Connect with us
Wasp Network merupakan sebuah film original Netflix yang dirilis perdana pada tahun 2019 di Festival Film Venice.
Netflix

Film

Wasp Network Review : Kisah Patriotik Para Intelijen Kuba

Menceritakan hubungan pelik antara Amerika Serikat dan Kuba Pada Tahun 1990-an.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Wasp Network merupakan sebuah film original Netflix yang dirilis perdana pada tahun 2019 di Festival Film Venice. Film ini disutradarai oleh Olivier Assayas dan merupakan hasil adaptasi dari sebuah buku berjudul The Last Soldiers of The Cold War karya Fernando Morais. Keduanya merupakan adaptasi dari sebuah kisah nyata.

Film ini menceritakan sejarah embargo yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Kuba pada tahun 1990-an. Seluruh hubungan bisnis antar dua negara dipaksa berhenti. Tidak adanya hubungan ekspor-impor berimbas parah pada kehidupan warga negara Kuba.

Embargo yang dilakukan Amerika Serikat diakibatkan oleh keberhasilan presiden Fidel Castro menggulingkan mantan presiden Fulgencio Batista. Lebih parahnya lagi, Fidel Castro mengubah Kuba menjadi negara komunis dan memilih bekerjasama dengan musuh terbesar Amerika Serikat, yaitu Uni Soviet.

Wasp Network

Bertahan Hidup Sebagai Mata-Mata di Negara Musuh

Cerita dibuka dengan kisah seorang pilot asal Havana, Kuba bernama Rene Gonzalez (Edgar Ramirez). Seperti biasanya, setiap pagi ia pergi bekerja dan mempersiapkan pesawatnya. Namun, pagi itu Rene memiliki misi lain. Berbekal kewarganegaraan Amerika Serikat yang dimilikinya, Rene menerbangkan pesawat dan kabur menuju Miami. Ia meninggalkan istrinya, yaitu Olga (Penelope Cruz) dan seorang anak perempuan.

Rene mengakui dirinya adalah seorang pengkhianat karena sudah kabur meninggalkan Kuba. Ia kabur ke Miami dengan alasan tidak kuat lagi hidup di Kuba. Bahan pangan, listrik, dan hampir semua sumber daya dibatasi di negara itu.

Wasp Network

Netflix

Rene perlu mencari pekerjaan untuk bisa hidup di Amerika Serikat. Akhirnya, ia bergabung dengan sebuah kubu penentang rezim Castro bernama Brothers to the Rescue. Tujuan utama Brothers to the Rescue adalah menjatuhkan Kuba dan juga pemerintahannya. Mereka mengirim teroris untuk merusak pariwisata Kuba yang menjadi satu-satunya ladang penghasilan bagi negara itu.

Kehidupan yang sulit di Havana juga dirasakan oleh Olga dan puterinya. Mereka dilabeli sebagai istri dan anak dari seorang pengkhianat. Namun, Olga dihadapkan pada satu kenyataan mengejutkan tentang apa yang sebenarnya dilakukan oleh sang suami di Miami.

Gerardo Hernandez (Gael Garcia Bernal), yaitu ketua dari sebuah organisasi rahasia Kuba bernama Wasp Network memberitahu bahwa Rene sebenarnya bukanlah pengkhianat negara. Rene adalah seorang intelijen Kuba yang bertugas memata-matai pergerakan kubu dan organisasi terlarang yang berusaha menjatuhkan negara itu.

Wasp Network Netflix Review

Netflix

Olga dan sang puteri berusaha untuk pergi meninggalkan Kuba dan berkumpul kembali bersama Rene di Amerika Serikat. Dengan segala masalah prosedur birokrasi yang dihadapinya, akhirnya keluarga kecil itu dapat kembali bersatu dan tinggal bersama di Miami. Tentu saja, cerita tidak berakhir di situ. Kehidupan Rene sebagai mata-mata Kuba selalu berada di bawah bayang-bayang ancaman Amerika Serikat.

Film yang Rumit dengan Durasi Panjang

Wasp Network merupakan sebuah film yang menceritakan kembali sejarah kelam yang terjadi anatara Kuba dan Amerika Serikat. Jika asing dengan sejarah tersebut, mungkin satu jam pertama film ini hanya akan meninggalkan pertanyaan besar bagi penonton. Film ini sama sekali tidak menceritakan terlebih dahulu latar belakang alasan Kuba dan Amerika Serikat tidak memiliki hubungan yang baik pada masa itu.

Kita disuguhkan sebuah film dengan durasi sekitar 2 jam dengan plot cerita yang tidak teratur. Setiap transisi terjadi, penonton dibuat kebingungan pada adegan selanjutnya. Hal tersebut diakibatkan oleh latar tempat yang terus berpindah-pindah sepanjang cerita. Untungnya, setiap tempat dalam film ini merupakan tempat dengan pemandangan indah seperti Havana, Miami, dan Florida. Selain latar tempat, latar waktu dalam film ini juga sering kali berubah-ubah.

Banyak adegan yang seharusnya tidak perlu diperlihatkan terlalu lama, contohnya seperti adegan pesta pernikahan Juan Pablo Roque (Wagner Moura) dengan sang istri. Adegan-adegan yang tidak bermakna dalam film ini membuat film menjadi terasa rumit dan sulit untuk diikuti. Cerita menjadi terasa membosankan karena penonton kesulitan untuk fokus pada poin utama cerita.

Terlepas dari kekurangannya, Wasp Network sangat beruntung karena telah dibintangi oleh aktor dan aktris yang penuh talenta. Edgar Ramirez dapat memerankan Rene Gonzalez dengan sangat baik. Sifat Rene yang tenang dan memiliki jiwa patriotik yang sangat besar dapat disampaikan oleh Edgar melalui kemampuan aktingnya.

Tentu saja, nama yang paling menonjol dalam film ini adalah Penelope Cruz. Aktris bertalenta ini telah memerankan banyak karakter di beberapa judul film, sehingga kehadirannya dalam film ini tidak terasa terlalu asing. Ia memerankan Olga Salanueva-Gonzalez, yaitu seorang tokoh perempuan kuat dan sangat mandiri. Dalam beberapa adegan, Penelope sukses membuat penonton ikut merasakan tekanan dan kesedihan yang dirasakan oleh Olga.

Secara keseluruhan, film ini mungkin akan menjadi film yang membosankan bagi penonton yang tidak megetahui tentang sejarah hubungan Kuba dan Amerika Serikat. Jika ingin mencari film yang menghibur, mungkin Wasp Network bukanlah pilihan terbaik. Namun, jika penasaran dengan jalan ceritanya dan ingin belajar sejarah, Wasp Network bisa dinikmati di Netflix sejak tanggal 19 Juni lalu.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect