Connect with us
Uncharted
Sony Pictures

Film

Uncharted Review: Kisah Petualangan Para Pemburu Harta Karun

Perjalanan mencari harta karun yang penuh aksi dan misteri.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Uncharted” merupakan film adaptasi video game “Uncharted” yang pertama kali keluar pada 2007 lalu. Game ini menjadi salah satu game petualangan dan aksi terbaik. Apakah petualangan para pemburu harta karun ini akan berhasil dialih wahanakan dalam bentuk film?

Film ini hadir sebagai prekuel dari story di game pertama Uncharted. menceritakan kisah perburuan harta karun yang dilakukan oleh keturunan penjelajah terkenal Sir Francis Drake, yaitu Nathan Drake (Tom Holland).

Semenjak dimulainya babak pertama film, “Uncharted” sudah menampilkan aksi-aksi khas petualangan dalam sebuah game. Penonton seperti diajak menelusuri teka-teki dan menyusun misteri demi sebuah harta karun yang ingin ditemukan. Nathan Drake dan Victor Sullivan (Mark Wahlbergh) sepakat untuk bekerja sama memburu harta karun untuk memulihkan kembali kekayaannya yang sudah lama hilang.

Jika berhasil menguraikan petunjuk dan memecahkan misteri tertua di dunia, Nate dan Sully akan mendapatkan harta karun peninggalan Magellan. Tetapi, masalah muncul saat sekelompok orang misterius bergabung dalam misi pencarian harta karun ini.

Apakah pada akhirnya mereka berhasil menemukan harta karun yang dicari? Terlebih setelah kedatangan orang yang mengaku sebagai ahli waris harta tersebut. Sebuah artefak kuno di sebuah pelelangan menjadi kunci perburuan ini.

Uncharted

Walau mudah ditebak, cerita aksi-misteri ini terselamatkan oleh komedi

“Uncharted” menyuguhkan aksi-aksi menegangkan dari awal filmnya, ada porsi komedi yang dibuat segar sehingga bisa menetralisir ketegangan. Nate dan Sully bisa saling terhubung melalui narasi-narasi yang lucu dan mengundang tawa.

Walaupun plotnya bisa dibilang masih tergolong generic, komedi yang hadir dalam film ini menjadi angin segar dan bisa mengimbangi proporsi aksi-misteri yang menjadi fokus dasarnya.

Plot cerita “Uncharted” diatur dengan cukup rapi, walaupun beberapa aksi masih terkesan terlalu kaku, jalan cerita yang klise membuat film ini pada dasarnya lebih mudah ditebak.

Uncharted

Peforma akting memukau dengan chemistry yang solid

Eksistensi Tom Holland memerankan Peter Parker di “Marvel Cinematic Universe” berdampak besar terhadap ekspektasi penonton dalam setiap karakter yang diperankannya. Walapun “Uncharted” tidak bisa dibilang sebagai penampilan terbaiknya, tetapi perannya sebagai  Nathan Drake cukup menarik perhatian. Terlebih chemistry-nya dengan Mark Wahlberg menjadikan cerita semakin hidup. Bisa dibilang adu peran keduanya memerankan karakter Nate dan Sully menjadi separuh nyawa dalam film ini.

Protagonis di film ini dibuat lebih menonjol, akhirnya mengesampingkan peran antagonis yang sebenarnya bisa mengisi jalan cerita agar bisa lebih hidup. Antonio Banderas yang berperan sebagai Santiago Moncada hanya diberi sedikit panggung dengan karakter yang sebenarnya bisa sangat berkembang dan menjanjikan.

Menarik berkat visualnya yang cukup apik

Dari segi visual, “Uncharted” nyaris sempurna, menampilkan view khas film-film bertema petualangan dan video game. Latar tempat seperti New York, Barcelona, dan beberapa lokasi eksotis diekplorasi melalui visual yang menakjubkan.

Aksi-aksi yang ditampilkan Tom Holland masih menambah daya tarik yang besar, setting yang mengambil beragam latar seperti daratan, udara, maupun perairan menjadikan adegan aksi tidak monoton di tempat itu-itu saja.

Secara keseluruhan, “Uncharted” tidak ada bedanya dengan film-film sejenis yang bertema perburuan harta karun, masih mengandalkan unsur-unsur general seperti mengurai teka-teki dan mengusung misteri dan drama pencarian, tetapi film ini masih cukup menarik untuk diikuti.

“Uncharted” tertolong oleh peforma Tom Holland dan Mark Wahlbergh yang berjuang mati-matian menampilkan acting memukau dengan chemistry cukup solid. Walaupun diluar ekspektasi para penikmat video game, “Uncharted” masih bisa tergolong sebagai film yang cukup baik dalam mengeksekusi film ber-genre petualangan dan misteri.

The Outsider Review The Outsider Review

10 Film Hollywood dengan Estetika Jepang

Cultura Lists

Happiest Season Happiest Season

Rekomendasi Film Chick Flick 2020an

Cultura Lists

Kilas Balik Trilogi Baru Star Wars: Kehancuran Sebuah Franchise

Entertainment

My Missing Valentine My Missing Valentine

My Missing Valentine: Menyusuri Ingatan Satu Hari yang Hilang

Film

Connect