Connect with us
Snubs & Surprises Nominasi Oscars 2021

Entertainment

Snubs & Surprises Nominasi Oscars 2021

Dua sutradara perempuan jadi highlight, Mads Mikkelsen dan Julia Garner terlupakan.

Telah tiba waktunya untuk menyimak nominasi piala Oscar 2021. Malam penghargaan yang awalnya dijadwalkan pada 28 Februari 2021 ini harus diundur hingga akhir April karena pandemi.

Lebih dari sekadar masalah protokol kesehatan, ada banyak film yang mengalami masalah perilisan pada tahun 2020 lalu. Oleh karena itu, The Academy memutuskan untuk mengundur acara dan memperpanjang kesempatan untuk berbagai judul film memenuhi kriteria untuk dinominasikan di Academy Awards ke-93 ini.

Sudah menjadi kebiasaan kita untuk mengomentari nominasi Oscars setiap tahunya; dengan sorak sorai dukungan oleh nama-nama tertentu hingga protes akan sineas yang terlupakan.

Tahun ini juga muncul berbagai kejutan dan kekecewaan setelah nominasi Oscars 2021 diumumkan pada 15 Maret 2021. Karena pada akhirnya, Oscars lebih dari sekedar ajang unjuk bakat dalam dunia seni perfilman; namun juga menjadi platform representasi dan apresiasi akan berbagai latar belakang gender maupun ras. Apa daftar nominasi akan sesuai dengan berbagai prediksi media? Berikut ringkasan Surprises & Snubs nominasi Oscars 2021.

Surprises & Snubs Nominasi Oscars 2021

Chloe Zhao & Emerald Fennell Masuk Nominasi Best Director, Kitty Green Diabaikan

Sutradara perempuan selalu mendapat perlakuan “spesial” dari Academy Awards setiap tahunnya. Greta Gerwig menjadi sutradara perempuan terakhir yang masuk nominasi Best Director pada tahun 2017 dengan filmnya, “Lady Bird”.

Pada Oscar 2020, aktris Natalie Portman harus sampai “menyelundupkan” sutradara perempuan yang terlupakan melalui gaun Dior-nya. Setidaknya ada tiga nama sutradara perempuan yang memang layak masuk nominasi pada Oscars 2020; Lorene Scafaria (Hustlers), Lulu Wang (The Farewell), dan Greta Gerwig (Little Women).

Pastinya menjadi berita yang mengejutkan ketika tahun ini The Academy memasukan tak hanya satu melainkan dua sutradara perempuan sekaligus. Chloe Zhao sudah menjadi sutradara yang dijagokan oleh media maupun penikmat film secara umum dengan “Nomadland”-nya. Ia juga telah memenangkan Best Director dalam ajang Golden Globe.

Sementara masuknya Emerald Fennell dalam kategori ini menjadi kejutan yang tidak terduga. “Promising Young Woman” memang tak terelakan kualitasnya sebagai salah satu film terbaik 2020, namun film satu ini bisa dikategorikan sebagai wildcard dalam panel The Academy.

Jane (Julia Garner) | Bleecker Street

“Nomadland” dan “Promising Young Woman” juga masuk dalam kategori tertinggi yaitu Best Picture, serta kategori naskah adaptasi dan original. Tak hanya sebagai nama yang “meramaikan” nominasi, tahun ini ada potensi besar kita mendapatkan sutradara perempuan pertama pemenang Best Director.

Seharusnya, sangat memungkinkan untuk memiliki tiga sutradara perempuan dalam nominasi Best Director Oscars 2021, The Academy tampaknya mengabaikan Kitty Green dengan film bertema #MeToo, “The Assistant”. Apakah film ini terlalu menyinggung petinggi di industri perfilman?

Julia Garner Tidak Masuk Nominasi Best Actress, “The Assistant” Benar-Benar Dilupakan

“The Assistant” bisa jadi merupakan the biggest snubbed dari ajang Oscars 2021. Sudah terlupakan dalam berbagai nominasi utama, Julia Garner juga tidak masuk dalam nominasi Best Actress. Julia Garner merupakan protagonis dalam film “The Assistant” yang telah berhasil menampilkan kualitas akting effortless dalam mengeksekusi karakter krusial dalam film tersebut.

Best Actress merupakan salah satu kategori yang memiliki nominasi dengan kualitas akting yang sama rata. Sangat sulit menjagokan satu nama secara mutlak, Julia Garner pun mungkin bukan contender yang mendominasi, namun penampilannya patut diapresiasi setidaknya dengan memasukkannya dalam nominasi.

the trial of chicago 7

The Trial of Chicago 7 | Netflix

Aaron Sorkin Tak Masuk Nominasi Best Director, Thomas Vinterberg Jadi Nama yang Tak Terduga

“The Trial of Chicago 7” menjadi salah satu film yang mendapat tempat di berbagai kategori bergengsi. Mulai dari Best Picture, Best Original Screenplay, Best Supporting Actor, dan masih banyak lagi.

