klasik yang terkenal adalah “Rosemary’s Baby”, disutradarai Roman Polanski. Bercerita tentang Rosemary yang diperankan oleh Mia Farrow, seorang wanita yang baru saja pindah ke sebuah apartemen di New York dengan suaminya. Rosemary pun akhirnya mengandung anak pertamanya. Hal ini menjadi awal baru dari kengerian dan kegelisahan Rosemary yang merasa tetangganya memiliki niat buruk pada bayinya.

2001: A Space Odyssey (1968)

Bagi yang menyukai film fiksi ilmiah dan perjalanan luar angkasa, wajib banget mengenal film “2001: A Space Odyssey”. Film ini juga merupakan karya unggulan dari Stanley Kubrick. Bercerita tentang astronot yang sedang melakukan perjalanan luar angkasa dengan sebuah super komputer yang memiliki kecerdasaan “mengerikan”. Film ini merupakan salah satu film revolusioner dengan sinematografi persisi yang artistik. Ceritanya memang lambat dan tenang, namun indah secara visual.

Breakfast at Tiffany’s (1961)

Audrey Hepburn merupakan salah satu aktris angkatan 60-an yang populer dan ikonik hingga saat ini. Untuk mengenal mengapa aktris ini masih populer sosoknya hingga saat ini, kita patut menonton “Breakfast at Tiffany’s”. Film yang disutradarai oleh Blake Edward ini bercerita tentang seorang penulis, Paul. Paul jatuh cinta dengan Holly, wanita dengan gaya berkelas, eksentrik, dan pastinya menawan. Film memiliki penulisan karakter yang menarik, dengan produksi film yang menonjolkan gaya hidup chic berkelas di New York.

The Breakfast Club (1985)

“The Breakfast Club” merupakan salah satu film drama remaja yang ikonik. Bercerita tentang sekelompok remaja dengan berbagai latar belakang dan kepribadian yang harus pergi ke sekolah pada hari libur untuk menjalani hukuman. Meski hanya berlokasi di gedung sekolahan sepanjang film, John Hughes sebagai sutradara dan penulis naskah mampu menghadirkan kisah yang mengandung berbagai emosi remaja. Baik sisi komedi dan pemberontakan yang riang, hingga sisi depresi dan frustasi yang dialami oleh setiap remaja.

The Truman Show (1998)

Berikutnya ada film fantasi komedi, “The Truman Show”. Film ini memiliki premis cerita yang merupakan ketakutan bagi setiap manusia; bagaimana jika kita hanya manusia yang hidup dalam sebuah simulasi? Disutradarai oleh Peter Weir dan dibintangi oleh Jim Carrey, film drama komedi satu ini masih menjadi salah satu daftar film yang wajib ditonton hingga saat ini karena ide cerita yang original.

Dazed and Confused (1993)

Richard Linklater merupakan salah satu sutradara angkatan lama dengan filmography menarik yang kaya dialog dan menyentuh sisi natural manusia. Mulai dari “Boyhood”, “Before Trilogy”, dan satu lagi yang wajib ditonton adalah “Dazed and Confused”. Film ini berlatar pada tahun 1976 di Texas, dimana sekumpulan remaja sedang merayakan hari terakhirnya sebagai siswa SMA.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect