Connect with us
hallyu korean wave

Entertainment

Saat Hallyu Merambah Timur Tengah

Tak hanya di Asia Timur dan Asia Tenggara saja, demam Hallyu juga telah mencapai Arab.

Demam K-pop alias Hallyu (Korean Wave) telah lama merambah ke seluruh dunia. Kini pengaruhnya terasa semakin kuat di pasar musik internasional. Hal ini dapat diketahui dari penjualan album maupun single K-pop di berbagai negara juga dari peringkat di Billboard. Selain Amerika dan Eropa, banyak dari grup musik maupun solois K-pop mengadakan konser di negara latin. Negara lain yang akhir-akhir ini ikut menggemari K-pop adalah Arab. Ini ditandai dengan Korea Film Festival yang bulan Juni ini telah memasuki tahun penyelenggaraan ketiga di timur tengah.

Tahun ini tema yang diangkat adalah Year of Tolerance. Acara ini dipersembahkan oleh Kedutaan Besar Korea di Uni Emirat Arab dan diselenggarakan selama tiga hari yaitu 26 Juni hingga 29 Juni 2019. Ada beberapa film yang diputar di antaranya Innocent Witness, On Your Wedding Day, The Witch, Romang, Mal-Mo-E: The Secret Mission, Under Dog, dan A Resistance. Ada satu film yang melambangkan budaya Arab karena berdasarkan produk Uni Emirat Arab yaitu Nearby Sky.

Film-film yang dipilih tak hanya populer tetapi juga memiliki genre beragam serta berkualitas. Mal-Mo-E: The Secret Mission misalnya digadang-gadang sebagai salah satu film terbaik Korea di tahun 2019 oleh para kritikus. A Resistance sendiri adalah film yang tak hanya menyuguhkan drama menarik pada masa perjuangan Korea ketika dijajah Jepang tetapi juga memiliki sinematografi indah. Romang sendiri menyuguhkan ide cerita tak biasa karena kedua pemeran utamanya adalah lansia yang mengalami demensia. Sementara itu film Arab Nearby Sky berkisah tentang perempuan pertama pemilik unta yang mengikuti kontes kecantikan unta.

Sebenarnya tak hanya Korea saja yang kerap memperkenalkan kebudayaan negaranya baik tradisional maupun modern seperti K-pop. Negara-negara Arab pun juga demikian. Ada hubungan yang terjalin dengan baik di antara kedua kebudayaan yang bertolak belakang ini. Bila Korea menampilkan film-film terbaiknya melalui festival maka negara Arab menyelenggarakan Arab Cultural Festival di Korea. Festival itu telah selesai pada 19 Juni lalu. Selain itu Korea dengan negara-negara Arab juga bekerja sama dalam melakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa. Salah satu tujuannya tentu saja memperkenalkan budaya masing-masing.

Click to comment

Leave a Comment

hooligans dan sepak bola indonesia hooligans dan sepak bola indonesia

Hooligans Tak Bisa Dilepaskan dari Sejarah Panjang Sepak Bola

Culture

papermoon puppet theatre papermoon puppet theatre

Melawan Dunia yang Bising Dalam Pertunjukan Teater

Culture

sejarah dan manfaat alpukat sejarah dan manfaat alpukat

Avocado: Our Beloved Berries

Culture

hoax dan kebencian di social media hoax dan kebencian di social media

Menemukan Kedamaian di Social Media

Lifestyle

Connect