Cukup janggal ketika Aaron Sorkin tidak kebagian tempat dalam nominasi Best Director. Thomas Vinterberg menjadi nama yang mengejutkan dalam kategori ini sebagai sutradara “Another Around”, menjadi sutradara dengan foreign film seperti Bong Joon-ho pada Oscars 2020.

Diversifikasi Dalam Nominasi Best Actor, Mads Mikkelsen Tidak Masuk Nominasi

Nominasi Best Actor juga merupakan salah satu kategori yang ramai diperdebatkan media setiap tahunnya. Untuk beberapa tahun belakangan ini, pemenang Best Actor sangat mudah untuk diramalkan dan cukup absolut akurasinya ketika media sudah menyebutkan satu nama. Mulai dari Leonardo DiCaprio pada 2016, Rami Malek pada 2019, hingga Joaquin Phoenix pada Oscars 2020 lalu. Untuk tahun ini, ada keberagaman latar belakang aktor dan kualitas akting yang cukup menimbulkan perdebatan sengit, memecah opini publik untuk aktor jagoan mereka pada ajang Oscars 2021.

Riz Ahmed merupakan salah satu aktor dengan dukungan paling tinggi berkat penampilan dalam film “Sound of Metal”. Namun, masih banyak juga yang mendukung Chadwick Boseman sebagai bentuk penghormatan akan penampilan terakhirnya dalam “Ma Rainey’s Black Bottom”. Lepas dari representasi dan hype yang tidak ada hubungannya dengan kualitas akting kedua aktor tersebut, semoga The Academy mampu memilih pemenang dengan objektif kali ini.

Adapun nama aktor yang sayang sekali harus terlupakan dalam nominasi ini yaitu Mad Mikkelsen yang tampil memukau dalam film “Another Round”. Adarsh Gourav sebetulnya juga memiliki kualitas akting yang memukau melalui film “The White Tiger”.

The White Tiger

The White Tiger | Netflix

“The White Tiger” Masuk Nominasi Best Adapted Screenplay

Meski Adarsh Gourav masih belum beruntung untuk menembus kategori Best Actor, “The White Tiger” berhasil masuk nominasi Best Adapted Screenplay. “The White Tiger” merupakan film yang diadaptasi dari novel bertajuk serupa karya penulis asal India, Arvind Adiga. Film ini juga menambah keberagaman dalam nominasi Oscars 2021 dengan film yang sangat kental dengan budaya India dan berbagai isu kesenjangan sosial di negara tersebut yang patut diekspos ke dunia.

Sebetulnya film ini juga unggul dalam segi directing dan sinematografi, namun kita hanya bisa puas dengan satu nominasi ini. Film ini juga termasuk salah satu judul wildcard jika kita melihat standard The Academy selama ini.

Dick Johnson Is Dead dan The Social Dilemma Tidak Masuk Kategori Best Documentary

Siapa yang hendak memperjuangkan apreasiasi pada film dokumenter? Mungkin begitu pikir The Academy. Setiap tahunnya kategori ini memang tidak pernah memberikan kandidat yang memuaskan. Padahal minat penonton film dokumenter saat ini semakin meningkat semenjak aksesnya semakin mudah melalui berbagai platform streaming.

Setidaknya ada beberapa judul yang layak dalam Best Documentary Oscars 2021 seperti “Time” dan “Crip Camp”. Namun Oscars melupakan dua judul yang cukup populer, berdampak, serta memiliki produksi yang berkualitas, yaitu “Dick Johnson Is Dead” dan “The Social Dilemma”.

Itu tadi berbagai Surprises & Snubs dari nominasi Oscars 2021. Memang sulit untuk memuaskan banyak pihak, namun seharusnya tidak sulit bagi The Academy untuk menjadi institusi kredibel dalam memberikan memberikan penghargaan yang sesuai dengan kualitas produksi sebuah karya film seobjektif mungkin. Malam penghargaan Academy Awards ke-93 akan diselenggarakan pada 26 April 2021.

Click to comment

dua lipa brit awards 2021 dua lipa brit awards 2021

Dua Lipa Dominasi Panggung BRIT Awards 2021

Entertainment

Girl From Nowhere Girl From Nowhere

Rekomendasi Serial Drama Thriller Remaja di Netflix

Cultura Lists

When I Grow Up Disney Junior When I Grow Up Disney Junior

When I Grow Up: What Do Your Little Ones Want to Be When They Grow Up?

Cultura Lists

Things Heard and Seen Things Heard and Seen

Things Heard & Seen: Percampuran Horror Supranatural dan Drama Rumah Tangga

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect