Connect with us
A Whisker Away Netflix
Netflix

Film

A Whisker Away Review: Film Animasi Fantasi yang Penuh dengan Pesan Moral

Belajar menghargai diri sendiri melalui kisah seekor kucing peliharaan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

A Whisker Away merupakan sebuah film animasi original Netflix Jepang yang baru saja dirilis pada bulan Juni lalu. Film animasi ini bercerita tentang seorang gadis yang mampu berubah menjadi seekor kucing dan ingin meninggalkan realita kehidupan manusia yang serba susah.

Junichi Sato dipilih untuk menyutradarai film animasi ini. Dengan pengalamannya menyutradarai banyak animasi bergenre shoujo sebelumnya (Sailor Moon (1992), Ojomajo Doremi (1999), dan Princess Tutu (2002)), Junichi Sato mampu memberikan aspek fantasi yang sangat kental dalam film ini. Junichi Sato juga dibantu oleh sutradara animasi terkenal, yaitu Tomotaka Shibayama.

Kabur dari Banyak Masalah dengan Cara Berubah Menjadi Kucing

A Whisker Away diawali dengan cerita seorang gadis kecil bernama Muge (Mirai Shida) yang menghabiskan malam festival musim panas bersama ibunya. Pada saat itulah Muge bertemu dengan seorang siluman kucing yang menjual topeng berbentuk wajah kucing. Sejak pertemuan dengan si kucing penjual topeng, kehidupan Muge mulai berubah.

A Whisker Away Movie Review

Netflix

Waktu bergulir dan Muge telah tumbuh menjadi seorang remaja. Muge merasa bahwa hidupnya terasa makin sulit saat dirinya mulai beranjak dewasa. Mulai dari masalah keluarga, sampai masalah perasaan sukanya yang ditolak oleh anak laki-laki bernama Hinode (Natsuki Hanae). Alasan itulah yang membuat Muge ingin meninggalkan realita kehidupannya.

Tanpa diketahui oleh sahabat maupun orang tuanya, ternyata Muge bisa berubah bentuk menjadi seekor kucing. Semua berawal sejak ia bertemu dengan si siluman kucing penjual topeng. Muge hanya perlu memakai topeng berbentuk wajah kucing untuk dapat berubah menjadi kucing putih menggemaskan.

Bagi Muge, menjadi kucing itu enak sekali. Tidak perlu datang ke sekolah, tidak perlu mengerjakan PR, selalu disayang oleh orang-orang di sekitar, termasuk oleh Hinode si penyayang kucing. Muge bisa mendapatkan banyak perhatian yang sulit ia dapatkan ketika menjadi seorang manusia.

A Whisker Away Review

Netflix

Namun, pendapatnya tentang menjadi seorang kucing mulai berubah. Lama-kelamaan, Muge tidak bisa kembali ke bentuk manusianya. Kenyataan itulah yang membuat Muge menyesali perbuatannya. Bagaimana mungkin ia bisa meninggalkan orang tua, sahabat, dan Hinode di dunia nyata dan menjadi seekor kucing selamanya?

Cerita yang Penuh Edukasi dan Pesan Moral

A Whisker Away merupakan sebuah film animasi yang cocok dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kisah yang menggugah dan menghangatkan hati merupakan aspek yang ditonjolkan dalam film ini.

Banyak sekali pesan moral yang disampaikan oleh para karakter. Premis tersebut bukanlah hal yang asing bagi si penulis naskah, yaitu Mari Okada. Ia terkenal sebagai penulis naskah animasi populer bergenre coming of age berjudul Anohana: The Flower We Saw That Day.

A Whisker Away

Netflix

Pendewasaan, usaha untuk mencintai diri sendiri, dan bersyukur dengan keadaan adalah beberapa pesan yang disampaikan oleh film ini lewat setiap karakter. Sama seperti anak muda biasanya, Muge sering sekali melakukan banyak hal tanpa memikirkan akibatnya. Untungnya, Muge masih bisa menyadari kesalahan yang telah ia perbuat dan berusaha untuk memperbaikinya.

Kualitas Animasi yang Tidak Kalah dari Film Animasi Lainnya

Studio Colorido bertanggung jawab untuk menciptakan animasi dalam film A Whisker Away. Walaupun belum memiliki banyak pengalaman dibanding rumah produksi lainnya, namun Studio Colorido telah menunjukkan kualitas animasi yang sangat baik dalam film ini.

Latar tempat Dunia Kucing digambarkan dengan sangat menawan. Atmosfer fantasi sangat terasa saat Muge dan Hinode berusaha untuk kabur dari Dunia Kucing dan kembali ke dunia nyata. Beberapa adegan dibuat dengan sangat cantik dan mengingatkan pada film animasi produksi Studio Ghibli.

A Whisker Away

Netflix

Soundtrack yang digunakan pada setiap adegan terasa sangat pas karena liriknya menggambarkan perasaan para karakter. Salah satu contohnya adalah adegan ketika Hinode pergi untuk mencari Muge di tengah kota. Latar tempat Kota Tokoname di malam hari dilengkapi dengan latar suara yang cocok membuat adegan tersebut sangat indah dan sulit untuk dilupakan.

Banyaknya pelajaran dan pesan moral yang diberikan oleh A Whisker Away, membuat film ini cocok untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Mungkin film ini bisa menjadi rekomendasi tontonan di akhir pekan. A Whisker Away dapat dinikmati juga di Netflix Indonesia.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect