Connect with us
A Sun Review
A Sun (2019)

Film

A Sun Review: Penuh Kesedihan dan Kekerasan

Sebuah film bergenre drama dan crime yang dipadu dengan sangat apik.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Taiwan memang sering kali memproduksi film berkualitas tinggi. Mulai dari plot cerita yang rapih, teknik pengambilan gambar yang menawan, kualitas akting dari para aktor dan aktrisnya, sampai ke pesan cerita yang sangat bermakna bagi penonton. Salah satunya adalah sebuah film berjudul A Sun yang dirilis tahun 2019 lalu.

A Sun merupakan film bergenre drama/crime yang disutradarai oleh Chung Mong-hong. Sejak penayangannya, film ini mendapatkan banyak sekali pujian. Pencapaian terbesar yang didapatkan film ini adalah memenangkan 6 penghargaan di festival film bergengsi Taiwan, yaitu Golden Horse Film Festival. Penghargaan tersebut didapatkan sebagai bukti bahwa A Sun merupakan sebuah film yang patut untuk diapresiasi.

Ketika Sebuah Keluarga Dirundung Banyak Masalah

Dari awal film ini berlangung, penonton sudah disuguhi adegan kekerasan yang dilakukan oleh dua pemuda, yaitu A-Ho (Wu Chien-ho) dan Radish (Liu Kuan-ting). Mereka memaksa masuk ke dalam sebuah restoran China dan langsung menyerang seorang pemuda yang sedang menikmati makan malam bersama keluarganya. Hanya dalam waktu singkat, Radish mengayunkan golok yang ia bawa dan memutus salah satu tangan dari pemuda itu.

Polisi akhirnya berhasil menangkap A-Ho dan Radish dengan dakwaan tindak kekerasan. Umur mereka yang masih remaja, membuat orang tua A-Ho dan Radish harus ikut terbebani dengan dosa yang telah diperbuat oleh anaknya. Sama seperti ibu lainnya, Qin (Samantha Ko) ingin A-Ho mendapatkan keringanan. Namun, sang ayah, yaitu A-wen (Chen Yi-wen) ingin anaknya dikurung di dalam penjara sampai akhir hayat.

a sun movie review

Photo via Netflix

Cerita mulai berpusat pada keluarga A-Ho. A-wen merupakan seorang ayah yang bekerja sebagai seorang pelatih di sebuah pusat pelatihan menyetir. A-wen terkenal sebagai pelatih yang kaku dan galak. Di sisi lain, Qin merupakan seorang istri dan ibu yang sangat halus dan pengertian. Qin bekerja sebagai penata rambut di sebuah klub malam. Mereka berdua adalah orangtua dari dua anak laki-laki, yaitu A-Hao dan A-Ho.

Tidak seperti A-Ho yang selalu menciptakan masalah dalam keluarga, A-Hao adalah anak yang membanggakan bagi kedua orangtuanya. A-Hao merupakan pemuda yang pintar, baik hati, dan selalu bertutur kata sopan terhadap siapapun. Kebaikan A-Hao dapat dirasakan oleh setiap orang yang ada di dekatnya. Namun, ternyata A-Hao memiliki sisi gelap yang sukses ia sembunyikan dari orang lain.

Kejahatan yang ia lakukan bersama Radish membawa A-Ho ke dalam sebuah lapas khusus remaja. Masalah yang A-Ho timbulkan tidak sampai di situ. Tiba-tiba seorang gadis datang ke rumah A-Ho dan bertemu dengan Qin. Gadis itu memberitahu Qin bahwa dirinya sedang mengandung buah hati dari A-Ho.

Perjuangan Sebuah Keluarga Menjadi Lebih Baik

Setelah 1,5 tahun lamanya, akhirnya A-Ho terbebas dari tuntutannya dan keluar dari lapas. Sekarang A-Ho telah menjadi seorang ayah dan kehidupannya berubah drastis. Beban yang ia tanggung menjadi lebih berat ketika ia kesulitan mencari pekerjaan karena masa lalunya. Hidupnya terasa tambah menyedihkan saat ayahnya belum bisa memaafkan kesalahan yang telah ia perbuat di masa lalu.

Sebuah perusahaan cuci mobil memberikan kesempatan A-Ho untuk bekerja. Selama 3 tahun lamanya A-Ho berusaha membangun kembali kehidupannya. Ia bahkan mulai mengobrol dengan sang ayah. Namun, seseorang kembali berusaha masuk dan merusak hidup A-Ho yang sudah perlahan membaik.

A sun netflix

Courtesy of Tokyo Film Festival

A Sun merupakan sebuah film yang menguras emosi. Kita dibuat membenci sekaligus berempati pada setiap karakter dalam film ini. Tentu saja, hal tersebut tidak terlepas dari kemampuan para aktris dan aktor yang patut diacungi jempol. Kualitas akting paling menonjol ditunjukkan oleh Chen Yi-wen dan Samantha Ko. Mereka memerankan sepasang suami-istri yang terkadang saling bertentangan, namun tetap penuh pengertian dan kasih sayang.

Banyak adegan yang diambil dengan latar perbukitan yang sangat indah. Sesuai dengan judulnya, lighting natural cahaya matahari banyak digunakkan dalam film ini. Hal tersebut sangat kontras dengan kisah keluarga A-Ho yang kelam dan penuh dengan masalah.

Akhir dari A Sun dieksekusi dengan sangat baik. Adegan yang sangat indah, namun tetap memberikan kesan mengharukan dipilih untuk menutup kisah dari keluarga ini. Kisah A-Ho dan keluarganya memberikan pesan bahwa keluarga adalah satu-satunya tempat kita kembali. Kedua orang tua akan selalu menyayangi anaknya, walaupun banyak sekali kesalahan yang telah mereka perbuat.

A Sun merupakan sebuah film yang sangat direkomendasikan bagi seluruh penikmat film. Film ini sangat menawan, namun hanya mendapatkan sedikit apresiasi, khususnya dari luar Taiwan. Film yang berdurasi 155 menit ini dapat disaksikan di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect