Connect with us

Makin Dikit, Makin Praktis

5 item yang cukup punya satu saja.

Budaya konsumtif sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan masyarakat urban saat ini. Akses belanja yang semakin banyak alternatif dan menawarkan kemudahan, menstimulasi kita untuk terus membeli barang yang sebetulnya tidak kita butuhkan.

Pernahkah berpikir bahwa memiliki barang personal terlalu banyak buat rutinitas semakin ribet? Ribet kalau mau traveling, tas tidak cukup, ada yang ketinggalan. Padahal ada beberapa item yang mungkin kita cukup punya satu saja. Semakin sedikit yang harus dimiliki, secara tidak langsung akan membuat rutinas sehari-hari makin praktis. Berikut beberapa item yang kita cukup punya satu saja.

Headphone/Headset

Headset merupakan salah satu item yang sebetulnya kita cukup punya satu saja. Kita sebetulnya tidak butuh punya headphone, earbuds, dan portable earbuds untuk masing-masing gadget yang kita miliki.

Pilih satu model headset yang paling nyaman digunakan dan sesuai dengan selera. Kini banyak headset berkualitas tinggi yang tahan lama dengan konektor universal untuk semua gadget. Beli sekalian headset mahal tapi sesuai dengan kualitas dan keawetan barang.

Daripada beli headset kualitas rendah yang harus diganti setiap 3 bulan sekali. Coba diakumulasi harga headset yang cuma tahan 3 bulan dengan headset yang bisa tahan 1 tahun lebih, sebetulnya harganya tidak jauh berbeda. Dengan begini kita juga berkontribusi mengurangi sampah elektronik.

Jam Tangan

Buat apa punya jam tangan banyak kalau yang favorit sebetulnya cuma satu? Setiap dari kita pasti punya jam tangan favorit yang paling nyaman digunakan setiap hari. Kita tidak perlu jam tangan casual dan jam tangan formal hanya karena fashion.

Ada banyak model jam tangan yang netral dan cocok untuk berbagai gaya busana. Kalau cuma satu jam tangan, kita juga tidak akan dihadapkan pilihan setiap pagi untuk ‘pilih jam tangan yang mana?’. Meski hanya mengeliminasi pilihan kecil, dijamin akan meringankan persiapkan kita sebelum memluai rutinitas.

Tas

Memiliki tas sehari-hari lebih dari satu sebetulnya tidak praktis untuk persiapan kita sebelum keluar rumah. Dimana kita akhirnya harus memindah semua barang-barang esensial kita ke tas lainnya, memakan waktu lagi, bukan? Belum lagi potensi barang penting yang bisa tertinggal di tas sebelumnya. Tas cukup punya satu saja. Usahakan mencari tas dengan model yang fungsional, jadi bisa digunakan untuk berbagai agenda. Sesuaikan juga dengan gaya hidup personal atau profesi.

Botol Minum

Dalam rangka menjaga lingkungan, kurangi membeli minuman mineral yang sebetulnya bisa kita bawah sendiri dari rumah. Botol minum juga patut punya satu saja, idealnya sekalian yang besar namun tetap handy. Kalau punya lebih dari satu, apa bedanya dengan beli botol minum kemasan berkali-kali, bukan? Satu botol minum yang fungsional bisa kita gunakan untuk bekal minum, minum saat bekerja di rumah, atau bekal minum saat olahraga.

Smartphone

Berapa dari kita yang punya setidaknya dua smartphone? Dengan alasan satu smartphone pribadi dan satunya untuk keperluan kerja. Padahal kita cukup punya satu smartphone saja sesibuk apapun pekerjaan yang kita miliki.

Ada banyak aplikasi chat yang kini memiliki aplikasi alternatif untuk digunakan bersamaan dalam satu gadget. Usahakan juga tidak selalu beli smartphone baru karena ada model terbaru. Gadget canggih seharusnya mampu membuat hidup kita makin praktis dalam satu genggaman, bukan?

Itu tadi berbagai item yang sebetulnya kita cukup punya satu saja. Memulai gaya hidup yang minimalis dengan sedikit barang juga termasuk dalam usaha meminimalisir sampah dari barang personal kita. Miliki barang yang fungsional dan sustainable. Ingin tahu lebih banyak informasi seputar gaya hidup sustainable? Cari tahu selengkapnya di sini!

Happy Old Year Sebagai Antitesis Gaya Hidup Minimalis

Lifestyle

LabRana Menyalakan Lagi Tren Fotografi Analog LabRana Menyalakan Lagi Tren Fotografi Analog

LabRana Menyalakan Lagi Tren Fotografi Analog

Art

ruang rupa ruang rupa

ruangrupa: Pelopor Perkembangan Seni dan Kultur Kreatif

Art

Eugene Panji Paviliun 9 Eugene Panji Paviliun 9

Melting Pot Segala Jenis Komunitas Kreatif di Paviliun 9

Culture

Advertisement
Connect