Connect with us
The Soul-Mate adalah film asal Korea yang rilis di tahun 2018.

Film

The Soul-Mate Review

Kisah belahan jiwa dari alam berbeda yang bersama-sama memerangi human trafficking.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Jang Soo (Ma Dong Seok) adalah seorang pemilik tempat latihan judo. Tubuhnya kekar dan kemanapun pergi ia sering memakai jaket latihan. Orang tentu berpikir ia kuat. Pantas bila orang-orang berharap ia membantu menegakkan keadilan. Misalnya membela orang yang diperlakukan buruk oleh preman di tempat umum. Tapi ia tidak mau tahu. Apapun kondisi orang lain di depan matanya, ia tak peduli. Jang Soo hanya mau memikirkan urusannya sendiri.

Tae Jin (Kim Young Kwang) adalah seorang polisi muda yang hidup dengan lurus. Ia selalu berusaha menjalani profesinya dengan segenap hati. Namun suatu hari, karena pengabdiannya yang besar, ia justru dicelakai oleh para kriminal. Tae Jin berada dalam kondisi koma. Hanya Jang Soo yang bisa melihat rohnya. Ia lalu memohon pertolongan Jang Soo agar membantunya memecahkan kasus tersebut. Jang Soo yang hidup dalam trauma menolak membantu orang lain.

The Soul-mate Review

The Soul-Mate (2018)

The Soul-Mate adalah film asal Korea yang rilis di tahun 2018. Judul dalam negerinya sendiri adalah Wonderful Ghost. Film berdurasi 97 menit ini mengambil genre komedi. Sebenarnya jalan ceritanya biasa saja dan tidak mengangkat suatu hal yang baru. Ditambah lagi, ada banyak plot hole dalam skenarionya. Padahal film ini dibintangi aktor dan aktris yang kemampuan aktingnya tak perlu diragukan. Sangat disayangkan karena film ini seharusnya bisa lebih baik lagi.

Judulnya sendiri bisa jadi membuat kita salah mengira bahwa soulmate yang dimaksud adalah laki-laki dan perempuan yang terlihat dalam hubungan cinta. Soulmate di sini maksudnya adalah pertemanan antara Jang Soo dan Tae Jin. Mereka yang awalnya saling tidak suka dan curiga akhirnya tanpa sengaja menjadi berhubungan baik. Perkembangan karakter dari yang awalnya saling benci menjadi terhubung ini digambarkan dengan smooth. Sehingga tidak terlihat seperti perubahan yang tiba-tiba.

Walaupun genrenya komedi, seperti biasa ciri khas dari film Korea adalah berhasil mengaduk emosi penonton. Kita akan dibuat menangis juga di beberapa adegannya. Selain itu kita akan melihat beberapa scene yang romantis terutama di antara hubungan ayah dan anak. Jang Soo sebagai ayah berhasil membangun chemistry yang baik dengan sang putri, Do Kyung. Begitu pula chemistry antara Tae Jin dengan calon istrinya, Hyun Ji, yang sangat baik.

Bagi yang menyukai film bergenre komedi dengan sentuhan drama maka The Soul-mate layak ditonton. Namun jangan berekspektasi lebih pada aspek kriminalnya. Sisi kriminalnya biasa saja. Tak perlu juga memikirkan berat-berat hal tidak masuk akal dalam film ini seperti bagaimana preman bisa berlarian di dalam rumah sakit. Cukup nikmati saja jalan ceritanya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect