Connect with us
Sofia Kourtesis
Photo Courtesy Sofia Kourtesis

Music

Sofia Kourtesis: Fresia Magdalena EP Album Review

Menyelami sumber kenangan dan inspirasi Sofia dalam menciptakan musik electronic yang dreamy dan indah.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sofia Kourtesis merilis EP keduanya yang bertajuk “Fresia Magdalena” yang dipersembahkan untuk ibunya dan sosok wanita yang inspiratif bagi Sofia, Fresia. Fresia adalah sosok wanita yang memperjuangkan nasib para orang Magdalena di Peru sepanjang hidupnya.

Melalui “Fresia Magdalena”, ada banyak aspek dari kehidupan pribadi yang dituangkan dalam setiap track oleh musisi kelahiran Peru ini. Mulai dari kenangan, inspirasi, pesan artistik, hingga sentuhan kepribadian dan percikan kehidupan.

‘La Perla’ menjadi track pembuka yang memperdengarkan desiran synthesizer yang lembut sekaligus up beat. Secara bertahap ditambah dengan berbagai unsur suara yang bagai hembusan angin dan nuansa yang dreamy, menggambarkan kenangan man dan melankolis akan mendiang ayah Sofia. Ia hendak menggambarkan sebuah kenangan dimana Ia bersama sang ayah sedang menatap laut dan bernyanyi untuk pertama kalinya. Aransemen musik diberi pemanis “mantra” dalam bentuk lirik Spanyol dan paduan suara yang ghosty sebagai latar belakang.

Setelah bersantai di pinggir laut dengan kenangan yang sentimental, kita dibawa kembali ke kehidupan malam urban dengan club bangger track, ‘By Your Side’. Diawali dengan sample suara instrumen triangle yang lembut, aransemen menghadirkan kejutan dengan sentuhan instrumen brass yang jazzy, memperdengarkan sound old-school dance yang asik.

Masih kental dengan nuansa old-school dance, ‘Nicolas’ merupakan track instrumental yang diperkaya dengan unsur perkusi serta permainan tempo dan breakbeat yang anomali.

‘Juntos’ menjadi track yang membawa kita ke dimensi aransemen berikutnya dalam EP “Fresia Magdalena”. Dibuka dengan perkusi yang tebal dengan bass, secara perlahan melalui transisi yang lembut, terdengar instrumen piano dan string instrumen yang terdengar oriental sebagai aksen yang manis. Beat dengan bunyi dan tempo yang repetitif terasa kontras dengan instrumen klasik namun secara harmonis berpadu menjadi track yang adiktif.

Sebagai track penutup, ‘Dakotas’ memiliki pola yang sama dengan ‘Juntos’, dimulai dengan beat yang repetitif, secara perlahan ditambahkan berbagai layer instrumen; mulai dari suara kamera yang otentik, kembali bermain dengan desiran synth yang lembut hingga unsur perkusi yang tribal.

Seiring berjalannya track, akan semakin banyak layer musik yang ditambahkan dalam komposisi, menjadi track yang therapeutic sekaligus menyenangkan untuk menstimulasi musikalitas kita, terutama buat kalian yang sangat menyukai track instrumental electronic.

Bermain dengan akselerasi layer sepertinya merupakan kelebihan Sofia dalam memproduksi sebuah track electronic. Kita bisa merasakan kesabarannya dalam memberikan transisi yang mulus dan penambahan layer musik pada momen yang tepat pada track seperti ‘Juntos’ dan ‘Dakota’.

Secara keseluruhan, “Fresia Magdalena” hendak membawa kita pada lokasi maupun momen yang mempengaruhi sense of music Sofia Kourtesis; dan tempat tersebut merupakan tempat yang indah dan damai, terpancar dari setiap track racikan Sofia dalam EP ini.

Click to comment

Demi Lovato Demi Lovato

Demi Lovato: Dancing with the Devil… The Art of Starting Over

Music

Blxst Blxst

BLXST feat. Ty Dolla $ign & Tyga: Chosen Single Review

Music

Kang Daniel Kang Daniel

Kang Daniel: Antidote Single Review

Music

Dave Grohl, Mick Jagger Dave Grohl, Mick Jagger

Mick Jagger with Dave Grohl: Eazy Sleazy Single Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect