Connect with us
Film Drama Thriller Tentang Kapal Selam
Hunter Killer

Cultura Lists

10 Rekomendasi Film Drama Thriller Tentang Kapal Selam

Sederet film tentang kapal selam yang menegangkan.

Film thriller tentang kapal selam bisa menjadi tontonan seru buat penikmat film aksi yang tidak terlalu ramai. Tak sedikit pula film berlatar di kapal selam kerap diadaptasi dari kejadian nyata. Mulai dari sebuah peristiwa saat perang dunia hingga misi penyelamatan yang terjadi di masa kini.

Merupakan salah satu unit transportasi tidak biasa, ada berbagai skenario yang bisa terjadi pada angkatan laut satu ini. Mulai dari film fiksi hingga berdasarkan kisah nyata, berikut sederet rekomendasi film thriller tentang kapal selam.

1. The Hunt for Red October (1990)

“The Hunt for Red October” merupakan film klasik yang dibintangi oleh Sean Connery, disutradarai oleh John McTiernan. Diangkat dari peristiwa nyata yang terjadi pada tahun 1975.

Kita akan melihat peristiwa yang cukup mendebarkan dari seorang CIA bernama Jack Ryan sebagai protagonis. Ia memiliki dugaan bahwa Kapten kapal selam nuklir Soviet, Marko Ramius hendak melancarkan serangan. Dikejar oleh waktu, Jack Ryan harus mampu menemukan Kapten Marko Ramius beserta kapal selamnya.

2. Crimson Tide (1995)

“Crimson Tide” juga merupakan salah satu film klasik yang dibintangi oleh aktor kawakan, Denzel Washington, disutradarai oleh Tony Scott. Bercerita tentang seorang komandan kapal selam, Ron Hunter, yang sedang menjalankan sebuah misi.

Meski dalam sekutu sendiri, konfirmasi perintah bisa menjadi hal yang sangat esensial dalam sebuah misi. Film yang ditulis oleh Quentin Tarantino dan Michael Schiffer hendak menyajikan ketegangan cerita melalui perselisihan antara orang-orang berpangkat dalam sebuah kapal selam.

3. Down Periscope (1996)

“Down Periscope” disutradarai oleh David S. Ward dan ditulis oleh Hugh Wilson, Andrew Kurtsman, serta Eliot Wald. Film tentang kapal selam ini dibintangi oleh Kelsey Grammer sebagai Thomas Dodge.

Dengan sentuhan humor, film ini bercerita tentang seorang komandan yang ditugaskan dalam sebuah kapal selam untuk memimpin sebuah unit. Tidak hanya menjalankan tugas, Thomas juga hendak membuktikan kemampuannya pada para seniornya.

4. U-571 (2000)

“U-571” disutradarai oleh Jonathan Mostow, dibintangi oleh musisi legendaris, Bon Jovi, serta Matthew McConaughey. Film satu ini berlatar pada Perang Dunia II, dimana pasukan angkatan laut Amerika menyelundup kapal selam milik Jerman. Mereka menyamar sebagai pasukan Jerman untuk mengungkap salah satu rahasia Nazi yaitu mesin Enigma.

Enigma juga sempat diangkat dalam film “Imitation Game”, sebuah mesin pengantar pesan dengan kode khusus yang hanya dimengerti oleh orang Jerman.

5. K-19: The Widowmaker (2002)

“K-19: The Widowmaker” merupakan film perang yang dibintangi oleh Harrison Ford, disutradarai oleh Kathryn Bigelow. K-19 adalah sebuah kapal selam nuklir buatan Soviet. Film ini berdasarkan peristiwa nyata, yaitu insiden K-19 pada tahun 1960-an.

Dalam kisah ini Kapten Alexei Vostrikov dan Officier Mikhail Polenin menjadi penentu, pengambil keputusan untuk terhindar dari bencana nuklir yang disebabkan oleh peluncuran kapal selam tersebut.

6. Black Sea (2014)

“Black Sea” merupakan film karya sutradara Kevin Macdonald, dibintangi oleh Jude Law. Setelah kehilangan pekerjaannya, Robinson membentuk sebuah tim beranggotakan orang Inggris dan Rusia. Bersama mereka menjalankan sebuah misi pencarian kapal selam Nazi yang diyakini menyimpan emas, tenggelam di dasar Laut Hitam (Black Sea).

7. The Ghazi Attack (2017)

Pada tahun 1971, kapal selam angkatan laut India, S21, menghadang sebuah kapal Pakistan, PNS Ghazi. “The Ghazi Attack” diangkat dari salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah angkatan laut India. Dalam latar peristiwa yang cukup sengit, film ini menyuguhkan plot yang menegangkan dari sudut pandang para tentara yang mempertahankannya demi mempertahankan negara di tengah perang.

8. Hunter Killer (2018)

“Hunter Killer” merupakan film karya sutradara Donovan Marsh. Dibintangi oleh dua aktor kawakan Hollywood, Gerald Butler dan Gary Oldman. Ketika presiden Rusia diculik, Kapten kapal selam dan unit angkatan laut Amerika ditugaskan untuk menyelamatkan presiden tersebut. Kalau film yang satu ini memiliki sentuhan laga dengan aksi dan ledakan.

9. Kursk (2018)

“Kursk” merupakan film drama thriller yang disutradarai oleh Thomas Vinterberg. Film ini diadaptasi dari buku berjudul “A Time to Die” karya Robert Moore. Diangkat dari kisah nyata, dari sebuah tragedi meledaknya kapal selam Rusia, Kursk. Film ini tak hanya memuat thriller, menggambarkan kengerian yang dialami oleh angkatan laut yang bertugas, namun juga mengandung unsur politik dan survival.

10. The Wolf’s Call (2019)

“The Wolf’s Call” merupakan film Prancis dari sutradara Antonin Baudry, dibintangi Omar Sy. Seorang angkatan laut menjadi andalan dari unitnya dalam sebuah misi dalam kapal selam nuklir Prancis. Ia dianggap sempurna dan diandalkan oleh unitnya karena memiliki kemampuan teknikal yang akurat. Namun, ketika Ia membuat kesalahan, nasib semua orang bergantung padanya.

Click to comment

Ali dan Ratu-ratu Queens Ali dan Ratu-ratu Queens

Ali dan Ratu-ratu Queens Review: Mediocre Meski Penuh Rasa

Film

The Conjuring: The Devil Made Me Do It The Conjuring: The Devil Made Me Do It

The Conjuring 3 Review: Seperti Menonton Film Superhero

Film

Rekomendasi Film Bertema Mafia Rekomendasi Film Bertema Mafia

10 Rekomendasi Film Bertema Mafia

Cultura Lists

Bo Burnham: Inside Bo Burnham: Inside

Bo Burnham: Inside Review

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect