Connect with us
Yura Yunita

Music

Yura Yunita: Tenang Single Review

Doa Yura Yunita untuk dapatkan ketenangan melalui lagu ballad yang menggugah.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Tenang” merupakan single terbaru dari penyanyi lokal dengan suara lembut, Yura Yunita, rilis pada 1 April 2021. Populer melalui berbagai lagu bertema romansa seperti, “Cinta dan Rahasia” dan “Intuisi”, kali ini Yura hendak mengutarakan kerinduannya pada “Tenang”.

Bukan yang pertama kali, sepertinya masa pandemi telah membuat banyak musisi lokal maupun mancanegara lebih banyak terinspirasi menulis lagu dengan tema refleksi diri, percakapan batin dengan diri sendiri, dan berbagai materi sejenisnya. “Tenang” sendiri merupakan lagu yang Yura tulis tentang perbincangan bantin yang Ia alami, kerinduan pada ketenagan yang tak kunjung datang disyairkan sebagai chorus dari lagu ballad ini.

“Tak jarang pikiran kita melayang di malam hari. Resah dan gelisah mengiringi ketidakpastian dan pencarian arti kehidupan. Lagu ini berupa doa, curahan rasa saat berdialog dengan diri sendiri, yang dirindu, dan Sang Pencipta”, ungkapnya juga tentang pesan yang hendak Ia sampaikan melalui single terbarunya ini.

Yura Yunita: Tenang Single Review

Dibuka dengan permainan piano yang lirih, mengiringi vokal Yura Yunita yang khas dan langsung familiar di telinga kita penikmat musik lokal. Verse diisi dengan keresahan dan berbagai pikiran yang mengisi batin penyanyi, tentang pikiran yang “berpetualangan” sebelum tidur, hingga kebutuhan akan sosok yang mampu mengerti hingga sosok yang mendampingi. Kemudian dilanjutkan dengan chorus sederhana berisi doa dan harapan akan kedamaian batin pada Sang Pencipta.

Komposisi lagu secara keseluruhan bisa dibilang sangat minimalis dengan nada-nada yang mudah diingat dalam sekali dengar. Hanya ada satu bagian setelah chorus kedua, komposisi diakselerasi dengan aransemen musik dan backing vokal ala choir yang megah dan menggugah. Terdengar senandung dengan nada meliuk yang samar-samar sebagai pemanis. Kemudian diakhiri dengan mood yang kembali lembut dengan sedikit instrumen cello sebagai aksen.

Berbeda dengan single-single Yura Yunita sebelumnya yang menyampaikan kisah, lirik dan aransemen yang lebih kompleks, “Tenang” merupakan lagu dengan konsep yang sangat sederhana namun tetap memiliki statement. Usaha untuk menyampaikan rindu dan doa pada “Tenang” cukup kuat terutama melalui aransemen musiknya yang terasa sakral.

“Tenang” menjadi ajakan sejenak pada kita untuk melihat sekitar dan dalam diri sendiri, untuk menemukan kehendak sekaligus jawaban dari segala pertanyaan di kepala kita. Dilingkupi ketenangan, berdialog dengan suara hati yang paling dalam, diharapkan bisa membuat kita menerima diri sendiri secara utuh.

Sejalan dengan dilepasnya lagu “Tenang”, sebuah film pendek atau video klip musik garapan Yandy Laurens (sutradara “Keluarga Cemara”, 2018) juga akan diperkenalkan kepada publik. Dibintangi aktor-aktor ternama; Ringgo Agus, Nirina Zubir, Kiki Narendra, serta aktor cilik, Gamaliel Elezar dan Zozo. Video klip “Tenang” dapat disaksikan dua minggu setelah single ini tersedia di berbagai layanan streaming musik.

Click to comment

dua lipa brit awards 2021 dua lipa brit awards 2021

Dua Lipa Dominasi Panggung BRIT Awards 2021

Entertainment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect