Connect with us
Tersanjung the Movie
Netflix

Film

Tersanjung the Movie Review: Tetap Setia dengan Source Material

Menjadi adaptasi lepas dari versi sinetronnya, dan mampu berikan pengalaman nostalgia dengan balutan yang lebih segar.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Indonesia memiliki berbagai sinetron legendaris yang berkesan bagi orang-orang, terutama yang dirilis di tahun 90an. Saking populernya, beberapa judul bahkan dibuat versi filmnya yang merupakan homage dari seri aslinya. Setelah menayangkan Si Manis Jembatan Ancol tahun 2019 lalu, MVP Pictures kembali dengan Tersanjung the Movie yang akhirnya bisa disaksikan di Netflix.

Tersanjung the Movie merupakan film terbaru kolaborasi MVP Pictures dan Dapur Film Indonesia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan Pandhu Adjisurya. Dibintangi oleh Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, dan Kevin Ardilova, film yang menjadi adaptasi lepas dari sinetron Tersanjung ini berkisah tentang Yura yang hidup di tengah keadaan penuh gejolak. Akan tetapi, hadirnya Christian dan Oka membuat hidupnya menjadi lebih berwarna walau tidak selamanya mulus.

Secara kasat mata, premis yang dibawa oleh Tersanjung the Movie ini cukup sama seperti source material-nya, dimana meliputi seorang perempuan yang hidupnya penuh gejolak dari sana-sini. Akan tetapi, beberapa build-up dari film membuatnya menjadi sesuatu yang unik dan watchable bagi berbagai kalangan, baik yang menikmati sinetron aslinya sampai ke penonton baru.

Tersanjung the Movie

Netflix

Hal menarik dari film adaptasi lepas ini adalah bagaimana ia memberikan treatment pada source material terkait. Alih-alih mengambil mentah elemen-elemen aslinya, Tersanjung the Movie bisa dibilang berani melakukan berbagai macam twist dari berbagai sisi, salah satunya yang paling kentara adalah mengganti karakterisasi dari beberapa karakter yang ikonik. Meski begitu, twist tersebut dapat secara tak langsung terhubung dengan sinetronnya yang legendaris itu, sehingga membuatnya jauh lebih menarik.

Layaknya trailer terkait film ini, Tersanjung the Movie berlatarkan tahun 90an seperti sumber aslinya. Latar tersebut mampu direpresentasikan dengan baik, seperti dengan membawa berbagai barang yang memang terkenal di masanya, sampai ke menyelipkan berbagai isu-isu besar yang terjadi pada saat itu di Indonesia. Tidak hanya itu, film drama tersebut juga menyelipkan printilan kecil dari sinetron Tersanjung yang populer, seakan membuat film ini berada di alternate universe dari source material yang masih terkait dengannya.

Spotlight dari Tersanjung the Movie berada pada tiga sosok, yakni Yura, Christian, dan Oka. Ketiganya seakan diberikan porsi yang pas di dalamnya, membuat character development berjalan dengan baik dan menjadikan setiap arc mereka terasa sangat make sense hingga akhir. Tidak hanya itu, munculnya keluarga dari masing-masing karakter dan beberapa side character lain membuat plot yang dibawa dalam film ini terasa lebih hidup.

Berbagai karakter tersebut mampu tampil apik berkat kelihaian para aktor-aktris di dalamnya, terutama untuk trio Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, dan Kevin Ardilova yang dapat mengilhami karakternya masing-masing. Selain itu, kehadiran berbagai nama senior seperti Nugie, Kinaryosih, Ernanto Kusuma, dan Sacha Stevenson yang memberikan kesegaran di dalam Tersanjung the Movie.

Tersanjung the Movie Review

Netflix

Berbagai hal baik dalam Tersanjung the Movie tentu didukung dengan bermacam-macam aspek teknikal yang tergolong dieksekusi dengan baik, meski ada beberapa yang masih cukup mengganggu. Pada dasarnya, sinematografi yang banyak bermain dengan still camera movement yang cenderung minim gerakan dan set design yang tampil meyakinkan sesuai masanya.

Akan tetapi, film ini di beberapa bagian masih tampil dengan penggunaan lighting-nya yang mengganggu, bahkan menutupi karakter terkait yang muncul di layar. Di samping itu, meski sound design mampu tampil menawan, penggunaan beberapa soundtrack-nya masih terasa hit-and-miss, terutama di bagian menjelang ending yang harusnya membuat momennya menyentuh menjadi seakan awkward.

Pada akhirnya, Tersanjung the Movie ini mampu tampil menawan dengan segala pengadeganan dan bagaimana cara untuk berusaha setia dengan source material yang membuatnya menjadi reimagination yang ciamik. Bisa dibilang, film semenarik ini patut untuk ditonton, baik untuk penonton terbaru maupun para penikmat sinetronnya di masa lampau.

Click to comment

Girl From Nowhere Girl From Nowhere

Rekomendasi Serial Drama Thriller Remaja di Netflix

Cultura Lists

When I Grow Up Disney Junior When I Grow Up Disney Junior

When I Grow Up: What Do Your Little Ones Want to Be When They Grow Up?

Cultura Lists

Shadow and Bone Review Shadow and Bone Review

Shadow and Bone: Serial Fantasi Berlatar Militer Kerajaan dengan Sihir

TV

Things Heard and Seen Things Heard and Seen

Things Heard & Seen: Percampuran Horror Supranatural dan Drama Rumah Tangga

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect