Connect with us
The Block Island Sound
Netflix

Film

The Block Island Sound Review: Art House Horror Misterius dan Filosofis

Tidak terlalu menakutkan, namun mengandung makna yang cukup filosofis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“The Block Island Sound” merupakan salah satu film koleksi terbaru Netflix bulan Maret ini. Disutradarai oleh Kevin dan Matthew McManus, film ini bergenre horror, thriller, dengan sentuhan fiksi ilmiah.

Bercerita tentang  fenomena misterius yang mengancam ekosistem di Pulau Block (Block Island). Ada baiknya mengetahui sedikit hal tentang film ini sebelum menonton, karena tidak akan ada banyak hal yang bisa kita nikmati setelah mengetahui sinopsis penuh dari film ini.

Pertama kali rilis di Fantasia International Film Festival pada 2020 lalu, ada banyak ulasan positif untuk film ini. “The Block Island Sound” merupakan salah satu film horror dengan naskah original dan menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari ekspektasi penonton.

The Block Island Sound Review

Tipikal Horror Ala Stephen King, Namun dengan Eksekusi Bergaya Art House Film

“The Block Island Sound” memiliki naskah original yang juga ditulis oleh McManus bersaudara. Jika film horror biasanya tentang hantu, iblis, atau sekte supranatural yang bikin ngeri, film ini menyuguhkan sebuah misteri; kita tidak tahu apa yang sebetulnya menjadi sumber dari serangkaian teror sepanjang film.

Akan muncul ekspektasi tentang fenomena misterius, virus misterius, atau monster laut yang mematikan, namun dijamin memiliki akhir yang tidak tertebak. Film ini memiliki vibe yang cukup serupa dengan film horror adaptasi Stephen King seperti “Cell” (2016) atau “The Mist” (2007), namun dengan eksekusi ala film art house yang sulit untuk dipahami.

Meski pada awalnya scoring dan kejadian janggal yang ditampilkan akan membuat kita merasa gelisah sekaligus penasaran, pola cukup repetitif hingga pada akhirnya kita akan “kebal”. Tak lagi takut, kita hanya akan semakin dibuat penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi pada protagonis dan berbagai fenomena misterius di sekitarnya.

Bukannya jawaban gamblang, kita akan mendapatkan babak “pengungkapan” yang pada akhirnya tidak terlalu memberikan kejelasan. Hanya flashback dan narasi dialog dari karakter tertentu yang mengandung makna tentang lingkungan.

Film ini lebih mempercayakan kemampuan penonton untuk menelaah sendiri pesan apa yang sebetulnya hendak disampaikan. Akan konsep fiksi ilmiah yang cukup dengan prinsip penelitian lingkungan manusia yang disajikan dengan absurd dan unik.

The Block Island Sound

Netflix

Plot Lambat Tanpa Berkembangan Cukup Banyak Hingga Mendekati Akhir

Film ini juga memiliki perkembangan plot yang cukup lambat dan repetitif. Momen yang dialami oleh protagonis memang terus mengalami perkembangan, namun tidak terlalu ada perkembangan atau banyak teka-teki yang tersebar tentang fenomena misterius untuk kita kumpulkan.

Semua (sebagian) pertanyaan kita akan terjawab dalam satu adegan dan itu pun tidak secara maksimal. Tidak ada penjelasan lebih, kita hanya seperti manusia yang menyaksikan sebuah fenomena aneh saja tanpa memahami apa yang sebetulnya sedang terjadi.

The Block Island Sound

Netflix

Sentuhan Drama Keluarga yang Emosional dengan Akting Setiap Aktor yang Berkualitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perkembangan kisah lebih terlihat pada momen-momen yang dialami oleh protagonis, Harry (Chris Sheffield). Setiap kejadian yang Ia alami juga akan mempengaruhi perkembangan mental dan hubungan dengan keluarganya; saudara perempuannya, Audry (Michaela McManus), beserta ponakannya, Emily (Matilda Lawler).

Drama keluarga yang disajikan terasa meyakinkan dengan chemistry dari setiap karakter. Terutama hubungan Harry dengan Audry sebagai saudara yang dekat dan cukup peduli satu sama lain. Hal tersebut juga didukung oleh kualitas akting dari setiap aktor utama. Chris Sheffield sebagai protagonis dalam kisah ini mendapatkan naskah yang memberikan peluang lebih untuk menampilkan akting ber-statement. Dimana Ia harus tampil sebagai orang yang paranoid dan tidak stabil. Begitu juga dengan aktor Neville Archambault sebagai ayah Harry yang juga menjadi salah satu sumber dari elemen horor dalam film ini.

Secara keseluruhan, “The Block Island Sound” merupakan film horror sedang unsur fiksi ilmiah dan art house-attitude. Mungkin bukan film yang bisa dinikmati oleh banyak orang, terutama bagi kita yang membutuhkan penjelasan dan jawaban dari sebuah misteri dalam film horor.

Namun, jika kita tidak keberatan menganalisa dan mencerna pesan terselubung dari sebuah film, “The Block Island Sound” bisa menambah referensi akan film horor terbaru.

Click to comment

Girl From Nowhere Girl From Nowhere

Rekomendasi Serial Drama Thriller Remaja di Netflix

Cultura Lists

When I Grow Up Disney Junior When I Grow Up Disney Junior

When I Grow Up: What Do Your Little Ones Want to Be When They Grow Up?

Cultura Lists

Shadow and Bone Review Shadow and Bone Review

Shadow and Bone: Serial Fantasi Berlatar Militer Kerajaan dengan Sihir

TV

Things Heard and Seen Things Heard and Seen

Things Heard & Seen: Percampuran Horror Supranatural dan Drama Rumah Tangga

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect