Connect with us
The Novice Review
IFC Films

Film

The Novice Review

Mengikuti langkah penuh ambisi seorang atlet yang salah jalan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“The Novice” merupakan film bergenre drama-thriller yang menceritakan ambisi gila seorang gadis muda untuk mencapai impiannya sebagai pedayung terbaik di universitas. Film dengan durasi 94 menit ini disutradarai oleh Lauren hadaway dan menampilkan Isabelle Fuhrman sebagai protagonis utamanya.

“The Novice” menceritakan seorang mahasiswa tahun pertama perguruan tinggi yang memiliki karakter aneh bernama Alex Dall (Isabelle Fuhrman). Ia bergabung dengan tim dayung di kampusnya dengan bekal ambisi besar untuk menjadi yang terdepan, apapun taruhannya Alex begitu ingin lebih unggul dari yang lain.

Usaha Alex dimulai dengan menjadi sangat keras pada diri sendiri, di sepanjang film karakter Alex mengajak penonton untuk mengikuti petualangan pencapaian ambisinya dengan tempo yang mendebarkan dan intens melalui bagaimana Alex menggembleng dirinya sendiri sampai pada batas kemampuannya.

Konflik dimulai ketika Alex dihadapkan realitas bahwa seorang rival memiliki ambisi dan kemampuan sebanding dengannya. “The Novice” menyoroti obsesi gila protagonis utamanya untuk mencapai keinginan menjadi atlet dayung terhebat dan mengesampingkan hal-hal penting lain demi tujuan pribadi.

The Novice

Kesempurnaan Teknis dari Perspektif Olah Raga Dayung

“The Novice” mungkin bukan film yang menyajikan olah raga sebagai fokus tema, karena lebih menonjolkan pergulatan psikologis karakter utamanya. Namun, naskahnya begitu detail menggambarkan dayung melalui perspektif yang lebih profesional, mungkin hal ini karena peran besar Lauren Hadaway sebagai penulis dan sutradaranya, Hadaway mengangkat kisah ini dari pengalaman pribadinya.

Beberapa shoot dibuat sangat indah dengan memakai unsur pencahayaan dan suara yang tepat sehingga adegan seperti saat latihan digambarkan dengan penekanan rasa sakit dan penderitaan yang mungkin banyak dialami oleh atlet pada umumnya. Alex Dall merasakan kesakitan dan kesulitan tersebut, tetapi Ia butuh perasaan seperti itu untuk menuntaskan ambisi gilanya.

Panggung Besar untuk Isabelle Fuhrman

Isabelle Furhman dikenal berkat perannya sebagai Esther di film “Orphan” (2009), melalui “The Novice” Ia membuktikan kemampuannya memerankan karakter Alex Dall dengan baik yang bertransformasi utuh dari awal sampai film berakhir.

Karakter Alex Dall di awal film mungkin hanya ditampilkan sisi permukaannya saja, tetapi Ia berhasil mengembangkan sosok Alex menjadi pribadi yang sulit diterka. Ia mampu membawa karakter ini nampak ambigu dan minim penjelasan, kesan diam seorang Alex malah menjadi teka-teki apa sebenarnya yang Ia cari dan inginkan. Isabelle Furhman berhasil menciptakan kesempurnaan Alex melalui kesan misterius dan sulit ditebak.

Visualisasi Indah dan Suara yang Mampu Bercerita

Hal pertama yang bisa dinikmati ketika menonton “The Novice” adalah kesempurnaan pembawaan unsur berlapis pada segi suara filmnya, perpaduan antara alunan musik lembut, suara angin dan kicau burung, atau suara napas dan hentakan langkah kaki yang menyiratkan kesan keheningan yang berpadu dengan perasaan tegang. Suasana yang dibangun melalui suara-suara yang hadir menjadi poin besar dari film ini, keberadaannya menciptakan perasaan berbahaya dan tidak tenang.

Beberapa adegan juga menampilkan kesunyian yang teramat pekat, mungkin secara teknis pola ini disisipkan untuk menandai bahwa pengejaran ambisi yang dilalui oleh peran utamanya butuh tempat beristirahat. Melalui gambaran unsur-unsur seperti pepohonan, suara air, juga hembusan angin, “The Novice”  memiliki visual kuat yang terpancar bukan hanya dari sudut pandang pengambilan gambarnya tetapi juga unsur suara yang mengiringi.

Debut Perdana Lauren Hadaway yang Membuka Jalan Terang

Gaya penceritaan dan pemilihan tema horor-psikologis yang diusung oleh Lauren Hadaway rasanya cukup membuat penonton terpukau, karya pertamanya ini ditulis sekaligus disutradarai dengan begitu apik sehingga karya-karya dia selanjutnya harus lebih dinantikan lagi.

Menceritakan pengalaman pribadinya sebagai seorang mahasiswi yang mengikuti klub dayung di universitas, kisah ini dibangun lebih megah melalui gaya penceritaan yang sentimentil dan berani. Tangkapan penglihatan Lauren ternyata bisa lebih jujur dan intensif karena membawa cerita yang mengikutinya sepanjang masa mudanya.

Secara garis besar “The Novice” memberikan ruang hampa melalui karakter utamanya yang ambigu dan kebingungan dengan apa yang sedang dilakukannya. Akan tetapi film ini bisa menjadi cermin bahwa segala sesuatu yang pada awalnya menarik, jika dijalani dengan ambisi yang berlebihan, mungkin harus segera dipertanyakan apakah itu sebuah minat atau hanya obsesi yang tidak sehat.

Click to comment

Teka-teki Tika Review Teka-teki Tika Review

Teka-teki Tika Review: Wadah Eksperimen Tanggung Rasa

Film

Django Unchained Django Unchained

Django Unchained Review: Kisah Balas Dendam Seorang Budak

Film

Cyber Hell: Exposing an Internet Horror Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

Cyber Hell: Exposing an Internet Horror Review

Film

A Beautiful Mind A Beautiful Mind

A Beautiful Mind Review: Kisah Perjuangan Matematikawan Peraih Nobel

Film

Advertisement
Connect