Connect with us
Zack Snyder’s Justice League
HBO Max

Film

Zack Snyder’s Justice League Review

Director’s Cut dari Justice League yang ternyata jauh lebih berbobot dibanding versi bioskop.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada 2017 lalu, Justice League merupakan salah satu kekecewaan terbesar yang dimiliki oleh sinema bertema superhero, baik untuk penikmat setia DC hingga dari sineasnya itu sendiri. Salah satunya disebabkan karena mundurnya Zack Snyder dari pasca-produksi film tersebut. Setelah digaungkannya #ReleaseTheSnyderCut, muncullah Zack Snyder’s Justice League yang sudah bisa disaksikan mulai Maret 2021 ini.

Seperti namanya, Zack Snyder’s Justice League disutradarai oleh Zack Snyder dan dibintangi oleh beberapa bintang ternama, di antaranya Ben Affleck, Henry Cavill, Gal Gadot, Jason Momoa, Ray Fisher, Ezra Miller, dan lain sebagainya. Layaknya versi bioskop, film ini berkisah tentang Bruce Wayne dan Diana Prince yang berusaha untuk mengumpulkan para metahuman demi mengatasi ancaman dari Steppenwolf dan pasukan Parademons-nya.

Zack Snyder’s Justice League

HBO Max

Hal kentara yang dimiliki oleh Snyder’s Cut ini adalah runtime-nya sepanjang 242 menit, membuatnya dua kali lebih lama ketimbang theatrical cut. Durasi yang panjang ini disebabkan oleh munculnya beragam detail baru yang sebelumnya tidak hadir. Supaya tidak melelahkan penontonnya, film yang datang dari visi Zack Snyder tersebut dibagi menjadi 7 bagian utama demi membuatnya lebih consumable dan ada waktu bagi penonton untuk istirahat di bagian-bagian tertentu.

Durasi yang lebih panjang tersebut juga membuat cerita dan karakter terasa lebih dalam dan kelam. Berbeda dengan versi bioskop yang terasa banyak terpotong, versi Director’s Cut ini juga mampu menampilkan cerita yang jauh lebih in-line dengan kontinuitas DC Extended Universe (DCEU) yang sudah dibangun pada Man of Steel dan Batman v Superman: Dawn of Justice. Runtime sepanjang 242 menit juga menjadikan Zack Snyder dapat memberikan selipan kisah yang baru, seperti Darkseid dengan ambisinya menguasai satu senjata hingga sedikit glimpse terkait kisah Injustice.

Memakan waktu selama 4 jam juga mampu digunakan dengan baik untuk memperdalam para karakter yang muncul, terutama bagi para metahuman yang sebelumnya gagal bersinar di Justice League versi Joss Whedon. Mulai dari beragam cerita sebelum kemunculan bersama Batman dan Wonder Woman, hingga dinamika antar para karakter tersebut membuat mereka semua terlihat lebih human dibanding versi teatrikalnya.

Zack Snyder’s Justice League

HBO Max

Selain memperkuat karakter yang sudah ada sebelumnya, Zack Snyder’s Justice League juga menjadi ajang dari kemunculan berbagai karakter baru. Yang paling mencuri perhatian tentu saja dari kehadiran Darkseid si true villain dan Martian Manhunter yang menjadi salah satu ikon dalam kelompok Justice League itu sendiri. Di samping itu, brief appearance dari Joker versi Jared Leto juga tampil lebih kelam dan lebih baik dari versi Suicide Squad yang terlalu metrosexual, meski belum bisa disetarakan dengan kelihaian yang ditampilkan oleh Joaquin Phoenix dan mendiang Heath Ledger.

Tidak cukup dengan merombak cerita dan kemunculan karakter, segi teknikal pun diobrak-abrik pula oleh Zack Snyder dalam Justice League versinya tersebut. Ada beragam hal yang membuat film ini unik, salah satu di antaranya adalah penggunaan gambar dengan aspect ratio 4:3, tidak 16:9 seperti versi teatrikal.

Gambar yang diusung pun juga tampak lebih terlihat noir dan sesuai dengan warna yang dibawa pada dua film awal DCEU. Belum lagi dengan scoring dari Junkie XL yang membuat nuansa di dalamnya serasa lebih hidup, membuat experience menonton menjadi lebih asik meski durasinya melelahkan bagi orang normal.

Secara kasat mata, Zack Snyder’s Justice League adalah major upgrade dari garapan Joss Whedon yang lebih sesuai dengan visi dari DCEU pada awal-awal perilisannya. Meski memiliki durasi yang jauh lebih panjang layaknya berbagai Director’s Cut garapan Zack Snyder lainnya, berbagai hal baik yang dimiliki film ini dijamin membuatnya sangat worth it, terutama bagi penonton yang sangat mencintai franchise DC itu sendiri.

Click to comment

Girl From Nowhere Girl From Nowhere

Rekomendasi Serial Drama Thriller Remaja di Netflix

Cultura Lists

When I Grow Up Disney Junior When I Grow Up Disney Junior

When I Grow Up: What Do Your Little Ones Want to Be When They Grow Up?

Cultura Lists

Things Heard and Seen Things Heard and Seen

Things Heard & Seen: Percampuran Horror Supranatural dan Drama Rumah Tangga

Film

Jupiter’s Legacy Jupiter’s Legacy

10 Serial Terbaru di Netflix (Mei 2021)

Cultura Lists

Advertisement
Cultura Live Session
Connect