Connect with us
followers netflix
Followers | Netflix

Cultura Lists

Rekomendasi Serial TV Jepang Tahun 2020

Mulai dari dorama bertema remaja hingga sejarah.

Tak hanya drama Korea saja, drama Jepang alias dorama memiliki pasarnya sendiri di Indonesia. Banyak dari dorama ini diadaptasi dari manga ternama. Tentunya dorama memiliki keunikan dibanding kdrama. Mulai dari gaya berpakaian, riasan, hingga plot ceritanya pun cukup berbeda.

Bagi beberapa orang mungkin dorama terasa agak aneh apalagi yang bergenre romance dan komedi.

Followers

Serial ini menceritakan tentang perempuan-perempuan di Tokyo beserta gaya hidup dan ambisinya. Seorang fotografer berbakat, Limi Nara, memiliki kehidupan pribadi dan professional yang sama-sama baik. Suatu hari ia memotret aktris muda Natsume Hyakuta yang memiliki banyak kendala dalam karirnya. Kehidupan Natsume dan orang-orang di sekitarnya pun berubah.

Drama ini menggambarkan bagaimana hidup kita dipengaruhi dengan media sosial. Followers dapat dilihat di Netflix.

Dasada

Yuria Sada adalah murid di sekolah khusus perempuan. Ia terkejut ketika mengetahui bahwa orangtuanya terlilit hutang sebanyak 10 juta yen yang harus dibayar dalam waktu 6 bulan. Bila tidak, mereka akan kehilangan usaha jahit yang mereka miliki. Yuria dibantu teman sekelasnya membuat clothing line Dasada untuk membayar utang orangtuanya.

Ju-On Origins

Waralaba sukses dari Jepang yang dibuat serialnya oleh Netflix ini berjumlah 6 episode saja. Berkisah tentang kutukan sebuah rumah tua di mana siapa saja yang masuk ke dalamnya akan terlibat kejadian berdarah. Namun serialnya sendiri tak hanya berisi adegan-adegan horor tapi juga dibumbui sentuhan kriminal. Serial ini minim jumpscare tapi kita akan dibuat tidak nyaman dengan perilaku tokoh-tokoh di dalamnya.

Ju-On Origins Review: Perpaduan Antara Horror dan Suspense Crime

The Way Of Househusband

Drama ini merupakan adaptasi dari manga Gokushufudo yang ditulis dan digambar oleh Kousuke Oono. Berkisah tentang Tatsu, mantan yakuza legendaris berusia 38 tahun yang sangat ditakuti. Dulu ia dijuluki Immortal Dragon. Ia pensiun dan menikahi Miku. Sejak itu Tatsu menjadi seorang bapak rumah tangga. Keputusannya menjadi bapak rumah tangga dilakukan untuk mendukung karir istrinya.

Women Document Detective Season 2

Season kedua drama dengan judul Jepang Mikaiketsu no Onna: Keishichou Bunsho Sousakan ini berkisah tentang dua orang detektif yang bekerja sama memecahkan kasus sulit. Pertama adalah Tomo Yashiro, detektif yang menjunjung tinggi keadilan. Ia sangat menyukai pekerjaannya dan pandai bela diri. Partnernya adalah Risa Narumi, seorang detektif yang memiliki kemampuan menilai kepribadian orang dari tulisan tangannya.

Peanut Butter Sandwich

Pemerintah Jepang mendirikan organisasi yang bernama unik, Peanut Butter Sandwich. Dipilih empat perempuan yang akan didukung dalam perjalanannya mencari lelaki untuk dinikahi. Organisasi ini berhasil mendapatkan empat kandidat untuk masuk ke program ini yaitu Miharu yang perawat, Sayo dan Miwa yang orang kantoran, dan Akane yang seorang sekretaris. Ironisnya staff dari organisasi ini justru orang-orang yang tidak memiliki ketertarikan pada orang lain apalagi pada pernikahan.

Furo Girl

Sayoko Oyumino adalah seorang pekerja kantoran yang suka mandi. Dia selalu memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas mandi. Misalnya bath bombs, teknik membersihkan kamar mandi, hingga camilan yang dimakan sehabis mandi. Ide cerita yang tak biasa ini diadaptasi dari manga berjudul sama yang dibuat oleh Yukio Katayama.

Middle-Aged Man Loves Cute Things

Judul Jepang drama ini adalah Ojisan wa Kawaii Mono ga Osuki dengan jumlah episode sebanyak 5 buah. Berkisah tentang Mitsutaka Oji yang bekerja sebagai manajer di departemen sales. Ia adalah seorang duda dan hidup seorang diri. Orang-orang di kantor menghormatinya. Tapi ia punya rahasia. Yaitu mengoleksi benda-benda yang imut dan berkebalikan dengan citranya. Drama ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama.

Awaiting Kirin

Awaiting Kirin alias Kirin ga Kuru adalah drama sejarah yang menceritakan kehidupan Mitsuhide Akechi (Hiroki Hasegawa). Ia adalah seorang samurai sekaligus jendral di Periode Sengoku. Mitsuhide memimpin pemberontakan melawan seorang daimyo bernama Oda Nobunaga yang menguasai Tokyo. Daimyo merupakan sebutan pada samurai yang memiliki banyak tanah dan berstatus sosial tinggi. Drama ini memiliki rating yang tinggi.

Youkai Sharehouse

Mio Meguro adalah orang yang pemalu dan terlalu memikirkan pendapat orang lain. Ini membuatnya tidak jujur mengatakan apa yang ia rasakan. Ia mendapat pekerjaan dan berkencan dengan teman kerjanya. Tapi ternyata laki-laki itu adalah orang jahat. Si mantan membuat Mio kehilangan pekerjaan dan jatuh miskin. Mio lalu tinggal di sebuah sharehouse. Di sana hidupnya menjadi berubah karena ada sosok youkai yang tinggal. Youkai adalah makhluk mistis dalam budaya Jepang.

Private Detective Rintaro Yuri

Rintaro Yuri dulunya bekerja sebagai kepala di divisi investigasi pertama di Tokyo. Karena suatu hal ia resign dan kembali ke kampong halamannya di Tokyo. Kini ia bekerja sebagai psikolog forensik. Jasanya banyak digunakan oleh para polisi untuk membantu mereka dalam melakukan investigasi. Ia mempelajari teknik investigasi itu dari seorang pemburu di Amerika. Rintaro dibantu sang asisten mendokumentasikan pekerjaannya dalam website Yuri Rintaro no Jikenbo.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect