Connect with us
TRACK Terbaik Daft Punk

Cultura Lists

Track Terbaik Daft Punk

Daft Punk resmi bubar, rekam jejaknya mulai dari debut hingga dominasi Grammy Awards.

Setelah 28 mengukir sejarah di dunia musik internasional, duo group Daft Punk akhirnya resmi bubar. Unit elektronik asal Perancis ini mengumumkan babak terakhir dari karir mereka melalui sebuah video berjudul “Epilog” yang diunggah di YouTube.

Dalam video berdurasi kurang lebih 7 menit tersebut, tampak Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter dengan menampilkan robot khas mereka. Secara sinematik, keduanya mengisyaratkan sebuah perpisahan yang dramatis.

Sebelum memiliki formasi duo group, Guy-Manuel dan Thomas Bangalter tergabung dalam sebuah trio dengan Laurent Bancoritz. Trio tersebut bernama Darlin yang terbentuk pada 1992. Namun, aksi mereka di panggung mendapat kritik dari jurnalis bernama Dave Jennings sebagai penampilan “a daft punky thrash”. Dari stament tersebut, lahir nama Daft Punk sebagai unit musik elektronik baru pada tahun 1993.

Dari kritik pedas akan penampilan yang payah, menuju dominasi di panggung Grammy Awards, berikut sederet track terbaik dari Daft Punk sejak debut hingga berbagai kolaborasi dengan sesama musisi papan atas.

The New Wave / Alive

“The New Wave” menjadi track debut dari Daft Punk pada tahun 1994. Ide awal konsep musik yang hendak disajikan oleh grup ini adalah eksperimen antara drum machines dan synthesisers. “The New Wave” bisa dibilang merupakan hasil eksperimen musik yang berhasil dengan segala kesederhanaannya. Terasa “murni” dan “flat”, track ini menjadi pondasi awal warna musik khas dari Daft Punk. Track debut ini rilis secara terbatas, hingga akhirnya rilis dengan judul baru, “Alive” yang masuk dalam album pertama mereka.

Da Funk

Bermain dengan komposisi yang lebih banyak variasi, pola, dan sub-genre, “Da Funk” menjadi single selanjutnya yang dirilis oleh Daft Punk pada 1995. Single kedua ini menjadi awal dari kesuksesan grup elektronik ini. “Da Funk” sempat merajai berbagai chart musik di Eropa kala itu. Kesuksesan yang diraih langsung ditanggapi dengan serius oleh kedua member dengan merekrut manajer, Pedro Winter. Setelah promosi dan banyak tampil di panggung, akhirnya Daft Punk tanda tangan kontrak ke label musik Virgin Records pada 1996.

Around the World

Pada 1996, album Daft Punk merilis album perdana mereka, “Homework”. Selain “Da Funk” dan “Alive, “Around the World” menjadi salah satu track terbaru dan promotional single ke dua untuk album ini. Track satu ini memperdengarkan nuansa funk, electro, dan disco yang smooth. Sebagai track terlahir pada era 90-an, “Around the World” memiliki komposisi musik elektronik yang tak lekang oleh waktu dan futuristik.

One More Time

“One More Time” pastinya merupakan disco-banger yang tak boleh dilupakan dalam daftar track terbaik dari Daft Punk. Track ini menjadi single dari album “Discovery” pada tahun 2001. Memperdengarkan komposisi musik dengan beat bernuansa trance dance, kemudian sound-sound yang brassy sebagai aksen yang ikonik pada irama track ini.

Daft Punk Vogue

Daft Punk | Vogue

Harder, Better, Faster, Stronger

Masih dalam era album “Discovery”, track “Harder, Better, Faster, Stronger” menjadi single berikutnya yang tak kalah ikonik dalam discography Daft Punk. Track satu ini memiliki lirik yang sangat repetitif dan adiktif, diiringi dengan aransemen musik elektronik yang eksperimental dengan berbagai pola tempo dan perpaduan sound yang terus berubah sepanjang lagu. Track ini semakin populer di telinga penikmat musik modern setelah menjadi sampel untuk lagu Kanye West, “Stronger”.

Technologic

Satu lagi track Daft Punk dengan lirik yang robotika dan repetitif yang adiktif, “Technologic”. Tak hanya liriknya asik, komposisi musiknya memiliki racikan monoton yang tepat untuk menjadi irama yang adiktif. Video klip “Technologic” dengan robot animatronik yang mengerikan juga masih menjadi hal yang membuat lagu ini ikonik dan “menghantui” setiap pendengarnya. “Technologic” merupakan single dari album “Human After All” pada tahun 2005.

Robot Rock

Satu lagi single dari album “Human After All” sekaligus salah satu track terbaik Daft Punk, “Robot Rock”. Masih dengan tema bunyi-bunyian ala robot, yang membuat track satu ini spesial adalah perpaduan antara musik elektronik dengan rock n’ roll yang pas. Memang terdengar seperti robot yang menyanyikan musik rock, diiringi drum dan gitar elektrik. “Robot Rock” memperdengarkan fusion antara genre elektronik dan rock yang kontras namun mampu “berdampingan” sebagai sebuah karya musik yang hybrid dan unik.

Get Lucky feat. Pharell Williams, Nile Rodgers

“Random Access Memories” menjadi babak puncak dari kesuksesan Daft Punk pada tahun 2013. “Get Lucky” menjadi single utama dimana duo group ini berkolaborasi dengan penyanyi pop Pharrell Williams dan gitaris Nile Rodgers. Vokal Pharrell yang smooth memberikan “nyawa” pada komposisi elektronik yang catchy, semakin lengkap dengan riff gitar dari Nile. Membuat track ini menjadi lebih universal untuk pendengar musik dengan segmentasi yang lebih luas.

Instant Crush feat. Julian Casablancas

Daft Punk berkolaborasi dengan banyak musisi internasional lintas genre dalam album “Random Access Memories”, salah satunya vokalis band rock Julian Casablancas dari The Strokes. “Instant Crush” menjadi lagu showcase bagi Julian membawakan lagu genre elektronik dengan efek vokal autotune. Dalam track ini, Daft Punk juga kembali memasukan unsur rock pada komposisinya. Melalui album “Random Access Memories” Daft Punk berhasil memborong 5 penghargaan Grammy Awards pada tahun 2014, termasuk Album of the Year dan Record of the Year.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect