Connect with us
Girl Interrupted

Film

Girl Interrupted: Sketsa Kehidupan di Bangsal Rumah Sakit Jiwa

Susanna mulai percaya kegilaannya setelah menghabiskan waktu dengan teman-teman di lingkungannya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Girl, Interrupted adalah film drama psikologis yang rilis pada Desember 1999, disutradarai James Mangold dan dibintangi Winona Ryder, Angelina Jolie, Clea DuVall dan lainnya.

Awalnya menceritakan tentang seorang wanita muda bernama Susanna Kaysen (Winona Ryder) yang berupaya bunuh diri pada tahun 1967. Kemudian ia melakukan sesi konsultasi dengan seorang psikiater. Susan pun didiagnosis Borderline Personality Disorder. Alhasil, ia harus dikirim ke rumah sakit jiwa untuk menyembuhkan gangguan kepribadiannya.

Memang secara sekilas tidak ada yang salah dengan Susan. Ia layaknya seorang remaja yang menolak untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang diinginkan orang tuanya. Namun Susan mulai percaya kegilaannya setelah menghabiskan waktu dengan teman-teman di lingkungannya. Hanya saja ia tidak bisa memahami mengapa dan apa yang salah dengannya.

Girl Interrupted

Girl, Interrupted (1999)

Di rumah sakit jiwa itu jugalah Susan bertemu dengan Lisa (Angelina Jolie) yang sudah berada di sana selama delapan tahun. Lisa adalah seorang sosiopat yang sering melakukan diri. Juga menghasut teman-temannya berhenti minum obat maupun terapi. Termasuk mengajak Susan, Daisy dan Polly yang juga merupakan teman-temannya. Susan bisa meninggalkan rumah sakit dan merebut hidupnya kembali dari 1967 sampai 1968.

Ia menyibukkan diri dengan cara melukis dan mengikuti sesi terapi reguler dengan para psikolog. Film ini menunjukan karakter, perilaku, adegan individu akting yang kuat. Itulah sebabnya Girl, Interrupted sangat memuaskan. Ceritanya memberikan konflik karakter yang bisa diselesaikan dengan drama.

Kekuatan Drama yang Kuat

Hal terbaik yang mutlak tentang film ini adalah penampilan Winona Ryder sebagai Susan dan Angelina Jolie sebagai Lisa. Mereka berdua sangat menonjol meskipun memiliki karakter yang sangat berbeda. Ryder dan Jolie memiliki hubungan yang kuat dalam bagiannya masing-masing serta memastikan realitas karakter berkelas. Itulah mengapa Girl, Interrupted menjadi salah satu film terbaik tahun 1999.

Buktinya, Jolie mendapatkan penghargaan Academy Award untuk Best Supporting Actress, The Golden Globe Award for Best Supporting Actress-Motion Picture dan Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by a Female Actor in a Supporting Role.

Girl Interrupted

Winona Ryder | Netflix

Hanya saja Ryder terlalu imut memerankan seorang Susan sehingga tidak banyak menunjukan sosok yang kusut, lesu dan depresi. Tapi secara keseluruhan, James Mangold menyutradai skenario dengan sangat baik. Dia berhasil menggambarkan semua wanita muda ini dalam kekacauan. Tidak ada melodrama dan sentimentalitas. Mangold hanya memberikan kesempatan para penonton mengintip ke dalam kehidupan mereka yang kacau.

Ia juga mampu merangkai sketsa kehidupan di sebuah bangsal. Drama film ini cukup berat dan sangat menyentuh pada saat menontonnya. Girl, Interrupted bersinar bukan karena karya seni, tapi karena kekuatan dramatisnya. Selain itu, memberikan sedikit hal baru tentang kesenjangan antara rasionalitas dan kegilaan. Dalam film ini pun argumen disajikan dengan persuasif.

Film ini juga Menawarkan sekilas tentang pengalaman pribadi yang intens akan kebenaran tanpa sinisme kelama atau kepura-puraan. Maka dari itu ini bukan film yang menyedihkan, melakinkan menguatkan kehidupan.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect