Connect with us
rekomendasi animasi Gobelins

Cultura Lists

10 Film Animasi Pendek Gobelins Terbaik

Sederet film animasi pendek karya murid Gobelins School of images.

Gobelins merupakan akademi dengan spesialisasi komunikasi visual dan seni, termasuk animasi, di Paris. Setiap tahunnya, Gobelins mengadakan Annecy Festival sebagai ajang unjuk bakat murid tahun kedua dalam mengeksekusi film animasi pendek.

Ada tema menarik yang diangkat setiap tahunnya untuk memeriahkan festival animasi tersebut. Kita juga menikmati karya-karya terbaik murid Gobelins melalui film pendek yang di-upload di channel Youtube resmi mereka. 

Animasi Prancis memiliki skena hiburan yang tak kalah berkualitas layaknya animasi Jepang dan Amerika yang lebih populer. Selain gaya visual yang lebih variatif, artistik, dan kreatif, animasi Prancis kerap mengandung naskah cerita yang lebih dewasa, mulai dari animasi art house  hingga mengangkat isu yang relevan dengan kehidupan nyata. Berikut sederet film animasi pendek Gobelins terbaik. Kita juga bisa menonton lebih banyak lagi judul lainnya di channel Youtube Gobelins. 

Best Friend

Animasi satu ini akan terasa seperti salah satu episode dari “Black Mirror” yang sering kali suspenseful. Berlatar di masa depan, seorang pria kesepian memiliki adiksi pada sebuah produk bernama ‘Best Friend’. Lebih dari menampilkan gaya animasi yang vibrant dengan dominasi warna kuning, konsep dan penulisan skenario pendek film ini sangat on point. Mengungkit isu kesepian pada banyak orang dewasa di era modern, hingga esensi dari sahabat sejati itu sendiri. 

SHUDO

‘Shudo’ merupakan istilah dari Jepang yang dimaknai sebagai hubungan sesama gender pada pria. Di era Edo, tak jarang seorang samurai mengadopsi laki-laki muda untuk menjadi murid. Mereka juga bisa memiliki hubungan seksual selama proses tersebut. “SHUDO” merupakan animasi pendek yang tak sampai 1 menit, memvisualisasikan makna dari shudo. Mengaplikasikan dua adegan yang kontras, antara hubungan yang hangat dan pertarungan dingin dengan animasi transisi yang mulus. 

Memo

Melalui “Memo”, kita akan melihat visualisasi dari penyakit alzheimer yang diidap oleh seorang pria tua. Seorang pria hanya ingin membeli kopi di toko terdekat, meski dilarang oleh anaknya melalui telepon. Dengan memanfaatkan kebebasan visual dalam media animasi, film pendek ini memberikan kita perspektif dari seseorang yang memiliki alzheimer. Bagaimana penyakit ini membuat mereka kesulitan dalam melakukan rutinitas yang sederhana.

In Between

Jika “Memo” terinspirasi dari alzheimer, “In Between” merupakan animasi pendek tentang gangguan kecemasan yang didapat oleh seorang wanita muda. Dibawakan dengan gaya penulisan yang lebih ringan dan humoris, gangguan kecemasandi wujudkan dalam rupa buaya biru yang menggangu. Film animasi ini memberikan pendekatan cerita ke arah yang lebih positif daripada depresif menyinggung tema kesehatan mental.

IN ORBIT

Selain berbagai animasi pendek yang unggul dalam penulisan cerita, tak sedikit animasi Gobelins memiliki gaya visual yang artistik dan variatif. Salah satu yang terbaik adalah “In Orbit”. Berlatar di markas luar angkasa, animasi pendek ini memiliki gaya ilustrasi yang simple, namun diakselerasi dengan sinematografi dan animasi yang immersive dengan segala keterbatasan animasi 2D. Kemudian didukung dengan sound mixing untuk ambient yang menggugah.

Quand J’ai Remplacé Camille

‘When I Replaced Camille’ juga menjadi animasi pendek Gobelins yang mengandung banyak simbol dan makna tersembunyi. Memanfaatkan objek tertentu hingg permainan warna untuk menyampaikan emosi tertentu. Komposisi musik latar dan sound effect dalam animasi ini juga memiliki mixing yang bagus. Bercerita tentang seorang atlit renang yang menggantikan atlet berbakat sebelumnya, animasi pendek ini hendak menggambarkan bagaimana ambisi mampu menjadi sesuatu yang berbahaya. 

Un Diable Dans La Poch

‘A Devil In The Pocket’ memiliki naskah cerita pendek layaknya dongeng anak dengan pesan moral. Tentang tujuh anak-anak yang menjadi saksi pembunuhan dan diancam untuk bungkam. Animasi ini memiliki gaya ilustrasi tanpa garis yang melebur, memberikan kesan dreamy dan fantasi yang lembut. Ada banyak makna yang bisa kita ungkit dari animasi ini, mulai dari kegelisahan menyimpan rahasia, rasa bersalah, hingga hilangnya keluguan anak. 

Rest in Peace

‘Rest in Peace” merupakan animasi pendek dengan gaya kartun childish, dengan konsep cerita yang menarik. Mungkin akan tepat untuk menggambarkan sifat manipulatif dari seorang tokoh politik hingga pemimpin dunia. Animasi ini juga mengandung banyak simbol visual hingga foreshadow. Satu lagi elemen paling memikat dari animasi ini adalah pengisi suara tokoh utama dengan karakteristik yang sangat kuat sebagai sosok berkharisma namun manipulatif.

Killing Time

‘Waktu’ menjadi subjek utama dalam animasi “Killing Time”. Bercerita tentang seseorang yang hendak membunuh waktu. Kita kerap merasa terdesak dan takut dengan waktu yang terasa lebih cepat. Meski sebetulnya sangat tidak mungkin untuk menghindari kegelisahan satu ini. Animasi pendek ini kurang lebih hendak mendeskripsikan perasaan tersebut. Melalui ilustrasi yang vibrant, animasi yang semarak, hingga narasi yang bermakna tentang memaknai waktu. 

A Gong

Tak jarang murid Gobelins terinspirasi dari kebudayaan tertentu dalam membuat proyek animasinya. “A Gong”, atau yang memiliki arti ‘Kakek’, adalah film animasi pendek yang terinspirasi dari acara pemakaman Taiwan. Diceritakan seorang bocah laki-laki sedang menghadiri upacara pemakaman kakeknya. Meski sangat pendek. Ada adegan utama yang berhasil menyampaikan rasa bergabung dan kehilangan dari seorang cucu pada kakeknya yang akan membuat kita emosional.

Click to comment

top gun maverick top gun maverick

Top Gun: Maverick Review – Sajian Nostalgia Yang Mendebarkan

Film

Chip ‘n Dale: Rescue Rangers Chip ‘n Dale: Rescue Rangers

Chip n’ Dale: Rescue Rangers Review

Film

Little Big Women Little Big Women

Little Big Women: Cerita Para Perempuan dan Cara Menyembuhkan Diri dengan Memaafkan

Film

Coda review Coda review

CODA Review: Antara Mimpi dan Menjadi Telinga Bagi Orang Lain

Film

Advertisement
Connect